Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Mare
Nur Rahmaniar/862082021046 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Mare. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi
Exprerimental. Data diperoleh dengan menggunakan Tes Tertulis dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pemahaman belajar siswa pada pada
mata pelajaran PAI .
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut
1. Penerapan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran PAI dapat
diketahui melalui proses pembelajaran. Model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) merupakan model kooperatif yang melibatkan
pembentukan kelompok secara heterogen 4-5 siswa, pemberian materi
melalui presentasi atau diskusi. Proses pembelajaran diakhiri dengan
turnamen yang bersifat kompetitif namun edukatif, menggunakan kartu
soal dan jawaban. Melalui permainan ini, siswa saling belajar,
berkompetisi sehat, dan memperoleh skor berdasarkan jawaban yang
benar. Guru berperan sebagai fasilitator, serta memberikan penghargaan
kepada kelompok dengan skor tertinggi. Pendekatan ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman materi, kerjasama tim, dan motivasi belajar
siswa.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa analisis varians
(ANOVA) atau uji f sebesar 232.394 dan nilai
Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Mare. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi
Exprerimental. Data diperoleh dengan menggunakan Tes Tertulis dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pemahaman belajar siswa pada pada
mata pelajaran PAI .
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut
1. Penerapan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran PAI dapat
diketahui melalui proses pembelajaran. Model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) merupakan model kooperatif yang melibatkan
pembentukan kelompok secara heterogen 4-5 siswa, pemberian materi
melalui presentasi atau diskusi. Proses pembelajaran diakhiri dengan
turnamen yang bersifat kompetitif namun edukatif, menggunakan kartu
soal dan jawaban. Melalui permainan ini, siswa saling belajar,
berkompetisi sehat, dan memperoleh skor berdasarkan jawaban yang
benar. Guru berperan sebagai fasilitator, serta memberikan penghargaan
kepada kelompok dengan skor tertinggi. Pendekatan ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman materi, kerjasama tim, dan motivasi belajar
siswa.
2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa analisis varians
(ANOVA) atau uji f sebesar 232.394 dan nilai
Ketersediaan
| STAR20250187 | 187/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
187/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
