Analisis Pendekatan SWOT dalam Meningkatkan Daya Saing Kosmetik Halal di Kabupaten Bone (Studi Kasus Pada Toko Glow Up Kosmetik)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai analisis SWOT dalam meningkatkan daya saing pada
kosmetik halal di toko Glow Up. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pendekatan
SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Thereats) dalam meningkatkan daya
saing kosmetik halal di toko Glow Up kosmetik. Penelitian ini dilakukan pada Toko
Glow Up Kosmetik di Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi
Selatan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu
suatu metode dengan mendatangi langsung instansi terkait untuk melakukan
wawancara dengan responden untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata
tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Data yang dikumpulkan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data
dilakukan menggunakan teknik data reduction (reduksi data), kemudian data display
(penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, Analisis SWOT pada toko kosmetik
halal Glow Up mengidentifikasi kekuatan dalam kualitas produk dan layanan,
kelemahan harga tinggi dan lokasi kurang strategis, peluang melalui event dan media
sosial, serta ancaman berupa persaingan harga dan kurangnya pemanfaatan e-
commerce. Kedua,Analisis SWOT dalam meningkatkan daya saing di toko kosmetik
halal Glow Up melibatkan strategi untuk memahami tren pasar, menjaga kualitas
produk, mengumpulkan umpan balik, memanfaatkan QRIS, dan memberikan diskon.
Strategi yang diterapkan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, layanan, dan daya
saing toko.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka penulis dapat menyimpulkan
bahwa:
1. Analisis SWOT pada toko kosmetik halal Glow Up menunjukkan beberapa
aspek penting yaitu :
a. Kekuatan (Strenghs), toko kosmetik Glow Up terletak pada kualitas
produk dan merek, kemudahan pembayaran, sikap ramah kepada
pelanggan dan Komitmen terhadap kualitas dan keaman produk.
b. Kelemahan (Weaknesses), toko kosmetik Glow Up yaitu keterbatasan
variasi produk yang dijual, harga produk yang relatif mahal,
ketergantungan pada segmen pasar tertentu seperti Make Up Artist
(MUA), dan lokasi toko yang kurang strategis.
c. Peluang (Opportunities), dari toko kosmetik Glow Up yaitu sering
menghadiri event tertentu seperti workshop wedding make-up, kolaborasi
dengan MUA dan influencer, serta pemanfaatan media sosial untuk
memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas merek.
d. Ancaman (Threats), datang dari persaingan yang ketat dengan bisnis lain
yang menjual produk serupa dengan harga yang relatif murah di
bandingkan harga yang ditawarkan oleh toko kosmetik Glow UP serta
belum memanfaatkan e-commers dalam memasarkan produk.
2. Analisis SWOT digunakan untuk meningkatkan daya saing kosmetik halal di
toko Glow Up melalui penerapan berbagai strategi. Pertama, analisis pasar
rutin dilakukan untuk memahami tren dan kebutuhan konsumen, sehingga
membantu dalam memilih produk yang sesuai dengan permintaan pasar serta
mengidentifikasi peluang baru. Kedua, menjaga kualitas produk merupakan
strategi utama untuk memastikan bahwa setiap produk yang dijual memenuhi
standar tinggi, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas
pelanggan. Ketiga, pengumpulan umpan balik dari pelanggan dilakukan
secara aktif untuk memperoleh masukan yang memungkinkan perbaikan dan
penyesuaian penawaran produk serta layanan. Keempat, teknologi QRIS
dimanfaatkan untuk memudahkan proses pembayaran, meningkatkan
efisiensi operasional dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih
nyaman bagi pelanggan. Kelima, toko kosmetik Glow Up juga memberikan
diskon secara berkala sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk menarik
pelanggan baru dan mendorong pembelian ulang dari pelanggan yang sudah
ada.
B. Saran
Setelah mempertimbangkan kesimpulan-kesimpulan ini, rekomendasi-
rekomendasi berikut dapat dibuat sehubungan dengan penelitian ini:
1. Berdasarkan analisis SWOT, berikut adalah beberapa saran untuk toko
kosmetik Glow Up : Perluas variasi produk untuk menarik lebih banyak
konsumen, tambahkan produk dari berbagai kategori dan merek untuk
memenuhi kebutuhan pasar yang lebih luas, pertimbangkan untuk meninjau
strategi penetapan harga agar lebih kompetitif, Kurangi ketergantungan pada
segmen pasar tertentu seperti Make Up Artist (MUA) dengan memperluas
target pasar. Misalnya, tawarkan produk yang menarik bagi pengguna sehari-
hari, remaja, dan kelompok lainnya, pertimbangkan untuk membuka cabang
di lokasi yang lebih strategis atau mudah diakses. Selain itu, manfaatkan
platform e-commerce untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dan
memudahkan pembelian online.
2. Untuk lebih meningkatkan daya saing toko kosmetik Glow Up, disarankan
untuk terus mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi
operasional dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, serta
mengeksplorasi peluang untuk produk ramah lingkungan untuk dapat
memperkuat posisi toko Glow Up di pasar kosmetik yang semakin kompetitif.
Ketersediaan
SFEBI20240116116/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

116/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

SWOT

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top