Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran PAI dan BP Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Dimensi Kreatif) di SMA Negeri 9 Bone
A. Aulia/862082021062 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan aplikasi
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone, untuk
mengetahui kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan
dimensi kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila, dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan aplikasi
Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi
kreatif peserta didik di SMAN 9 Bone. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif menggunakan pendekatan Pendidikan Islam dan pendekatan pedagogik.
Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan aplikasi
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone yaitu
Canva sebagai media membuat bahan ajar, sebagai media presentasi, sebagai
media praktek/pemberian tugas, dan sebagai media asesmen. Kontribusi
penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi kreatif peserta didik
yaitu melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Adapun
faktor pendukung pemanfaatan Canva yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik
dan mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang mendukung
kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan ketersediaan Wi-Fi di
sekolah. Faktor penghambat meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro),
keterbatasan RAM perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa
yang terbatas, dan kualitas internet kurang stabil
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh
kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan
aplikasi Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri
9 Bone yaitu Pemanfaatan Canva sebagai media membuat bahan ajar,
sebagai media presentasi, sebagai media praktek/pemberian tugas dan
sebagai media asesmen.
2. Kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi
kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila yaitu
melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi.
3. Faktor pendukung dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media
pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik
di SMA Negeri 9 Bone yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik dan
mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang
mendukung kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan
ketersediaan Wi-Fi di sekolah. Adapun faktor penghambat dalam
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP
untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik di SMA Negeri 9 Bone
meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro), keterbatasan RAM
perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa yang terbatas,
dan kualitas internet kurang stabil.
B. Saran
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai
media pembelajaran PAI. Oleh karena itu, agar lebih mengoptimalkan
pemanfaatannya dalam proses pembelajaran dan mengingat penelitian ini masih
memerlukan pengembangan kajian yang lebih komprehensif, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut :
1. Bagi guru dan siswa SMA Negeri 9 Bone diharapkan terus
mengembangkan kreativitasnya dan terus berusaha untuk mewujudkan
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengamalkan nilai-nilai
Pancasila.
2. Bagi lembaga, sebaiknya mengadakan workshop yang membahas tentang
penggunaan aplikasi Canva yang melibatkan guru ataupun siswa dan
sebaiknya lembaga memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi
penghambat penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran
sebagai bahan untuk meminimalisir hal-hal yang menjadi faktor
penghambat.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti tema yang serupa yakni
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran diharapkan
menggali hal tersebut dari sudut pandang yang berbeda dan membahas
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengaitkan aplikasi
Canva yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone, untuk
mengetahui kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan
dimensi kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila, dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan aplikasi
Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi
kreatif peserta didik di SMAN 9 Bone. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif menggunakan pendekatan Pendidikan Islam dan pendekatan pedagogik.
Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan aplikasi
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone yaitu
Canva sebagai media membuat bahan ajar, sebagai media presentasi, sebagai
media praktek/pemberian tugas, dan sebagai media asesmen. Kontribusi
penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi kreatif peserta didik
yaitu melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Adapun
faktor pendukung pemanfaatan Canva yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik
dan mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang mendukung
kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan ketersediaan Wi-Fi di
sekolah. Faktor penghambat meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro),
keterbatasan RAM perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa
yang terbatas, dan kualitas internet kurang stabil
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh
kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan
aplikasi Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri
9 Bone yaitu Pemanfaatan Canva sebagai media membuat bahan ajar,
sebagai media presentasi, sebagai media praktek/pemberian tugas dan
sebagai media asesmen.
2. Kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi
kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila yaitu
melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi.
3. Faktor pendukung dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media
pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik
di SMA Negeri 9 Bone yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik dan
mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang
mendukung kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan
ketersediaan Wi-Fi di sekolah. Adapun faktor penghambat dalam
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP
untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik di SMA Negeri 9 Bone
meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro), keterbatasan RAM
perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa yang terbatas,
dan kualitas internet kurang stabil.
B. Saran
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai
media pembelajaran PAI. Oleh karena itu, agar lebih mengoptimalkan
pemanfaatannya dalam proses pembelajaran dan mengingat penelitian ini masih
memerlukan pengembangan kajian yang lebih komprehensif, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut :
1. Bagi guru dan siswa SMA Negeri 9 Bone diharapkan terus
mengembangkan kreativitasnya dan terus berusaha untuk mewujudkan
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengamalkan nilai-nilai
Pancasila.
2. Bagi lembaga, sebaiknya mengadakan workshop yang membahas tentang
penggunaan aplikasi Canva yang melibatkan guru ataupun siswa dan
sebaiknya lembaga memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi
penghambat penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran
sebagai bahan untuk meminimalisir hal-hal yang menjadi faktor
penghambat.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti tema yang serupa yakni
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran diharapkan
menggali hal tersebut dari sudut pandang yang berbeda dan membahas
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengaitkan aplikasi
Canva yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Ketersediaan
| STAR20250052 | 52/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
52/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
