Analisis Iklan Brand Zaafer Indonesia di Media Sosial TikTok
Dewi Putri Satriani/702332020084 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang analisis iklan pada brand Zaafer
Indonesia di Media Sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
implementasi model AIDA (attention, interest, desire, action) dan elemen difusi
inovasi pada brand Zaafer Indonesia di media sosial TikTok. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, dengan teknik pendekatan kepustakaan (library reaserch).
Sumber data berupa tangkapan layar (screenshoot) media sosial TikTok pada
akun @zaaferindonesia yang diambil secara purposive sampling yaitu teknik
pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Teknik analisis data
yang digunakan dalam pengolalaan data adalah menggunakan model AIDA.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model AIDA
pada brand Zaafer Indonesia di TikTok mampu membangun kesadaran,
ketertarikan, keinginan, dan tindakan konsumen dengan memastikan konten
menarik perhatian, memancing minat, meyakinkan konsumen, dan mendorong
pembelian. Elemen difusi inovasi pada brand Zaafer Indonesia di TikTok berupa
inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Dari hasil penelitian
tersebut, peneliti memberi implikasi sebagai berikut yaitu pertama, diharapkan
bagi brand Zaafer Indonesia agar mempermudah pembelian produk Zaafer
Indonesia tidak hanya melalui website official saja, melainkan juga dijual melalui
TikTok Shop atau marketplace lainnya dan yang kedua diharapkan menjadi
tambahan pengembangan ilmu tentang iklan produk suatu perusahaan, dan
sebagai acuan penulisan berikutnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti mengenai
“Analisis Iklan Brand Zaafer Indonesia di Media Sosial TikTok, maka
dapat diambil beberapa kesimpulan:
1. Implementasi model AIDA (attention, interest, desire, action) pada iklan
brand Zaafer Indonesia di media sosial TikTok mampu menarik perhatian
(attention) dengan membangun kesadaran para viewers mereka secara sadar
akan keberadaan produk merek, dengan jumlah followers di TikTok
sebanyak 1,4 juta dan like mencapai 57 juta, hal ini menunjukkan adanya
respon positif yang besar terhadap konten yang dibagikan. Unsur
ketertarikan (interest) dari brand Zaafer Indonesia kemudia terwakili oleh
konten yang mengandung unsur storytelling, yang tidak hanya
memperkenalkan produk tetapi juga membagikan gaya hidup (lifestyle) yang
terkait dengan merek mereka. Dalam setiap video yang dibagikan di
TikTok, brand Zaafer Indonesia menyertakan elemen-elemen yang menarik
minat audiens. Unsur keinginan (desire) pada iklan Zaafer Indonesia
berfokus pada mengubah minat konsumen menjadi keinginan yang kuat
untuk memiliki produk mereka. Hal ini tercermin dalam komentar-komentar
yang positif dan antusias dari konsumen yang terlihat pada akun
@zaaferindonesia. Unsur tindakan (action) pada iklan Zaafer Indonesia
mampu mengubah minat menjadi tindakan konkret, mendorong konsumen
untuk melakukan pembelian.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh dari hasil penelitian,
peneliti memberi implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi brand Zaafer Indonesia agar mempermudah
pembelianproduk Zaafer Indonesia tidak hanya melalui website official saja,
melainkan juga dijual melalui TikTok Shop atau marketplace lainnya.
2. Diharapkan menjadi tambahan pengembangan ilmu tentang iklan produk
suatu perusahaan, dan sebagai acuan penulisan berikutnya.
Indonesia di Media Sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
implementasi model AIDA (attention, interest, desire, action) dan elemen difusi
inovasi pada brand Zaafer Indonesia di media sosial TikTok. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, dengan teknik pendekatan kepustakaan (library reaserch).
Sumber data berupa tangkapan layar (screenshoot) media sosial TikTok pada
akun @zaaferindonesia yang diambil secara purposive sampling yaitu teknik
pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Teknik analisis data
yang digunakan dalam pengolalaan data adalah menggunakan model AIDA.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model AIDA
pada brand Zaafer Indonesia di TikTok mampu membangun kesadaran,
ketertarikan, keinginan, dan tindakan konsumen dengan memastikan konten
menarik perhatian, memancing minat, meyakinkan konsumen, dan mendorong
pembelian. Elemen difusi inovasi pada brand Zaafer Indonesia di TikTok berupa
inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Dari hasil penelitian
tersebut, peneliti memberi implikasi sebagai berikut yaitu pertama, diharapkan
bagi brand Zaafer Indonesia agar mempermudah pembelian produk Zaafer
Indonesia tidak hanya melalui website official saja, melainkan juga dijual melalui
TikTok Shop atau marketplace lainnya dan yang kedua diharapkan menjadi
tambahan pengembangan ilmu tentang iklan produk suatu perusahaan, dan
sebagai acuan penulisan berikutnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti mengenai
“Analisis Iklan Brand Zaafer Indonesia di Media Sosial TikTok, maka
dapat diambil beberapa kesimpulan:
1. Implementasi model AIDA (attention, interest, desire, action) pada iklan
brand Zaafer Indonesia di media sosial TikTok mampu menarik perhatian
(attention) dengan membangun kesadaran para viewers mereka secara sadar
akan keberadaan produk merek, dengan jumlah followers di TikTok
sebanyak 1,4 juta dan like mencapai 57 juta, hal ini menunjukkan adanya
respon positif yang besar terhadap konten yang dibagikan. Unsur
ketertarikan (interest) dari brand Zaafer Indonesia kemudia terwakili oleh
konten yang mengandung unsur storytelling, yang tidak hanya
memperkenalkan produk tetapi juga membagikan gaya hidup (lifestyle) yang
terkait dengan merek mereka. Dalam setiap video yang dibagikan di
TikTok, brand Zaafer Indonesia menyertakan elemen-elemen yang menarik
minat audiens. Unsur keinginan (desire) pada iklan Zaafer Indonesia
berfokus pada mengubah minat konsumen menjadi keinginan yang kuat
untuk memiliki produk mereka. Hal ini tercermin dalam komentar-komentar
yang positif dan antusias dari konsumen yang terlihat pada akun
@zaaferindonesia. Unsur tindakan (action) pada iklan Zaafer Indonesia
mampu mengubah minat menjadi tindakan konkret, mendorong konsumen
untuk melakukan pembelian.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh dari hasil penelitian,
peneliti memberi implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi brand Zaafer Indonesia agar mempermudah
pembelianproduk Zaafer Indonesia tidak hanya melalui website official saja,
melainkan juga dijual melalui TikTok Shop atau marketplace lainnya.
2. Diharapkan menjadi tambahan pengembangan ilmu tentang iklan produk
suatu perusahaan, dan sebagai acuan penulisan berikutnya.
Ketersediaan
| SFUD20240009 | 09/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
09/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
