AnalisisIFaktor FaktorIYang MempengaruhiIKeputusan Generasi Muslim Zilenial Dalam Menggunakan Tiktok Shop Berdasarkan Perspektif Maslahah (Studi Pada Mahasiswa IAIN Bone
Eka Wana/602022020162 - Personal Name
Penelitian yang membedah faktor-faktor yang memengaruhi keputusan
generasi zilenial Islam dalam menggunakan tiktok shop dari sudut pandang maslahah,
jelas belum selesai hingga saat ini. Oleh karenaIitu, usulan iniIhadir untukImengkaji
halItersebut dan diIsinilah letakIpembedaan dariIakibat-akibat pemeriksaan yang lalu
dengan perluasan satu variabel, khususnya peduli tentang maslahah. Penelitian ini
menggunakan metodologi kuantitatif. Informasi terukur diselidiki menggunakan SEM
dengan pendekatan PLS-Path Modeling memanfaatkan aplikasi statistik Smart-PLS
berbentuk Profesional dari 155 survei. Hal ini menunjukkan bahwa sampelnya
berjumlah 155 orang. Untuk membuktikan hal tersebut, diajukan tiga pertanyaan
eksplorasi, khususnya: (1) Apakah peduli maslahah, sikap, norma subyektif dan
persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat generasi muslim zilenial dalam
menggunakan tiktok shop?, (2) Apakah peduli maslahah, sikap, norma subyektif dan
persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap perilaku keputusan generasi muslim
zilenial dalam menggunakan tiktok shop melalui mediasi niat? Terlebih lagi (3)
Apakah peduli maslahah, sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku
berpengaruh terhadap niat dan perilaku keputusan generasi muslim zilenial dalam
menggunakan tiktok shop?
Hasil eksplorasi menunjukkan: (1) Variabel Peduli Maslahah (X1),
Norma Subjektif (X3) dan Persepi Kontrol Perilaku (X4) ternyata tidak berpengaruh
secara mendasar terhadap Niat (Y1) generasi muslim zilenial dalam memanfaatkan
tiktok shop, (2) VariabelISikap (X2) mempunyaiIpengaruh yang positifIdan besar
terhadapItujuan generasi muslim zilenial dalam memanfaatkan tiktok shop, (3)
Variabel Sikap (X2) dan Niat (Y1) mempunyai pengaruh yang positif dan besar
pengaruh kritis terhadap Perilaku keputusan generasi muslim zilenial dalam
memanfaatkan tiktok shop (Y2) melalui mediasi Niat (Y1).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada Bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan penelitian
yang dituangkan pada Bab 1 dalam skripsi ini. Kesimpulan yang dapat ditarik,
yaitu:
1. Empat variabel yang diusulkan berpengaruh terhadap Niat (Y1) pada
pertanyaan penelitian pada Bab 1 yakni: Peduli Maslahah (X1), Sikap
(X2), Norma Subjektif (X3) dan Persepsi Kontrol Perilaku (X4) dan
ternyata hanya satu variabel yang terbukti berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Niat (Y1) yaitu: Sikap (X2) dimana pada koefisien
parameter jalur yang diperoleh dari hubungan antara sikap terhadap niat
memiliki nilai sebesar 0,573, nilai T- statistik sebesar 5,992 (> 1.96) dan
nilai P- values = 0 (signifikan jika
generasi zilenial Islam dalam menggunakan tiktok shop dari sudut pandang maslahah,
jelas belum selesai hingga saat ini. Oleh karenaIitu, usulan iniIhadir untukImengkaji
halItersebut dan diIsinilah letakIpembedaan dariIakibat-akibat pemeriksaan yang lalu
dengan perluasan satu variabel, khususnya peduli tentang maslahah. Penelitian ini
menggunakan metodologi kuantitatif. Informasi terukur diselidiki menggunakan SEM
dengan pendekatan PLS-Path Modeling memanfaatkan aplikasi statistik Smart-PLS
berbentuk Profesional dari 155 survei. Hal ini menunjukkan bahwa sampelnya
berjumlah 155 orang. Untuk membuktikan hal tersebut, diajukan tiga pertanyaan
eksplorasi, khususnya: (1) Apakah peduli maslahah, sikap, norma subyektif dan
persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat generasi muslim zilenial dalam
menggunakan tiktok shop?, (2) Apakah peduli maslahah, sikap, norma subyektif dan
persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap perilaku keputusan generasi muslim
zilenial dalam menggunakan tiktok shop melalui mediasi niat? Terlebih lagi (3)
Apakah peduli maslahah, sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku
berpengaruh terhadap niat dan perilaku keputusan generasi muslim zilenial dalam
menggunakan tiktok shop?
Hasil eksplorasi menunjukkan: (1) Variabel Peduli Maslahah (X1),
Norma Subjektif (X3) dan Persepi Kontrol Perilaku (X4) ternyata tidak berpengaruh
secara mendasar terhadap Niat (Y1) generasi muslim zilenial dalam memanfaatkan
tiktok shop, (2) VariabelISikap (X2) mempunyaiIpengaruh yang positifIdan besar
terhadapItujuan generasi muslim zilenial dalam memanfaatkan tiktok shop, (3)
Variabel Sikap (X2) dan Niat (Y1) mempunyai pengaruh yang positif dan besar
pengaruh kritis terhadap Perilaku keputusan generasi muslim zilenial dalam
memanfaatkan tiktok shop (Y2) melalui mediasi Niat (Y1).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada Bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan penelitian
yang dituangkan pada Bab 1 dalam skripsi ini. Kesimpulan yang dapat ditarik,
yaitu:
1. Empat variabel yang diusulkan berpengaruh terhadap Niat (Y1) pada
pertanyaan penelitian pada Bab 1 yakni: Peduli Maslahah (X1), Sikap
(X2), Norma Subjektif (X3) dan Persepsi Kontrol Perilaku (X4) dan
ternyata hanya satu variabel yang terbukti berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Niat (Y1) yaitu: Sikap (X2) dimana pada koefisien
parameter jalur yang diperoleh dari hubungan antara sikap terhadap niat
memiliki nilai sebesar 0,573, nilai T- statistik sebesar 5,992 (> 1.96) dan
nilai P- values = 0 (signifikan jika
Ketersediaan
| SFEBI20240073 | 73/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
73/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
