Pengaruh Literasi Keuangan dan Media Promosi terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Muslim pada Bank Syariah di Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Literasi Keuangan dan Media Promosi
terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Muslim pada Bank Syariah di
Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini agar pembaca memahami Pengaruh Literasi
Keuangan dan Media Promosi terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Muslim
pada Bank Syariah dengan pengumpulan data berupa kuesioner dan google form
kepada masyarakat Kab.Bone. Variabel independen pada penelitian ini yaitu Literasi
Keuangan (X 1 ) dan Media Promosi (X 2 ) sedangkan variabel dependen yaitu Minat
Menabung (Y). Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan menggunakan
teknik simple random sampling yang kemudian melakukan pengujian hipotesis.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kab.Bone yang berminat menabung
di Bank Syariah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
responden. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji instrument, uji asumsi
klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil deskriptif dari nilai rata-rata Literasi Keuangan sebesar 4.025, Media
Promosi sebesar 3.933 dan Minat Menabung sebesar 3.91. Sedangkan hasil yang
diperoleh dari penelitian ini yaitu berdasarkan Uji Hipotesis secara parsial (uji t) nilai
signifikansi variabel Literasi Keuangan terhadap Minat Menabung sebesar 0,177,
maka nilai signifikan ang diperoleh (Sig. > 0,05) sehingga H 1 ditolak Dan H 0
diterima. Hal ini diartikan tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel Literasi
Keuangan terhadap Minat Menabung. Sedangkan Media Promosi berdasarkan Uji
Hipotesis secara parsial (uji t) nilai signifikansi variabel Media Promosi sebesar 0,003
< 0,05 yang berarti H 1 diterima dan H 0 ditolak sehingga variabel tersebut memiliki
pengaruh terhadap Minat Menabung. Jika dilihat dari pengaruhnya sebesar 10,9%
selebihnya sebesar 89,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pengolahan data dalam penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa variabel Literasi Keuangan tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung
Generasi Milenial Muslim Pada Bank Syariah Di Kabupaten Bone yang dilihat
dari data nilai signifikansi sebesar 0,177 > 0,05 dan pada variabel Media Promosi
memiliki pengaruh terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Muslim Pada
Bank Syariah Di Kabupaten Bone yang dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,003
< 0,05. Kemudian pada pengolahan data uji F menunjukkan bahwa nilai signifikan
0,001 < 0,05 maka berdasarkan pengambilan keputusan maka Literasi Keuangan
(X 1 ) dan Media Promosi (X 2 ) berpengaruh terhadap Minat Menabung Generasi
Milenial Muslim pada Bank Syariah.
B. Saran
Penelitian ini masih terbatas karena indikator yang digunakan pada variabel
bebas dan variabel terikat masih minim. Untuk itu diharapkan peneliti selanjutnya
memperluas lagi indikator yang merefleksi variabel Pengetahuan, religiusitas,
pendapatan, dan lingkungan terhadap Minat Menabung masyarakat.
Ketersediaan
SFEBI2024007676/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

76/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top