Pengaruh media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
A.Sarmita Sari/862322021048 - Personal Name
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang
dengan jumlah pupulasi sebanyak 18 siswa dengan menggunkan sampel jenuh.
Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media Gambar Berseri terbukti dapat
meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hasil uji paired sample t-test
terhadap nilai pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar
0,001, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima,
yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest
setelah penggunaan media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe pretest-
posttest. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan menulis narasi mata pelajaran
Bahasa Indonesia, menggunakan lembar penilaian yang disusun berdasarkan kisi-
kisi instrumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif
dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi
27, untuk menghitung statistik deskriptif pretest-posttest, serta melakukan uji
realibilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pengaruh media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan
menulis narasi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah
siswa kurang berminat pada kegiatan menulis atau mengarang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Kemampuan menulis narasi siswa sebelum menggunakan media gambar
berseri kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Berada
pada kategori kurang, dengan hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata
siswa sebesar 49,71 dan terdapat skor minimum sebesar 36,7 sedangkan
skor maksimum sebesar 61,7 dengan presentase ketuntasan 0%.
2. Kemampuan menulis narasi siswa setelah menggunakan media gambar
berseri siswa Kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Berdasarkan uji paired sample test. Pengambilan keputusan adalah jika nilai
signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
sgnifikan (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh diperoleh nilai signifikansi sebesar < 001 yang kurang dari 0.05.
Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang menunjukkan bahwa
penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis narasi pada siswa kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri.
2. Bagi guru
Diharapkan dalam proses belajar mengajar guru menyiapkan alat peraga
seperti media agar siswa lebih antusias dalam belajar dan tidak bosan.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media gambar berseri dengan sudut
pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah
dalam bidang pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
dengan jumlah pupulasi sebanyak 18 siswa dengan menggunkan sampel jenuh.
Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media Gambar Berseri terbukti dapat
meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hasil uji paired sample t-test
terhadap nilai pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar
0,001, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima,
yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest
setelah penggunaan media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe pretest-
posttest. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan menulis narasi mata pelajaran
Bahasa Indonesia, menggunakan lembar penilaian yang disusun berdasarkan kisi-
kisi instrumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif
dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi
27, untuk menghitung statistik deskriptif pretest-posttest, serta melakukan uji
realibilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pengaruh media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan
menulis narasi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah
siswa kurang berminat pada kegiatan menulis atau mengarang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Kemampuan menulis narasi siswa sebelum menggunakan media gambar
berseri kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Berada
pada kategori kurang, dengan hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata
siswa sebesar 49,71 dan terdapat skor minimum sebesar 36,7 sedangkan
skor maksimum sebesar 61,7 dengan presentase ketuntasan 0%.
2. Kemampuan menulis narasi siswa setelah menggunakan media gambar
berseri siswa Kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Berdasarkan uji paired sample test. Pengambilan keputusan adalah jika nilai
signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
sgnifikan (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh diperoleh nilai signifikansi sebesar < 001 yang kurang dari 0.05.
Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang menunjukkan bahwa
penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis narasi pada siswa kelas IV di MI Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri.
2. Bagi guru
Diharapkan dalam proses belajar mengajar guru menyiapkan alat peraga
seperti media agar siswa lebih antusias dalam belajar dan tidak bosan.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media gambar berseri dengan sudut
pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah
dalam bidang pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20250289 | 289/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
289/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
