Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Media Digital Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 2 Mare Kabupaten Bone
Nur Afni/862082021047 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
kolaboratif berbantuan media digital terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN
2 Mare. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian quasi experimental. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis
dan pendekatan komparatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 50
orang, dan sampel penelitian yaitu 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas
eksperimen. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif
berbantuan media digital efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta
metode tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi
belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Mare
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
1. Penerapan metode pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital
menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.
Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai observasi siswa dari
pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga, dengan rata-rata nilai
keseluruhan sebesar 88%.
2. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran kolaboratif
berbantuan media digital terhadap konsentrasi belajar siswa. Analisis
varians (Anova) atau uji f = 124.259 dan nilai f tabel dengan 5% dan df=1,
diperoleh f tabel sebesar 4.28. Maka f hitung memiliki nilai lebih besar daripada
f tabel (124.259 > 4.28) yang berarti menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara kelompok eksperimen (menggunakan metode kolaboratif
berbantuan media digital) dan kelompok kontrol (tanpa menggunakan
metode tersebut).
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut.
1. Bagi kepala sekolah, hendaknya berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar
mengajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna
menunjang konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
2. Bagi para guru, khususnya guru pendidikan Agama Islam agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode pembelajaran yang efektif agar konsentrasi belajar siswa lebih
meningkat
kolaboratif berbantuan media digital terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN
2 Mare. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian quasi experimental. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis
dan pendekatan komparatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 50
orang, dan sampel penelitian yaitu 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas
eksperimen. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif
berbantuan media digital efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta
metode tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi
belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Mare
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
1. Penerapan metode pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital
menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.
Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai observasi siswa dari
pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga, dengan rata-rata nilai
keseluruhan sebesar 88%.
2. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran kolaboratif
berbantuan media digital terhadap konsentrasi belajar siswa. Analisis
varians (Anova) atau uji f = 124.259 dan nilai f tabel dengan 5% dan df=1,
diperoleh f tabel sebesar 4.28. Maka f hitung memiliki nilai lebih besar daripada
f tabel (124.259 > 4.28) yang berarti menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara kelompok eksperimen (menggunakan metode kolaboratif
berbantuan media digital) dan kelompok kontrol (tanpa menggunakan
metode tersebut).
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai berikut.
1. Bagi kepala sekolah, hendaknya berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar
mengajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna
menunjang konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
2. Bagi para guru, khususnya guru pendidikan Agama Islam agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode pembelajaran yang efektif agar konsentrasi belajar siswa lebih
meningkat
Ketersediaan
| STAR20250058 | 58/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
58/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
