Efektivitas Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 30 Bone
Magfirah/862082021105 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kurikulum merdeka
melalui pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 30 Bone. Peneltian
ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain tipe one group pretestpostest. Data diperoleh dengan lembar observasi dan tes pilihan ganda kemudian
dianalisis dengan cara analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial
dibantu dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. E. 2 dengan
menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan
hasil belajar siwa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa dari
nilia pretest yang lebih rendah dan nilai postest yang lebih tinggi. Nilai mean pretest
sebesar 40 dan nilai postest sebesar 78. Nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000
artinya 0.000 < 0.05. Dari nilai tersebut, diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima.
Hal ini menunjukka bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah
metode pembelajaran diterapkan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PAI.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah kurikulum
merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI di SMA Negeri 30 Bone. Hasil penelitian diperoleh nilai
mean pretest 40 dan nilai mean postest yaitu 78. Berdasarkan hasil pengolahan
data dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai thitung = 9.153. Nilai ttabel dengan dk =
21 dan ɑ = 0.05 adalah ttabel = 1.721. Berdasarkan hasil tersebut, maka diperoleh
hasil pengujian signifikansi, yaitu thitung > ttabel (9.153 > 1.721).
Nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000, artinya 0.000 < 0.05 maka
terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar pretest dan postest.
Berdasarkan nilai tersebut, diperoleh hasil Ho ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, dibawah ini akan
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran yaitu:
1. Kepada kepala sekolah agar terus membantu guru mata pelajaran PAI
melalui kegiatan-kegiatan sekolah yang mendukung pengembangan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik sehingga hasil belajar
peserta didik dapat meningkat.
2. Kepada para tenaga pendidik yang ada di SMA Negeri 30 Bone terutama
guru mata pelajaran PAI, agar mampu lebih terampil lagi dalam memilih
model pembelajaran yang digunakan agar hasil belajar peserta didik
dapat meningkat, salah satunya dengan memilih pembelajaran
berdiferensiasi.
3. Kepada seluruh siswa di SMA Negeri 30 Bone hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari para guru, karena guru
sebagai orang tua kedua selama di sekolah selalu menginginkan anak-
anaknya berhasil dan sukses. Maka setiap siswa diharapkan dapat
memperhatikan penjelasan dari para Bapak dan Ibu guru dan
bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dapat
meningkat.
4. Kepada peneliti, bagi peneliti sendiri selesainya penelitian ini bukan
berarti selesainya kreativitas peneliti, anggaplah penelitian dan hasil
penelitian yang di dapat merupakan awal mula seorang guru memulai
kreativitasnya.
melalui pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 30 Bone. Peneltian
ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain tipe one group pretestpostest. Data diperoleh dengan lembar observasi dan tes pilihan ganda kemudian
dianalisis dengan cara analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial
dibantu dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. E. 2 dengan
menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan
hasil belajar siwa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa dari
nilia pretest yang lebih rendah dan nilai postest yang lebih tinggi. Nilai mean pretest
sebesar 40 dan nilai postest sebesar 78. Nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000
artinya 0.000 < 0.05. Dari nilai tersebut, diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima.
Hal ini menunjukka bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah
metode pembelajaran diterapkan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PAI.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah kurikulum
merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI di SMA Negeri 30 Bone. Hasil penelitian diperoleh nilai
mean pretest 40 dan nilai mean postest yaitu 78. Berdasarkan hasil pengolahan
data dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai thitung = 9.153. Nilai ttabel dengan dk =
21 dan ɑ = 0.05 adalah ttabel = 1.721. Berdasarkan hasil tersebut, maka diperoleh
hasil pengujian signifikansi, yaitu thitung > ttabel (9.153 > 1.721).
Nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000, artinya 0.000 < 0.05 maka
terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar pretest dan postest.
Berdasarkan nilai tersebut, diperoleh hasil Ho ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, dibawah ini akan
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran yaitu:
1. Kepada kepala sekolah agar terus membantu guru mata pelajaran PAI
melalui kegiatan-kegiatan sekolah yang mendukung pengembangan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik sehingga hasil belajar
peserta didik dapat meningkat.
2. Kepada para tenaga pendidik yang ada di SMA Negeri 30 Bone terutama
guru mata pelajaran PAI, agar mampu lebih terampil lagi dalam memilih
model pembelajaran yang digunakan agar hasil belajar peserta didik
dapat meningkat, salah satunya dengan memilih pembelajaran
berdiferensiasi.
3. Kepada seluruh siswa di SMA Negeri 30 Bone hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari para guru, karena guru
sebagai orang tua kedua selama di sekolah selalu menginginkan anak-
anaknya berhasil dan sukses. Maka setiap siswa diharapkan dapat
memperhatikan penjelasan dari para Bapak dan Ibu guru dan
bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dapat
meningkat.
4. Kepada peneliti, bagi peneliti sendiri selesainya penelitian ini bukan
berarti selesainya kreativitas peneliti, anggaplah penelitian dan hasil
penelitian yang di dapat merupakan awal mula seorang guru memulai
kreativitasnya.
Ketersediaan
| STAR20250150 | 150/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
