Efektivitas Media Pembelajaran Learning Manangement System (Quiziz) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bone
Alfina Damayanti/862082021021 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media
pembelajaran berbasis LMS (Quizizz) Efektif terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bone.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain tipe one group
pretest-postest. Data diperoleh dengan cara analisis statistic deskriptif dan
analisis statistic inferensial dibantu dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI C. dengan menggunakan teknik Cluster sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran
LMS (Quizizz) Efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata (mean) siswa dari pretest
sebesar 54,00 menjadi posttest sebesar 78,00. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar
0,000, artinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, H₀ ditolak dan H₁
diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran LMS (Quizizz) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhalak di MAN 2 Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
pembelajaran LMS (Quizizz) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bone. Hasil penelitian menunjukkan
nilai mean pretest sebesar 54,00 dan nilai mean posttest sebesar 78,00.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS versi 23 diperoleh nilai
thitung = 9,360. Nilai ttabel dengan dk = 29 dan α = 0,05 adalah 1,699.
Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh hasil pengujian signifikansi yaitu
thitung > ttabel (9,360 > 1.699).
Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05,
sehingga terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar pretest dan
posttest. Berdasarkan nilai tersebut, diperoleh hasil H₀ ditolak dan H₁
diterima.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, dibawah ini akan
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran yaitu:
1. Bagi pihak Sekolah /Madrasah Man 2 Bone diharapkan agar selalu
mendukung dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai
agar dapat menunjang hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran
2. Kepada seluruh siswa di Man 2 Bone , hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari guru, karena guru
sebagai orang tua kedua selama disekolah.
pembelajaran berbasis LMS (Quizizz) Efektif terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bone.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain tipe one group
pretest-postest. Data diperoleh dengan cara analisis statistic deskriptif dan
analisis statistic inferensial dibantu dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI C. dengan menggunakan teknik Cluster sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran
LMS (Quizizz) Efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata (mean) siswa dari pretest
sebesar 54,00 menjadi posttest sebesar 78,00. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar
0,000, artinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, H₀ ditolak dan H₁
diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran LMS (Quizizz) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhalak di MAN 2 Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
pembelajaran LMS (Quizizz) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bone. Hasil penelitian menunjukkan
nilai mean pretest sebesar 54,00 dan nilai mean posttest sebesar 78,00.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS versi 23 diperoleh nilai
thitung = 9,360. Nilai ttabel dengan dk = 29 dan α = 0,05 adalah 1,699.
Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh hasil pengujian signifikansi yaitu
thitung > ttabel (9,360 > 1.699).
Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05,
sehingga terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar pretest dan
posttest. Berdasarkan nilai tersebut, diperoleh hasil H₀ ditolak dan H₁
diterima.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, dibawah ini akan
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran yaitu:
1. Bagi pihak Sekolah /Madrasah Man 2 Bone diharapkan agar selalu
mendukung dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai
agar dapat menunjang hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran
2. Kepada seluruh siswa di Man 2 Bone , hendaknya lebih
memperhatikan arahan dan penjelasan dari guru, karena guru
sebagai orang tua kedua selama disekolah.
Ketersediaan
| STAR20250252 | 252/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
252/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
