Pengaruh metode Problem based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts An- Nahdah.
Rahmi Hasyim/862082021027 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem
based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di mts an-nahdah.
Penelitian
menggunakan
pendekatan
kuantitatif
dengan
desain
pre
experimental berupa one group pretest-posttest design.Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An-Nahdah dengan jumlah
18 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh
sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang
berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan
dokumentasi untuk mengetahui berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup
statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan
adanya perbedaan yang signifikan dari metode problem based learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
paired samples t test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,227 >
2,110) dan uji signifikansi α = 0,005 menunjukkan nilai p value < α (0,000 <
0,005). Hal ini juga dibuktikan dengan data hasil berpikir kritis siswa
menunjukkan adanya peningkatan rata-rata berpikir kritis siswa dari
pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa problem based learning terhadap kemampuan berpikir
kritis pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs An-Nahdah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, dapat
disimpulkan bahwa problem based learning terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs An-
Nahda Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata skor berpikir
kritis pada pre test dan post test. Rata-rata skor berpikir kritis post test
meningkat dari 48,06 menjadi 53,11, yang menunjukkan bahwa skor
berpikir kritis post test lebih tinggi dibandingkan dengan skor pre test.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 3,227 dibandingkan
dengan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan df= 17, sehingga
diperoleh t tabel sebesar 2,110, maka t hitung memiliki nilai yang lebih
besar daripada t tabel (3,227 > 2,110). Jika t hitung > t tabel dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis
siswa sebelum dan sesudah Pembelajaran. Untuk nilai signifikansi sebesar
0,000 yang jauh lebih kecil dari taraf signifikansi atau P value (0,000 <
0,005), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan mengenai metode
problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata
pelajaran akidah akhlak disarankan beberapa hal berikut:
1. Bagi pendidik disarankan untuk mempertimbangkan metode problem
based learning dalam proses sebagai strategi alternatif dalam
meningkatkan berpikir kritis siswa terutama pada mata pelajaran
Akidah Akhlak.
2. Bagi siswa diharapkan dapat lebih aktif dan mandiri dalam
mengembangkan berpikir kritis dalam pembelajaran.
based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di mts an-nahdah.
Penelitian
menggunakan
pendekatan
kuantitatif
dengan
desain
pre
experimental berupa one group pretest-posttest design.Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An-Nahdah dengan jumlah
18 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh
sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang
berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan
dokumentasi untuk mengetahui berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup
statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan
adanya perbedaan yang signifikan dari metode problem based learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
paired samples t test yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,227 >
2,110) dan uji signifikansi α = 0,005 menunjukkan nilai p value < α (0,000 <
0,005). Hal ini juga dibuktikan dengan data hasil berpikir kritis siswa
menunjukkan adanya peningkatan rata-rata berpikir kritis siswa dari
pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa problem based learning terhadap kemampuan berpikir
kritis pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs An-Nahdah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, dapat
disimpulkan bahwa problem based learning terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs An-
Nahda Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata skor berpikir
kritis pada pre test dan post test. Rata-rata skor berpikir kritis post test
meningkat dari 48,06 menjadi 53,11, yang menunjukkan bahwa skor
berpikir kritis post test lebih tinggi dibandingkan dengan skor pre test.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 3,227 dibandingkan
dengan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan df= 17, sehingga
diperoleh t tabel sebesar 2,110, maka t hitung memiliki nilai yang lebih
besar daripada t tabel (3,227 > 2,110). Jika t hitung > t tabel dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis
siswa sebelum dan sesudah Pembelajaran. Untuk nilai signifikansi sebesar
0,000 yang jauh lebih kecil dari taraf signifikansi atau P value (0,000 <
0,005), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan mengenai metode
problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata
pelajaran akidah akhlak disarankan beberapa hal berikut:
1. Bagi pendidik disarankan untuk mempertimbangkan metode problem
based learning dalam proses sebagai strategi alternatif dalam
meningkatkan berpikir kritis siswa terutama pada mata pelajaran
Akidah Akhlak.
2. Bagi siswa diharapkan dapat lebih aktif dan mandiri dalam
mengembangkan berpikir kritis dalam pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20250294 | 294/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
294/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tariyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
