Pemasaran Digital Pada Pengembangan Usaha UMKM Rumah Jilbab Zada Di Desa Compongge, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
Susi Susanti/602022020137 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran digital yang di
lakukan oleh Rumah Jilbab Zada dan bagaimana pemasaran digital membantu
pengembangan Rumah Jilbab Zada. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dekripstif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.
Subjek penelitian yang dipilih sebagai sumber informasi diantaranya yaitu Owner
Rumah Jilbab Zada dan objek penelitian yaitu penerapan digitalisasi pada UMKM
khususnya pada usaha Rumah Jilbab Zada di Desa Compongge, Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone. Te2knik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1 ) Pemasaran digital Rumah Jilbab Zada melalui media sosial berfokus pada
penggunaan Instagram dan Facebook untuk menyajikan konten visual yang menarik,
interaktif, dan informatif. Mereka memanfaatkan berbagai fitur platform ini untuk
membangun engagement, memberikan nilai tambah kepada pelanggan, dan
membangun komunitas online. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi
terhadap pengembangan usaha Rumah Jilbab Zada antara lain meningkatkan efisiensi
operasional pemasaran sehingga kebutuhan tenaga kerja manual bisa dikurangi,
memperluas akses ke beragam media promosi online baru seperti media sosial dan
marketplace, membantu perluasan metode distribusi melalui integrasi dengan
platform e-commerce, meningkatkan visibilitas merek dan traffik ke situs media
sosial yang berdampak pada peningkatan penjualan dan keuntungan. Secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan pemasaran digital memberikan
manfaat nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha Rumah Jilbab Zada.
A. Kesimpulan
1. Pemasaran digital Rumah Jilbab Zada melalui media sosial berfokus pada
penggunaan Instagram dan Facebook untuk menyajikan konten visual yang
menarik, interaktif, dan informatif. Mereka memanfaatkan berbagai fitur
platform ini untuk membangun engagement, memberikan nilai tambah kepada
pelanggan, dan membangun komunitas online. Strategi ini tidak hanya efektif
dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga dalam membangun citra merek
yang kuat dan menciptakan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan
mereka.
2. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi terhadap pengembangan
usaha Rumah Jilbab Zada antara lain meningkatkan efisiensi operasional
pemasaran sehingga kebutuhan tenaga kerja manual bisa dikurangi,
memperluas akses ke beragam media promosi online baru seperti media sosial
dan marketplace, membantu perluasan metode distribusi melalui integrasi
dengan platform e-commerce, meningkatkan visibilitas merek dan traffik ke
situs media sosial yang berdampak pada peningkatan penjualan dan
keuntungan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan
pemasaran digital memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan dan
perkembangan usaha Rumah Jilbab Zada. Pemasaran digital terbukti menjadi
strategi yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja usaha
pada era digital saat ini. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi
signifikan terhadap pengembangan usaha Rumah Jilbab Zada. Efisiensi
operasional pemasaran meningkat, mengurangi kebutuhan tenaga kerja
manual. Akses ke media promosi online seperti media sosial dan marketplace
diperluas, yang membantu dalam metode distribusi melalui integrasi dengan
platform e-commerce. Hal ini meningkatkan visibilitas merek dan trafik ke
situs media sosial, yang berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan
keuntungan. Secara keseluruhan, penerapan pemasaran digital memberikan
manfaat nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha.
B. Saran
1. Bagi Rumah Jilbab Zada: Melakukan pelatihan dan workshop pemasaran
digital secara berkala bagi karyawan agar strategi pemasaran digital dapat
dipahami dan diimplementasikan dengan baik. Meningkatkan anggaran untuk
kampanye iklan berbayar di media sosial dan platform digital lainnya untuk
memperluas jangkauan pasar. Melakukan survei kepuasan pelanggan secara
berkala terkait pengalaman berbelanja online di Rumah Jilbab Zada untuk
mengukur efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan.
2. Bagi IAIN Bone: Memberikan pelatihan atau seminar pemasaran digital bagi
UMKM di sekitar kampus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.
Melakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pemasaran digital pada
UMKM syariah.
3. Bagi penelitian selanjutnya: Melakukan penelitian kuantitatif untuk mengukur
pengaruh pemasaran digital terhadap kinerja penjualan UMKM secara
spesifik. Membandingkan efektivitas berbagai platform dan saluran
pemasaran digital bagi UMKM fashion muslim. Meneliti tantangan dan
hambatan adopsi pemasaran digital bagi UMKM serta memberikan
rekomendasi solutif.
lakukan oleh Rumah Jilbab Zada dan bagaimana pemasaran digital membantu
pengembangan Rumah Jilbab Zada. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dekripstif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.
Subjek penelitian yang dipilih sebagai sumber informasi diantaranya yaitu Owner
Rumah Jilbab Zada dan objek penelitian yaitu penerapan digitalisasi pada UMKM
khususnya pada usaha Rumah Jilbab Zada di Desa Compongge, Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone. Te2knik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1 ) Pemasaran digital Rumah Jilbab Zada melalui media sosial berfokus pada
penggunaan Instagram dan Facebook untuk menyajikan konten visual yang menarik,
interaktif, dan informatif. Mereka memanfaatkan berbagai fitur platform ini untuk
membangun engagement, memberikan nilai tambah kepada pelanggan, dan
membangun komunitas online. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi
terhadap pengembangan usaha Rumah Jilbab Zada antara lain meningkatkan efisiensi
operasional pemasaran sehingga kebutuhan tenaga kerja manual bisa dikurangi,
memperluas akses ke beragam media promosi online baru seperti media sosial dan
marketplace, membantu perluasan metode distribusi melalui integrasi dengan
platform e-commerce, meningkatkan visibilitas merek dan traffik ke situs media
sosial yang berdampak pada peningkatan penjualan dan keuntungan. Secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan pemasaran digital memberikan
manfaat nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha Rumah Jilbab Zada.
A. Kesimpulan
1. Pemasaran digital Rumah Jilbab Zada melalui media sosial berfokus pada
penggunaan Instagram dan Facebook untuk menyajikan konten visual yang
menarik, interaktif, dan informatif. Mereka memanfaatkan berbagai fitur
platform ini untuk membangun engagement, memberikan nilai tambah kepada
pelanggan, dan membangun komunitas online. Strategi ini tidak hanya efektif
dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga dalam membangun citra merek
yang kuat dan menciptakan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan
mereka.
2. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi terhadap pengembangan
usaha Rumah Jilbab Zada antara lain meningkatkan efisiensi operasional
pemasaran sehingga kebutuhan tenaga kerja manual bisa dikurangi,
memperluas akses ke beragam media promosi online baru seperti media sosial
dan marketplace, membantu perluasan metode distribusi melalui integrasi
dengan platform e-commerce, meningkatkan visibilitas merek dan traffik ke
situs media sosial yang berdampak pada peningkatan penjualan dan
keuntungan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan
pemasaran digital memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan dan
perkembangan usaha Rumah Jilbab Zada. Pemasaran digital terbukti menjadi
strategi yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja usaha
pada era digital saat ini. Pemasaran digital terbukti memberikan kontribusi
signifikan terhadap pengembangan usaha Rumah Jilbab Zada. Efisiensi
operasional pemasaran meningkat, mengurangi kebutuhan tenaga kerja
manual. Akses ke media promosi online seperti media sosial dan marketplace
diperluas, yang membantu dalam metode distribusi melalui integrasi dengan
platform e-commerce. Hal ini meningkatkan visibilitas merek dan trafik ke
situs media sosial, yang berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan
keuntungan. Secara keseluruhan, penerapan pemasaran digital memberikan
manfaat nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha.
B. Saran
1. Bagi Rumah Jilbab Zada: Melakukan pelatihan dan workshop pemasaran
digital secara berkala bagi karyawan agar strategi pemasaran digital dapat
dipahami dan diimplementasikan dengan baik. Meningkatkan anggaran untuk
kampanye iklan berbayar di media sosial dan platform digital lainnya untuk
memperluas jangkauan pasar. Melakukan survei kepuasan pelanggan secara
berkala terkait pengalaman berbelanja online di Rumah Jilbab Zada untuk
mengukur efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan.
2. Bagi IAIN Bone: Memberikan pelatihan atau seminar pemasaran digital bagi
UMKM di sekitar kampus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.
Melakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pemasaran digital pada
UMKM syariah.
3. Bagi penelitian selanjutnya: Melakukan penelitian kuantitatif untuk mengukur
pengaruh pemasaran digital terhadap kinerja penjualan UMKM secara
spesifik. Membandingkan efektivitas berbagai platform dan saluran
pemasaran digital bagi UMKM fashion muslim. Meneliti tantangan dan
hambatan adopsi pemasaran digital bagi UMKM serta memberikan
rekomendasi solutif.
Ketersediaan
| SFEBI20240065 | 65/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
65/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
