Pengaruh Halal brand awareness Terhadap Minat Beli Produk Kebab Turkiyem di Kalangan Generasi Z (Studi pada Konsumen Kebab Turkiyem di Kabupaten Bone)
Rosmini/602022020118 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal brand awareness terhadap
minat beli produk kebab turkiyem di kalangan generasi Z. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi konsumen kebab turkiyem di
kabupaten Bone serta sampel sebanyak 100 responden yang membeli produk kebab
turkiyem. Dalam penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus
Lemeshow dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah berupa penyebaran kuesioner secara daring
melalui google form. Selanjutnya data penelitian diolah dengan menggunakan
software SPSS versi 23 dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji
menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Halal brand awareness adalah 0,000
< 0,05 dengan koefisien regresi variabel Halal brand awareness adalah 1,005 yang
bernilai positif. Hal ini mengindikasikan bahwa Halal brand awareness memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli generasi Z khususnya pada
konsumen kebab turkiyem
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Halal brand awareness
terhadap minat beli kebab turkiyem di kalangan generasi Z. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Halal brand awareness adalah
0,000 < 0,05. Selain itu hasil dari koefisien regresi variabel Halal brand
awareness adalah 1,005 yang bernilai positif. Hal ini mengindikasikan bahwa
Halal brand awareness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
minat beli generasi Z khususnya pada konsumen kebab turkiyem.
Temuan ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Pambudi
pada tahun 2018, yang menemukan bahwa kesadaran akan kehalalan produk
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil tersebut
juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Izzuddin pada tahun 2018,
yang menemukan bahwa kesadaran akan kehalalan produk memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap minat beli. .
B. Saran
Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagi Pemerintah
Mendukung penguatan regulasi untuk memastikan bahwa produk yang
dijual dengan label halal memenuhi standar halal yang diakui secara luas
adalah suatu langkah penting. Memperkuat pengawasan dan proses sertifikasi
halal juga merupakan hal yang krusial untuk membangun kepercayaan
konsumen.
2. Bagi Konsumen
Menjadi lebih proaktif dalam memeriksa label dan sertifikasi halal
ketika berbelanja merupakan langkah yang penting. Selain itu, memahami
secara mendalam proses sertifikasi halal dapat membantu memastikan
kepatuhan dan meningkatkan kepercayaan. Berpartisipasi dalam kegiatan
penyuluhan dan pendidikan terkait produk halal juga dapat meningkatkan
kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya memilih produk halal.
3. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi peneliti
berikutnya, terutama dalam konteks minat beli. Harapannya, penelitian
selanjutnya dapat memperluas dan memvariasikan variabel untuk mendalami
lebih jauh faktor-faktor apa saja yang memengaruhi minat beli generasi Z.
Peneliti juga menyadari adanya kekurangan dalam penelitian ini, sehingga
penting untuk dilakukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif untuk
mengatasi kelemahan yang ada.
minat beli produk kebab turkiyem di kalangan generasi Z. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi konsumen kebab turkiyem di
kabupaten Bone serta sampel sebanyak 100 responden yang membeli produk kebab
turkiyem. Dalam penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus
Lemeshow dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah berupa penyebaran kuesioner secara daring
melalui google form. Selanjutnya data penelitian diolah dengan menggunakan
software SPSS versi 23 dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji
menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Halal brand awareness adalah 0,000
< 0,05 dengan koefisien regresi variabel Halal brand awareness adalah 1,005 yang
bernilai positif. Hal ini mengindikasikan bahwa Halal brand awareness memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli generasi Z khususnya pada
konsumen kebab turkiyem
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Halal brand awareness
terhadap minat beli kebab turkiyem di kalangan generasi Z. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Halal brand awareness adalah
0,000 < 0,05. Selain itu hasil dari koefisien regresi variabel Halal brand
awareness adalah 1,005 yang bernilai positif. Hal ini mengindikasikan bahwa
Halal brand awareness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
minat beli generasi Z khususnya pada konsumen kebab turkiyem.
Temuan ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Pambudi
pada tahun 2018, yang menemukan bahwa kesadaran akan kehalalan produk
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil tersebut
juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Izzuddin pada tahun 2018,
yang menemukan bahwa kesadaran akan kehalalan produk memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap minat beli. .
B. Saran
Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagi Pemerintah
Mendukung penguatan regulasi untuk memastikan bahwa produk yang
dijual dengan label halal memenuhi standar halal yang diakui secara luas
adalah suatu langkah penting. Memperkuat pengawasan dan proses sertifikasi
halal juga merupakan hal yang krusial untuk membangun kepercayaan
konsumen.
2. Bagi Konsumen
Menjadi lebih proaktif dalam memeriksa label dan sertifikasi halal
ketika berbelanja merupakan langkah yang penting. Selain itu, memahami
secara mendalam proses sertifikasi halal dapat membantu memastikan
kepatuhan dan meningkatkan kepercayaan. Berpartisipasi dalam kegiatan
penyuluhan dan pendidikan terkait produk halal juga dapat meningkatkan
kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya memilih produk halal.
3. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi peneliti
berikutnya, terutama dalam konteks minat beli. Harapannya, penelitian
selanjutnya dapat memperluas dan memvariasikan variabel untuk mendalami
lebih jauh faktor-faktor apa saja yang memengaruhi minat beli generasi Z.
Peneliti juga menyadari adanya kekurangan dalam penelitian ini, sehingga
penting untuk dilakukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif untuk
mengatasi kelemahan yang ada.
Ketersediaan
| SFEBI20240062 | 62/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
