Pengaruh Platform Educaplay Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis di MA Baytul Mukarromah
Alisa Safitri/ 862082021052 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Platform Educaplay
terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Baytul Mukarromah. Penelitian ini dilakukan
melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental design.
Data dikumpulkan melalui metode tes (pretest dan posttest), angket, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji t (paired sample t-
test dan Manova). Sampel pada penelitian adalah 21 siswa Kelas X Reguler. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan platform
Educaplay terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F hitung (22,117) > F tabel
(3,55), (2) terdapat pengaruh penggunaan platform Educaplay terhadap hasil belajar
siswa dengan nilai F hitung (20,967) > F tabel (3,55), (3) terdapat pengaruh penggunaan
platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa dengan nilai
F hitung (18,551) > F tabel (3,55). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil
belajar siswa kelas X pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Baytul
Mukarromah
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini sesuai
dengan tujuan dan permasalahan yang telah dirumuskan, serta berdasarkan dari
hasil penelitian dengan platform Educaplay dan pembahasan yang telah di
paparkan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar
siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji
Manova, diperoleh bahwa F hitung > F tabel (22,117 > 3,55). Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima. Artinya bahwa
platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas
X MA Baytul Mukarromah.
2. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap hasil belajar siswa,
dilihat dari hasil pengujian hipotesis melalui uji Manova diperoleh bahwa
F hitung > F tabel (20,967 > 3,55). Maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak
dan H 2 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara
platform Educaplay terhaadap hasil belajar siswa kelas X MA Baytul
Mukarromah.
3. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian dan
hasil belajar siswa. Dari hasil hipotesis melalui uji Manova diperoleh
bahwa F hitung > F tabel (18,551 > 3,55). Dengan demikian, H 0 ditolak dan H a
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian dan hasil belajar siswa terhadap platform
Educaplay.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan perlu dikemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan untuk dapat memotivasi guru agar dapat
menggunakan berbagai macam model/metode pembelajaran yang sesuai
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, diantaranya model pembelajaran
game based learning melalui platform Educaplay.
2. Bagi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, sebaiknya memilih model atau
strategi yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan, sehingga dapat
diimplementasikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di kelas
sehingga menciptakan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta
membentuk siswa yang mandiri.
3. Bagi siswa hendaknya lebih banyak melatih diri untuk mengasah dan
mengetahui kemampuannya, siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan
belajar mengajar, siswa dapat membentuk diri yang berani dan mampu
membuat komunikasi yang baik dengan teman.
4. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis, disarankan
untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempersiapkan segala hal
yang diperlukan dalam penyajian materi dan dapat mengoptimalkan waktu
sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien
sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar siswa selama
pembelajaran di kelas.
terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Baytul Mukarromah. Penelitian ini dilakukan
melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental design.
Data dikumpulkan melalui metode tes (pretest dan posttest), angket, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji t (paired sample t-
test dan Manova). Sampel pada penelitian adalah 21 siswa Kelas X Reguler. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan platform
Educaplay terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F hitung (22,117) > F tabel
(3,55), (2) terdapat pengaruh penggunaan platform Educaplay terhadap hasil belajar
siswa dengan nilai F hitung (20,967) > F tabel (3,55), (3) terdapat pengaruh penggunaan
platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa dengan nilai
F hitung (18,551) > F tabel (3,55). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh platform Educaplay terhadap kemandirian dan hasil
belajar siswa kelas X pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Baytul
Mukarromah
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini sesuai
dengan tujuan dan permasalahan yang telah dirumuskan, serta berdasarkan dari
hasil penelitian dengan platform Educaplay dan pembahasan yang telah di
paparkan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar
siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji
Manova, diperoleh bahwa F hitung > F tabel (22,117 > 3,55). Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima. Artinya bahwa
platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas
X MA Baytul Mukarromah.
2. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap hasil belajar siswa,
dilihat dari hasil pengujian hipotesis melalui uji Manova diperoleh bahwa
F hitung > F tabel (20,967 > 3,55). Maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak
dan H 2 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara
platform Educaplay terhaadap hasil belajar siswa kelas X MA Baytul
Mukarromah.
3. Penerapan platform Educaplay berpengaruh terhadap kemandirian dan
hasil belajar siswa. Dari hasil hipotesis melalui uji Manova diperoleh
bahwa F hitung > F tabel (18,551 > 3,55). Dengan demikian, H 0 ditolak dan H a
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian dan hasil belajar siswa terhadap platform
Educaplay.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan perlu dikemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan untuk dapat memotivasi guru agar dapat
menggunakan berbagai macam model/metode pembelajaran yang sesuai
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, diantaranya model pembelajaran
game based learning melalui platform Educaplay.
2. Bagi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, sebaiknya memilih model atau
strategi yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan, sehingga dapat
diimplementasikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di kelas
sehingga menciptakan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta
membentuk siswa yang mandiri.
3. Bagi siswa hendaknya lebih banyak melatih diri untuk mengasah dan
mengetahui kemampuannya, siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan
belajar mengajar, siswa dapat membentuk diri yang berani dan mampu
membuat komunikasi yang baik dengan teman.
4. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis, disarankan
untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempersiapkan segala hal
yang diperlukan dalam penyajian materi dan dapat mengoptimalkan waktu
sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien
sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar siswa selama
pembelajaran di kelas.
Ketersediaan
| STAR20250050 | 50/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
50/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
