Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Berbantuan Media Canva Terhadap Kreativtias Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN 2 Bone
Moh. Sholihul Hasan/862082021071 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas siswa pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control
Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Bone
dengan jumlah populasi 201 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling, kelas Xg yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas Xc yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis
data mencakup statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran
berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas siswa pada
kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji analisis regresi linier
sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,021 < 0,05 dan nilai t hitung 2,476
> t tabel 1,677 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam
pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas
siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 2 Bone. Artinya H0
ditolak dan H1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva
terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dilaksanakan
dalam dua tahap yaitu tahap pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap
pelaksanaan terdapat empat aspek yang diukur yaitu 1) aspek meningkatkan
kerja sama dan toleransi sebesar 85% dan 83%, 2) aspek meningkatkan
sikap percaya diri sebesar 90% dan 88%, 3) Aspek meningkatkan kreativitas
dan inovasi sebesar 90%, dan 4) aspek meningkatkan konsentrasi dan
motivasi sebesar 86% dan 89%. Sedangkan pada tahap evaluasi terdapat
dua aspek yang diukur yaitu aspek kemampuan kognitif sebesar 90% dan
aspek kemampuan problem solving sebesar 83% dan 84%. Dan data rata-
rata hasil observasi secara keseluruhan sebesar 88% selama tiga kali
pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi
produk berbantuan media canva efektif untuk digunakan dalam
meningkatkan
kreativitas
serta
keterlibatan
siswa
dalam
proses
pembelajaran.
2. Pembelajaran berdiferensiasi produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kreativitas siswa. Hal ini berdasarkan dengan temuan dari uji
analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan 0,021 yang
kurang dari 0,05 dan nilai t hitung 2,476 yang lebih besar dari t tabel 1,677
maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam
pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap
kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 2
Bone. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
3. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan terbukti efektif
dalam meningkatkan kreativitas siswa dikarenakan terdapat pengaruh secara
signifikan terhadap kretivitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak
setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan
media canva di MAN 2 Bone.
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut.
1. Bagi kepala madrasah, hendaknya berpartisipasi aktif dalam kegiatan
belajar mengajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
guna menunjang kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.
2. Bagi para guru, khususnya guru akidah akhlak agar mampu meningkatkan
perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode
pembelajaran yang efektif agar kreativitas siswa lebih meningkat.
berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas siswa pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control
Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Bone
dengan jumlah populasi 201 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling, kelas Xg yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas Xc yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis
data mencakup statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran
berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas siswa pada
kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji analisis regresi linier
sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,021 < 0,05 dan nilai t hitung 2,476
> t tabel 1,677 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam
pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap kreativitas
siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 2 Bone. Artinya H0
ditolak dan H1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva
terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dilaksanakan
dalam dua tahap yaitu tahap pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap
pelaksanaan terdapat empat aspek yang diukur yaitu 1) aspek meningkatkan
kerja sama dan toleransi sebesar 85% dan 83%, 2) aspek meningkatkan
sikap percaya diri sebesar 90% dan 88%, 3) Aspek meningkatkan kreativitas
dan inovasi sebesar 90%, dan 4) aspek meningkatkan konsentrasi dan
motivasi sebesar 86% dan 89%. Sedangkan pada tahap evaluasi terdapat
dua aspek yang diukur yaitu aspek kemampuan kognitif sebesar 90% dan
aspek kemampuan problem solving sebesar 83% dan 84%. Dan data rata-
rata hasil observasi secara keseluruhan sebesar 88% selama tiga kali
pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi
produk berbantuan media canva efektif untuk digunakan dalam
meningkatkan
kreativitas
serta
keterlibatan
siswa
dalam
proses
pembelajaran.
2. Pembelajaran berdiferensiasi produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kreativitas siswa. Hal ini berdasarkan dengan temuan dari uji
analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan 0,021 yang
kurang dari 0,05 dan nilai t hitung 2,476 yang lebih besar dari t tabel 1,677
maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam
pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan media canva terhadap
kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 2
Bone. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
3. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan terbukti efektif
dalam meningkatkan kreativitas siswa dikarenakan terdapat pengaruh secara
signifikan terhadap kretivitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak
setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi produk berbantuan
media canva di MAN 2 Bone.
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut.
1. Bagi kepala madrasah, hendaknya berpartisipasi aktif dalam kegiatan
belajar mengajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
guna menunjang kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.
2. Bagi para guru, khususnya guru akidah akhlak agar mampu meningkatkan
perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode
pembelajaran yang efektif agar kreativitas siswa lebih meningkat.
Ketersediaan
| STAR20250296 | 296/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
296/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
