Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs As'adiyah No.60 Lattimu
Ilfah Ramadhani/862082021040 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran
STAD terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs
As’adiyah no.60 Lattimu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana penerapan metode pembelajaran STAD terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs As’adiyah no.60 Lattimu dan
untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran
STAD terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di
MTs As’adiyah no.60 Lattimu.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah tipe eksperimen, lebih tepatnya Quasi
Exprerimental. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan peadagogik. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII yang
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas ekperimen dan kelompok
kelas kontrol. Kelas eksprimen diberikan perlakuan menggunakan metode STAD
sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data
dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STAD
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada pada
mata pelajaran fikih . Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan
siswa setelah dibagikan lembar angket atau kuesioner pada kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis melalui uji-f
dengan menggunakan uji analisis varians anova pada analisis angket diperoleh
dilihat bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran yang diterapkan terhadap
keaktifan belajar siswa dilihat dari hasil analisis kelompok kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Jika nilai dibandingkan dengan nilai sebesar 666,493 dengan 5%
dan df=1, diperoleh 4,20 (666,493 > 4,20) sehingga dapat diketahui H0 ditolak dan
H1 diterima pada taraf signifikansi 5%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran fikih dapat
diketahui melalui pembelajarannya. Pada tahap inti, peneliti membagi siswa
menjadi empat kelompok heterogen beranggotakan 4–5 orang. Peneliti
kemudian menyampaikan garis besar materi dan kompetensi yang
diharapkan. Siswa belajar secara berkelompok dengan peneliti berperan
sebagai fasilitator. Setelah itu, setiap siswa mengerjakan soal individu yang
tersedia di papan tulis tanpa bekerja sama. Nilai individu dijumlahkan
sebagai skor kelompok, dan kelompok dengan skor tertinggi akan mendapat
hadiah.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa analisis varians (anova)
atau uji f sebesar 666.493 dan nilai
STAD terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs
As’adiyah no.60 Lattimu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana penerapan metode pembelajaran STAD terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs As’adiyah no.60 Lattimu dan
untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran
STAD terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di
MTs As’adiyah no.60 Lattimu.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah tipe eksperimen, lebih tepatnya Quasi
Exprerimental. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan peadagogik. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII yang
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas ekperimen dan kelompok
kelas kontrol. Kelas eksprimen diberikan perlakuan menggunakan metode STAD
sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data
dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STAD
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada pada
mata pelajaran fikih . Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan
siswa setelah dibagikan lembar angket atau kuesioner pada kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis melalui uji-f
dengan menggunakan uji analisis varians anova pada analisis angket diperoleh
dilihat bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran yang diterapkan terhadap
keaktifan belajar siswa dilihat dari hasil analisis kelompok kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Jika nilai dibandingkan dengan nilai sebesar 666,493 dengan 5%
dan df=1, diperoleh 4,20 (666,493 > 4,20) sehingga dapat diketahui H0 ditolak dan
H1 diterima pada taraf signifikansi 5%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran fikih dapat
diketahui melalui pembelajarannya. Pada tahap inti, peneliti membagi siswa
menjadi empat kelompok heterogen beranggotakan 4–5 orang. Peneliti
kemudian menyampaikan garis besar materi dan kompetensi yang
diharapkan. Siswa belajar secara berkelompok dengan peneliti berperan
sebagai fasilitator. Setelah itu, setiap siswa mengerjakan soal individu yang
tersedia di papan tulis tanpa bekerja sama. Nilai individu dijumlahkan
sebagai skor kelompok, dan kelompok dengan skor tertinggi akan mendapat
hadiah.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa analisis varians (anova)
atau uji f sebesar 666.493 dan nilai
Ketersediaan
| STAR20250143 | 143/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
143/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
