Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Materi Adab Menggunakan Media Sosial Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Bone
Wandi Rahang/862082021065 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam
menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai
pendidikan karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain-desain
penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan mewawancarai guru PAI dan siswa di
SMK Negeri 1 Bone. Data penelitian menujukkan bahwa materi adab
menggunakan media sosial berperan sangat krusial terhadap nilai-nilai pendidikan
karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran
guru PAI dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap
nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone yaitu sebagai model
dan teladan, sebagai fasilitator. Nilai-nilai pendidikan karakter siswa dalam
menerapkan materi adab menggunakan media sosial di SMK Negeri 1 Bone yaitu
karakter bersahabat atau komunikatif, karakter cinta damai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
sebelumnya, maka kesimpulan dalam penelitian yang berjudul peran guru PAI
dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai
pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone, yaitu:
1. Peran guru PAI dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial
terhadap nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone.
Peran guru PAI dalam penelitian ini ada 2, di antaranya peran guru
PAI sebagai model dan teladan yaitu menunjukkan perkataan yang baik
dengan menjelaskan materi. Menunjukkan perbuatan yang baik dengan
menunjukkan contoh adab menggunakan media sosial. Peran guru PAI
sebagai fasilitator yaitu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran
sebelum pembelajaran di mulai seperti program tahunan, program semester,
modul ajar, penilaian dan bahan evaluasi. Menyediakan fasilitas
pembelajaran berupa metode, media dan peralatan pembelajaran.
2. Nilai-nilai pendidikan karakter siswa dalam menerapkan materi adab
menggunakan media sosial di SMK Negeri 1 Bone.
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam penelitian ini ada 2, di antaranya
nilai pendidikan karakter bersahabat atau komunikatif yaitu pengaturan
kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik dengan membuat
deskripsi tentang adab menggunakan media sosial. Pembelajaran yang
dialogis dengan siswa lain dan guru PAI memberikan tanggapan kepada
siswa yang presentasi. Nilai pendidikan karakter cinta damai, yaitu
menciptakan suasana kelas yang damai dengan memperhatikan kerapihan
pakaian, posisi, tempat duduk dan mengikuti pelajaran dengan tertib.
Kekerataban di kelas yang penuh kasih sayang dengan memberikan
apresiasi.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan sebelumnya, maka saran
dalam penelitian yang berjudul peran guru PAI dalam menerapkan materi adab
menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai pendidikan karakter siswa di
SMK Negeri 1 Bone, yaitu:
1. Kepada guru pendidikan agama Islam di harapkan untuk tetap menerapkan
perannya saat mengajarkan materi adab mengunakan media sosial.
2. Kepada siswa di harapkan untuk tetap menerapkan nilai-nilai pendidikan
karakter setelah mempelajari materi adab mengunakan media sosial.
menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai
pendidikan karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain-desain
penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan mewawancarai guru PAI dan siswa di
SMK Negeri 1 Bone. Data penelitian menujukkan bahwa materi adab
menggunakan media sosial berperan sangat krusial terhadap nilai-nilai pendidikan
karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran
guru PAI dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap
nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone yaitu sebagai model
dan teladan, sebagai fasilitator. Nilai-nilai pendidikan karakter siswa dalam
menerapkan materi adab menggunakan media sosial di SMK Negeri 1 Bone yaitu
karakter bersahabat atau komunikatif, karakter cinta damai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
sebelumnya, maka kesimpulan dalam penelitian yang berjudul peran guru PAI
dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai
pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone, yaitu:
1. Peran guru PAI dalam menerapkan materi adab menggunakan media sosial
terhadap nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Bone.
Peran guru PAI dalam penelitian ini ada 2, di antaranya peran guru
PAI sebagai model dan teladan yaitu menunjukkan perkataan yang baik
dengan menjelaskan materi. Menunjukkan perbuatan yang baik dengan
menunjukkan contoh adab menggunakan media sosial. Peran guru PAI
sebagai fasilitator yaitu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran
sebelum pembelajaran di mulai seperti program tahunan, program semester,
modul ajar, penilaian dan bahan evaluasi. Menyediakan fasilitas
pembelajaran berupa metode, media dan peralatan pembelajaran.
2. Nilai-nilai pendidikan karakter siswa dalam menerapkan materi adab
menggunakan media sosial di SMK Negeri 1 Bone.
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam penelitian ini ada 2, di antaranya
nilai pendidikan karakter bersahabat atau komunikatif yaitu pengaturan
kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik dengan membuat
deskripsi tentang adab menggunakan media sosial. Pembelajaran yang
dialogis dengan siswa lain dan guru PAI memberikan tanggapan kepada
siswa yang presentasi. Nilai pendidikan karakter cinta damai, yaitu
menciptakan suasana kelas yang damai dengan memperhatikan kerapihan
pakaian, posisi, tempat duduk dan mengikuti pelajaran dengan tertib.
Kekerataban di kelas yang penuh kasih sayang dengan memberikan
apresiasi.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan sebelumnya, maka saran
dalam penelitian yang berjudul peran guru PAI dalam menerapkan materi adab
menggunakan media sosial terhadap nilai-nilai pendidikan karakter siswa di
SMK Negeri 1 Bone, yaitu:
1. Kepada guru pendidikan agama Islam di harapkan untuk tetap menerapkan
perannya saat mengajarkan materi adab mengunakan media sosial.
2. Kepada siswa di harapkan untuk tetap menerapkan nilai-nilai pendidikan
karakter setelah mempelajari materi adab mengunakan media sosial.
Ketersediaan
| STAR20250099 | 99/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
99/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
