Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Canva terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Sibulue
Riska/862082021036 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two
Stay Two Stray berbantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 1 Sibulue.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desain Quasi
Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control Group Design.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sibulue dengan
jumlah populasi 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling, kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan
kelas VII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur kemampuan
berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan
model Two Stay Two Stray berbantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent
Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai
kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dengan nilai
Stay Two Stray berbantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 1 Sibulue.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desain Quasi
Experimental berupa Pre-Test Post-Test Control Group Design.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sibulue dengan
jumlah populasi 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling, kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan
kelas VII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur kemampuan
berpikir kritis siswa. Analisis data mencakup statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan
model Two Stay Two Stray berbantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent
Samples T-Test yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai
kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dengan nilai
Ketersediaan
| STAR20250062 | 62/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
