Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Etika dan Moral Siswa di MAN 2 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Guru Akidah Akhlak dalam
Menumbuhkan Etika dan Moral Siswa di MAN 2 Bone”. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan etika dan moral
siswa di MAN 2 Bone. Peran guru akidah akhlak diharapkan tidak hanya sebagai
pengajar untuk menambah wawasan saja, tetapi juga menerapkan metode
pembelajaran yang sesuai agar dapat menumbuhkan etika dan moral siswa. Fokus
penelitian ini meliputi peran guru akidah akhlak, strategi yang diterapkan, serta
masalah dan solusi dalam menumbuhkan etika dan moral siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
mendalam dengan guru akidah akhlak dan siswa, serta melakukan dokumentasi.
Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga mempertimbangkan perspektif siswa
mengenai pengalaman mereka dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru akidah akhlak memiliki peran
penting dalam mengimplementasikan etika dan moral siswa yaitu peran guru
melalui rutinitas harian seperi salam dan berjabat tangan, membaca doa sebelum
dan sesudah pembelajaran, pelaksanaan shalat berjamaah, menggunakan
perumpamaan, serta pemberian contoh nyata. Dengan menggunakan strategi
pembelajaran yang variatif dan menarik, teladan yang konsisten dari guru, serta
memberikan umpan balik yang konstruktif dapat memberikan sinergi dan
kolaborasi aktif antara guru, orang tua, dan masyarakat, penciptaan lingkungan
sekolah yang kondusif dengan penguatan budaya religius dan pembiasaan etika dan
moral yang baik, serta pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan
yang terintegrasi antara pengetahuan, sikap, dan perilaku yang mendukung
tumbuhnya etika dan moral siswa.
A. Kesimpulan
Setelah penelitian dilakukan dengan berbagai pengumpulan data dan
analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang diajukan
dalam penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi yang Diterapkan Guru Akidah Akhlak dalam Mengintegrasikan
Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Di MAN 2 Bone, yaitu melakukan rutinitas
harian melalui pembiasaan meliputi salam dan berjabat tangan, membaca doa
sebelum dan sesudah pembelajaran, serta pelaksanaan shalat berjamaah.
Kemudian, menggunakan perumpamaan, pendekatan personal, memasukkan
nilai-nilai spiritual, serta memberikan contoh nyata mecakup keselarasan
antara perkataan dan perbuatan, kedisiplinan seperti datang tepat waktu,
kesopanan dalam bertutur kata, kejujuran, dan sikap hormat terhadap sesama.
2. Peran guru Akidah Akhlak dalam mengimplementasikan etika dan moral
siswa di MAN 2 Bone yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang
variatif dan menarik, teladan yang konsisten dari guru, pendampingan
personal dan konseling, memberikan motivasi melalui pemberian reward,
serta memberikan feedback yang konstruktif. Guru memiliki tanggung jawab
yang luas dalam pendidikan, guru tidak hanya fokus pada pengajaran mata
pelajaran, tetapi juga memainkan peran penting dalam menumbuhkan etika
dan moral siswa.
3. Masalah dan solusi guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan etika dan
moral siswa di MAN 2 Bone, yakni kurangnya komunikasi dengan keluarga,
pergaulan antarsiswa yang kurang sehat, serta pengaruh negatif dari
lingkungan luar. Masing-masing lingkungan memiliki karakteristik dan
dinamika yang berbeda, yang secara langsung maupun tidak langsung
memengaruhi perilaku dan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karena itu, guru dituntut untuk tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga
pembimbing, motivator, dan teladan yang mampu memahami kondisi siswa
secara menyeluruh serta memberikan solusi yang tepat dalam menghadapi
berbagai persoalan moral dan spiritual yang mereka hadapi, seperti
mengadakan rapat dengan orang tua siswa, menjaga pergaulan dan berusaha
menghindari perbuatan negatif.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah agar mampu meningkatkan perannya dalam
memberikan pendidikan karakter terhadap siswa agar kualitas karakter siswa
menjadi semakin meningkat.
2. Diharapkan kepada para guru di sekolah agar turut bekerja sama dengan
pihak-pihak terkait agar mampu meningkatkan perannya dalam memberikan
pendidikan karakter terhadap siswa selama berada di lingkungan sekolah.
3. Diharapkan kepada para siswa agar terus menggali dan mengembangkan
potensi yang dimilikinya agar dapat mencapai titik terbaik dalam
kehidupannya di masa depan.
Ketersediaan
STAR20250220220/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

220/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top