Pengaruh Platform Educaplay Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis di MA Baytul Mukarromah

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Platform Educaplay
terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Baytul Mukarromah. Penelitian ini dilakukan
melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental design.
Data dikumpulkan melalui metode tes (pretest dan posttest), angket, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji t (paired sample t-
test dan Manova). Sampel pada penelitian adalah 21 siswa Kelas X Reguler. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan platform
Educaplay terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F hitung (22,117) > F tabel
(3,55), (2) terdapat pengaruh penggunaan platform Educaplay terhadap hasil belajar
siswa dengan nilai F hitung (20,967) > F tabel (3,55), (3) terdapat pengaruh penggunaan
platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa dengan nilai
F hitung (18,551) > F tabel (3,55). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil
belajar siswa kelas X pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Baytul
Mukarromah
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini sesuai
dengan tujuan dan permasalahan yang telah dirumuskan, serta berdasarkan dari
hasil penelitian dengan platform Educaplay dan pembahasan yang telah di
paparkan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar
siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji
Manova, diperoleh bahwa F hitung > F tabel (22,117 > 3,55). Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima. Artinya bahwa
platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas
X MA Baytul Mukarromah.
2. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap hasil belajar siswa,
dilihat dari hasil pengujian hipotesis melalui uji Manova diperoleh bahwa
F hitung > F tabel (20,967 > 3,55). Maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak
dan H 2 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara
platform Educaplay terhaadap hasil belajar siswa kelas X MA Baytul
Mukarromah.
3. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian dan
hasil belajar siswa. Dari hasil hipotesis melalui uji Manova diperoleh
bahwa F hitung > F tabel (18,551 > 3,55). Dengan demikian, H 0 ditolak dan H a
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian dan hasil belajar siswa terhadap platform
Educaplay.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan perlu dikemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan untuk dapat memotivasi guru agar dapat
menggunakan berbagai macam model/metode pembelajaran yang sesuai
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, diantaranya model pembelajaran
game based learning melalui platform Educaplay.
2. Bagi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, sebaiknya memilih model atau
strategi yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan, sehingga dapat
diimplementasikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di kelas
sehingga menciptakan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta
membentuk siswa yang mandiri.
3. Bagi siswa hendaknya lebih banyak melatih diri untuk mengasah dan
mengetahui kemampuannya, siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan
belajar mengajar, siswa dapat membentuk diri yang berani dan mampu
membuat komunikasi yang baik dengan teman.
4. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis, disarankan
untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempersiapkan segala hal
yang diperlukan dalam penyajian materi dan dapat mengoptimalkan waktu
sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien
sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar siswa selama
pembelajaran di kelas.
Ketersediaan
STAR2025005050/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

50/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top