Pengaruh Pengetahuan dan Promosi Terhadap Minat Menabung Tabungan Haji di Bank Syariah (Studi pada Masyarakat Muslim Kabupaten Bone)
Mulyana/612062020116 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan promosi
terhadap minat masyarakat menabung tabungan haji di bank syariah. Adapun jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yakni
penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan angka. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sample random sampling sebanyak 97 responden Masyarakat muslim
Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert
yang dibagikan kepada responden secara daring. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji statistic melalui uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis
dan koefisien determinasi (R²). Sebelum uji statistik dilakukan, terlebih dahulu
dilakukan uji instrumen penelitian yang berupa uji validitas, uji reabilitas, serta
menggunakan uji asumsi klasik. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan
software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Variabel
pengetahuan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
minat masyarakat Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa nilai T hitung >
T tabel yaitu 2,012 > 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis H1 diterima
dan H0 ditolak. (2) Variabel promosi secara parsial terdapat pengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel minat masyarakat. Dari hasil analisis dilakukan diketahui
bahwa nilai T hitung > T tabel yaitu 6,251 > 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga
hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Variabel pengetahuan dan promosi secara
simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
minat masyarakat. Dari hasil analisis dilakukan diketahui bahwa nilai Fhitung >
Ftabel atau 12,929 > 3,09 dan nilai signifikansi < 0.05 atau 0,000 < 0,05. sehingga
hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan diskusi yang telah dilakukan
sebelumnya, kesimpulan berikut dapat ditarik:
1. Pengetahuan secara nyata memengaruhi minat masyarakat terhadap produk
tabungan haji di bank syariah. Hal ini terbukti dari analisis data yang
menunjukkan bahwa nilai T hitung lebih tinggi dari T tabel (2,012 > 1,985) dan
nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), mengindikasikan bahwa
pengetahuan memiliki dampak yang positif terhadap minat masyarakat
tersebut.
2. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat
terhadap produk tabungan haji di bank syariah. Temuan ini didukung oleh
hasil analisis data, di mana T hitung > T tabel (6,251 > 1,985) dan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa promosi berkontribusi positif
terhadap minat masyarakat tersebut.
3. Promosi dan pengetahuan secara signifikan mempengaruhi minat masyarakat
terhadap produk tabungan haji di bank syariah. Temuan ini didukung oleh
hasil analisis data, di mana nilai Fhitung lebih besar dari F tabel (12,929 > 3,09)
dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), menunjukkan bahwa
baik promosi maupun pengetahuan memberikan dampak positif terhadap
minat masyarakat tersebut.
B. Saran
Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa pengetahuan dan promosi
memiliki dampak Pengaruh yang nyata terhadap minat masyarakat untuk
menyimpan dana dalam tabungan haji di bank syariah. Meskipun demikian,
peneliti menyadari adanya beberapa kelemahan Oleh karena itu, disarankan
untuk melakukan hal tersebut dalam konteks penelitian ini. temuan ini dapat
menjadi landasan untuk penelitian lanjutan dalam topik yang serupa. Berikut
adalah beberapa rekomendasi yang diajukan penulis:
1. Bank syariah
Bagi bank syariah, Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengetahuan
dan promosi berkontribusi positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan nasabah. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak bank syariah
untuk terus mengintensifkan dan memperbaiki strategi promosi mereka.
Tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan minat nasabah dalam memilih
produk tabungan haji di bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Penulis menginginkan agar penelitian berikutnya dapat mengambil data dari
variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
terhadap minat masyarakat menabung tabungan haji di bank syariah. Adapun jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yakni
penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan angka. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sample random sampling sebanyak 97 responden Masyarakat muslim
Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert
yang dibagikan kepada responden secara daring. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji statistic melalui uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis
dan koefisien determinasi (R²). Sebelum uji statistik dilakukan, terlebih dahulu
dilakukan uji instrumen penelitian yang berupa uji validitas, uji reabilitas, serta
menggunakan uji asumsi klasik. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan
software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Variabel
pengetahuan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
minat masyarakat Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa nilai T hitung >
T tabel yaitu 2,012 > 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis H1 diterima
dan H0 ditolak. (2) Variabel promosi secara parsial terdapat pengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel minat masyarakat. Dari hasil analisis dilakukan diketahui
bahwa nilai T hitung > T tabel yaitu 6,251 > 1,985 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga
hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Variabel pengetahuan dan promosi secara
simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
minat masyarakat. Dari hasil analisis dilakukan diketahui bahwa nilai Fhitung >
Ftabel atau 12,929 > 3,09 dan nilai signifikansi < 0.05 atau 0,000 < 0,05. sehingga
hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan diskusi yang telah dilakukan
sebelumnya, kesimpulan berikut dapat ditarik:
1. Pengetahuan secara nyata memengaruhi minat masyarakat terhadap produk
tabungan haji di bank syariah. Hal ini terbukti dari analisis data yang
menunjukkan bahwa nilai T hitung lebih tinggi dari T tabel (2,012 > 1,985) dan
nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), mengindikasikan bahwa
pengetahuan memiliki dampak yang positif terhadap minat masyarakat
tersebut.
2. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat
terhadap produk tabungan haji di bank syariah. Temuan ini didukung oleh
hasil analisis data, di mana T hitung > T tabel (6,251 > 1,985) dan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa promosi berkontribusi positif
terhadap minat masyarakat tersebut.
3. Promosi dan pengetahuan secara signifikan mempengaruhi minat masyarakat
terhadap produk tabungan haji di bank syariah. Temuan ini didukung oleh
hasil analisis data, di mana nilai Fhitung lebih besar dari F tabel (12,929 > 3,09)
dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), menunjukkan bahwa
baik promosi maupun pengetahuan memberikan dampak positif terhadap
minat masyarakat tersebut.
B. Saran
Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa pengetahuan dan promosi
memiliki dampak Pengaruh yang nyata terhadap minat masyarakat untuk
menyimpan dana dalam tabungan haji di bank syariah. Meskipun demikian,
peneliti menyadari adanya beberapa kelemahan Oleh karena itu, disarankan
untuk melakukan hal tersebut dalam konteks penelitian ini. temuan ini dapat
menjadi landasan untuk penelitian lanjutan dalam topik yang serupa. Berikut
adalah beberapa rekomendasi yang diajukan penulis:
1. Bank syariah
Bagi bank syariah, Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengetahuan
dan promosi berkontribusi positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan nasabah. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak bank syariah
untuk terus mengintensifkan dan memperbaiki strategi promosi mereka.
Tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan minat nasabah dalam memilih
produk tabungan haji di bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Penulis menginginkan agar penelitian berikutnya dapat mengambil data dari
variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Ketersediaan
| SFEBI20240088 | 88/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
88/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
