Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 23 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model
pembelajaran Discovery Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 23 Bone. Permasalahan utama
dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Discovery Learning,
bagaimana keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, serta apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi model tersebut. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian
adalah guru PAI dan siswa kelas X di SMAN 23 Bone. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi model Discovery Learning dilakukan melalui
beberapa tahap yaitu stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan
data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Model ini terbukti efektif dalam
meningkatkan keaktifan siswa yang ditunjukkan melalui partisipasi aktif dalam
diskusi, pengajuan pertanyaan, kerja sama kelompok, serta kemandirian dalam
menyelesaikan tugas. Adapun faktor pendukung implementasi model ini meliputi
kesiapan guru, ketersediaan media pembelajaran, serta antusiasme siswa.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan perbedaan tingkat
pemahaman siswa.
A. Kesimpulan
1. Implementasi model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan
pada mata pelajaran PAI di SMAN 23 Bone yaitu. Pemberian rangsangan,
identifikasi masalah, pengumpulan data, Pengolahan data, pembuktian dan
menarik kesimpulan. Proses pembelajaran dengan Discovery Learning
berjalan dengan dinamis dan interaktif. Siswa tidak hanya menerima
informasi secara pasif, tetapi aktif berperan dalam menemukan pengetahuan
mereka sendiri melalui pengalaman belajar yang berbasis pada penyelidikan
dan pemecahan masalah
2. Keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 23 Bone dengan
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning secara efektif
mampu membuat siswa menjadi aktif. Keaktifan siswa tercermin melalui
keterlibatan mereka dalam berbagai aspek, seperti partisipasi dalam
kegiatan pembelajaran, ikut serta dalam melaksanakan tugas, keberanian
dalam menyampaikan pendapat atau bertanya dan juga menjawab
pertanyaan dari guru. Siswa juga menunjukkan kemandirian dalam mencari
informasi dari berbagai sumber seperti buku, internet dan berbagi sumber
lainnya. Dalam hal ini, siswa tidak lagi bersikap pasif, tetapi menunjukkan
antusiasme, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab yang tinggi terhadap proses
belajar.
3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran
Discovery Learning pada mata pelajaran PAI di SMAN 23 Bone mencakup
berbagai aspek. Faktor pendukungnya adalah 1) faktor dari guru, 2) siswa
dan 3) sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu 1) faktor
alokasi waktu 2) faktor keterbatasan siswa.
B. Saran
1. Diharapkan guru dapat terus mengoptimalkan penerapan model
pembelajaran Discovery Learning dengan menciptakan suasana kelas yang
aktif dan mendukung eksplorasi siswa, serta menyediakan panduan yang
jelas agar siswa lebih terarah dalam menemukan konsep secara mandiri.
2. Guru disarankan untuk terus mengembangkan model pembelajaran yang
aktif dan berpusat pada siswa agar siswa lebih terlibat dan termotivasi dalam
proses belajar.
3. Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan perlu memastikan
lingkungan belajar yang kondusif dan menyediakan fasilitas yang
mendukung proses belajar-mengajar. Dengan kolaborasi yang baik antara
guru, siswa, dan sekolah, penerapan Discovery Learning dapat berjalan
dengan efektif dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi
siswa
Ketersediaan
STAR20250106106/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

106/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top