Implementasi Media Canva dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Amir Al-Jannah Bajoe
Rahmi Hardika Syam/862082021117 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi media canva dalam
menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di MA
Amir Al-Jannah Bajoe. Fokus penelitian meliputi penggunaan canva dalam
pembelajaran, perubahan minat siswa sebelum dan sesudah penggunaan canva,
serta faktor pendukung dan penghambat. Metode yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan
bahwa canva menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan visual,
sehingga meningkatkan perhatian, antusiasme, dan partisipasi siswa. Faktor
pendukung meliputi kemudahan akses, kreativitas guru, semangat siswa, dan
dukungan sekolah. Hambatan mencakup keterbatasan perangkat, koneksi internet,
dan pemahaman awal siswa. Canva terbukti menjadi media pembelajaran yang
efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarakan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan
sebelumnya tentang. “Implementasi Media Canva dalam Menumbuhkan Minat
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Amir Al-Jannah
Bajoe” maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Penerapan media canva dalam pembelajaran al-Qur’an hadis di MA Amir
Al-Jannah Bajoe dilakukan melalui langkah-langkah yang sistematis,
mulai
dari
tahap
perencanaan,
pelaksanaan,
hingga
evaluasi
pembelajaran. Guru berperan aktif dalam menyusun materi pembelajaran
dengan format visual yang menarik, seperti infografis, poster, dan slide
presentasi PPT menggunakan platform canva. Dengan cara ini,
pembelajaran menjadi lebih menarik karena materi yang disajikan lebih
mudah dipahami dan sesuai dengan gaya belajar siswa saat ini.
2. Pemanfaatan media canva terbukti efektif dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis. Hal ini terlihat dari
bertambahnya perhatian, partisipasi aktif, serta rasa antusias dan
keinginan siswa untuk terus belajar dengan menggunakan media tersebut.
Penyajian materi secara visual mampu memudahkan siswa memahami
konsep-konsep abstrak dalam al-Qur’an dan hadis, sekaligus membantu
proses penghafalan ayat dan hadis.
3. Meski terdapat sejumlah tantangan, faktor pendukung yang kuat
menunjukkan bahwa penerapan media canva sangat potensial untuk
menumbuhkan
minat
belajar
siswa.
Upaya
mengoptimalkan
penggunaannya perlu didukung oleh pelatihan guru, peningkatan fasilitas
sekolah, serta manajemen waktu yang baik dalam perencanaan
pembelajaran. Selain itu, keterlibatan aktif semua pihak, termasuk siswa,
guru, dan pihak madrasah, menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif dan adaptif terhadap
inovasi teknologi. Dengan dukungan tersebut, canva dapat menjadi
media yang efektif dalam menjembatani pemahaman siswa terhadap
materi al-Qur’an hadis secara lebih menyenangkan dan bermakna.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Diharapkan para guru mata pelajaran al-Qur’an hadis di MA Amir Al
Jannah Bajoe terus mengembangkan serta memanfaatkan media canva
dalam proses pembelajaran. media canva, sebagai alat visual yang
menarik dan interaktif, mampu secara nyata meningkatkan minat
belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini sebaiknya
diperluas dan dijadikan bagian rutin dalam pembelajaran di berbagai
tingkatan kelas.
2. Pihak Madrasah dan lembaga pendidikan terkait di MA Amir Al
Jannah Bajoe juga diharapkan memberikan dukungan berupa
pelatihan dan pendampingan bagi para guru dalam mengembangkan
serta menerapkan media canva secara efektif, dengan memperhatikan
karakteristik siswa. Upaya ini sangat penting untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran al-Qur’an hadis sekaligus memotivasi siswa
belajar dengan lebih optimal.
menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di MA
Amir Al-Jannah Bajoe. Fokus penelitian meliputi penggunaan canva dalam
pembelajaran, perubahan minat siswa sebelum dan sesudah penggunaan canva,
serta faktor pendukung dan penghambat. Metode yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan
bahwa canva menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan visual,
sehingga meningkatkan perhatian, antusiasme, dan partisipasi siswa. Faktor
pendukung meliputi kemudahan akses, kreativitas guru, semangat siswa, dan
dukungan sekolah. Hambatan mencakup keterbatasan perangkat, koneksi internet,
dan pemahaman awal siswa. Canva terbukti menjadi media pembelajaran yang
efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarakan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan
sebelumnya tentang. “Implementasi Media Canva dalam Menumbuhkan Minat
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Amir Al-Jannah
Bajoe” maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Penerapan media canva dalam pembelajaran al-Qur’an hadis di MA Amir
Al-Jannah Bajoe dilakukan melalui langkah-langkah yang sistematis,
mulai
dari
tahap
perencanaan,
pelaksanaan,
hingga
evaluasi
pembelajaran. Guru berperan aktif dalam menyusun materi pembelajaran
dengan format visual yang menarik, seperti infografis, poster, dan slide
presentasi PPT menggunakan platform canva. Dengan cara ini,
pembelajaran menjadi lebih menarik karena materi yang disajikan lebih
mudah dipahami dan sesuai dengan gaya belajar siswa saat ini.
2. Pemanfaatan media canva terbukti efektif dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis. Hal ini terlihat dari
bertambahnya perhatian, partisipasi aktif, serta rasa antusias dan
keinginan siswa untuk terus belajar dengan menggunakan media tersebut.
Penyajian materi secara visual mampu memudahkan siswa memahami
konsep-konsep abstrak dalam al-Qur’an dan hadis, sekaligus membantu
proses penghafalan ayat dan hadis.
3. Meski terdapat sejumlah tantangan, faktor pendukung yang kuat
menunjukkan bahwa penerapan media canva sangat potensial untuk
menumbuhkan
minat
belajar
siswa.
Upaya
mengoptimalkan
penggunaannya perlu didukung oleh pelatihan guru, peningkatan fasilitas
sekolah, serta manajemen waktu yang baik dalam perencanaan
pembelajaran. Selain itu, keterlibatan aktif semua pihak, termasuk siswa,
guru, dan pihak madrasah, menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif dan adaptif terhadap
inovasi teknologi. Dengan dukungan tersebut, canva dapat menjadi
media yang efektif dalam menjembatani pemahaman siswa terhadap
materi al-Qur’an hadis secara lebih menyenangkan dan bermakna.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Diharapkan para guru mata pelajaran al-Qur’an hadis di MA Amir Al
Jannah Bajoe terus mengembangkan serta memanfaatkan media canva
dalam proses pembelajaran. media canva, sebagai alat visual yang
menarik dan interaktif, mampu secara nyata meningkatkan minat
belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini sebaiknya
diperluas dan dijadikan bagian rutin dalam pembelajaran di berbagai
tingkatan kelas.
2. Pihak Madrasah dan lembaga pendidikan terkait di MA Amir Al
Jannah Bajoe juga diharapkan memberikan dukungan berupa
pelatihan dan pendampingan bagi para guru dalam mengembangkan
serta menerapkan media canva secara efektif, dengan memperhatikan
karakteristik siswa. Upaya ini sangat penting untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran al-Qur’an hadis sekaligus memotivasi siswa
belajar dengan lebih optimal.
Ketersediaan
| STAR20250301 | 301/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
301/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
