Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran PAI dan BP Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Dimensi Kreatif) di SMA Negeri 9 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan aplikasi
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone, untuk
mengetahui kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan
dimensi kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila, dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan aplikasi
Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi
kreatif peserta didik di SMAN 9 Bone. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif menggunakan pendekatan Pendidikan Islam dan pendekatan pedagogik.
Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan aplikasi
Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 9 Bone yaitu
Canva sebagai media membuat bahan ajar, sebagai media presentasi, sebagai
media praktek/pemberian tugas, dan sebagai media asesmen. Kontribusi
penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi kreatif peserta didik
yaitu melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Adapun
faktor pendukung pemanfaatan Canva yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik
dan mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang mendukung
kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan ketersediaan Wi-Fi di
sekolah. Faktor penghambat meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro),
keterbatasan RAM perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa
yang terbatas, dan kualitas internet kurang stabil
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh
kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat bentuk pemanfaatan
aplikasi Canva oleh guru dalam pembelajaran PAI dan BP di SMA Negeri
9 Bone yaitu Pemanfaatan Canva sebagai media membuat bahan ajar,
sebagai media presentasi, sebagai media praktek/pemberian tugas dan
sebagai media asesmen.
2. Kontribusi penggunaan aplikasi Canva dalam mengembangkan dimensi
kreatif peserta didik sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila yaitu
melatih kreativitas dan mengembangkan keterampilan komunikasi.
3. Faktor pendukung dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media
pembelajaran PAI dan BP untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik
di SMA Negeri 9 Bone yaitu adanya akun belajar id, fitur menarik dan
mudah digunakan, fasilitas teknologi memadai, lingkungan yang
mendukung kolaborasi, tugas yang diberikan bersifat fleksibel, dan
ketersediaan Wi-Fi di sekolah. Adapun faktor penghambat dalam
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran PAI dan BP
untuk mewujudkan dimensi kreatif peserta didik di SMA Negeri 9 Bone
meliputi keterbatasan akses ke fitur premium (pro), keterbatasan RAM
perangkat yang dimiliki siswa, kapasitas penyimpanan siswa yang terbatas,
dan kualitas internet kurang stabil.
B. Saran
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai
media pembelajaran PAI. Oleh karena itu, agar lebih mengoptimalkan
pemanfaatannya dalam proses pembelajaran dan mengingat penelitian ini masih
memerlukan pengembangan kajian yang lebih komprehensif, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut :
1. Bagi guru dan siswa SMA Negeri 9 Bone diharapkan terus
mengembangkan kreativitasnya dan terus berusaha untuk mewujudkan
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengamalkan nilai-nilai
Pancasila.
2. Bagi lembaga, sebaiknya mengadakan workshop yang membahas tentang
penggunaan aplikasi Canva yang melibatkan guru ataupun siswa dan
sebaiknya lembaga memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi
penghambat penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran
sebagai bahan untuk meminimalisir hal-hal yang menjadi faktor
penghambat.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti tema yang serupa yakni
pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran diharapkan
menggali hal tersebut dari sudut pandang yang berbeda dan membahas
dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dengan mengaitkan aplikasi
Canva yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Ketersediaan
STAR2025005252/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

52/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top