Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di KabupatenBone)
Alief Mas Pratama/612062020003 - Personal Name
Aspek kesyariahan telah menjadi topik penting yang menentukan keputusan
masyarakat termasuk dalam bidang keuangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui secara parsial pengaruh religiusitas, lingkungan sosial, dan
motivasi terhadap keputusan menabung dibank syariah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah di
Kabupaten Bone. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel.
Data-data yang telah terkumpul akan melalui tahapan uji validitas, uji reliabilitas, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan alat
analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan nilai
t hitung sebesar 7,241 > t tabel 1,660, lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap
keputusan menabung di bank syariah dengan nilai t hitung sebesar -0.672 < t tabel 1,660,
dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menabung
di bank syariah dengan nilai t hitung sebesar 5,643 > t tabel 1,660.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah sebagai
berikut:
1. Religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung di bank syariah. Artinya, semakin tinggi tingkat religiusitas
individu maka keputusan menabung di bank syariah juga akan semakin tinggi.
2. Lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank
syariah. Artinya, meskipun semakin tinggi pengaruh dari lingkungan sekitar
yang dirasakan oleh individu, hal tersebut tidak menimbulkan perubahan pada
keputusan untuk menabung di bank syariah.
3. Motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung di bank syariah. Artinya, semakin tinggi motivasi yang diberikan
dan dirasakan oleh individu maka keputusan menabung di bank syariah juga
akan semakin tinggi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa religiusitas dan motivasi secara parsial berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, sedangkan
lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank
syariah. Hasil penelitian ini mengandung implikasi bahwa: Pertama, adanya
temuan bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di bank syariah menegaskan pentingnya peran nilai-nilai
keagamaan dalam mempengaruhi perilaku keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa
bank syariah dapat lebih menggali potensi pasar dengan memperkuat aspek-aspek
yang berkaitan dengan kepercayaan dan keyakinan agama. Kedua, meskipun
lingkungan sosial tidak terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan
menabung di bank syariah, hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain seperti
kenyamanan layanan, keunggulan produk, dan kepercayaan terhadap institusi
perbankan syariah mungkin lebih dominan dalam memengaruhi pilihan nasabah.
Oleh karena itu, strategi pemasaran dan edukasi yang menekankan pada manfaat
dan keunggulan produk serta layanan syariah perlu terus diperkuat. Terakhir,
temuan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di bank syariah menggarisbawahi pentingnya upaya untuk
meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap prinsip-prinsip
ekonomi syariah. Dalam konteks ini, pendekatan edukasi dan peningkatan literasi
keuangan syariah menjadi kunci untuk memperluas penetrasi pasar dan
memperkokoh posisi bank syariah dalam industri perbankan. Dengan
memperhatikan implikasi ini, pihak-pihak terkait dapat mengarahkan upaya
mereka untuk memperkuat fundamental-fundamental yang memengaruhi
keputusan menabung di bank syariah, sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas
dan penerimaan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan syariah.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi Perbankan Syariah agar senantiasa mempertahankan nilai-nilai syariah
yang dijalankan karena hal ini terbukti menjadi faktor penting terkait
keputusan individu untuk menabung di bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh.
masyarakat termasuk dalam bidang keuangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui secara parsial pengaruh religiusitas, lingkungan sosial, dan
motivasi terhadap keputusan menabung dibank syariah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah di
Kabupaten Bone. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel.
Data-data yang telah terkumpul akan melalui tahapan uji validitas, uji reliabilitas, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan alat
analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan nilai
t hitung sebesar 7,241 > t tabel 1,660, lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap
keputusan menabung di bank syariah dengan nilai t hitung sebesar -0.672 < t tabel 1,660,
dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menabung
di bank syariah dengan nilai t hitung sebesar 5,643 > t tabel 1,660.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah sebagai
berikut:
1. Religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung di bank syariah. Artinya, semakin tinggi tingkat religiusitas
individu maka keputusan menabung di bank syariah juga akan semakin tinggi.
2. Lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank
syariah. Artinya, meskipun semakin tinggi pengaruh dari lingkungan sekitar
yang dirasakan oleh individu, hal tersebut tidak menimbulkan perubahan pada
keputusan untuk menabung di bank syariah.
3. Motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung di bank syariah. Artinya, semakin tinggi motivasi yang diberikan
dan dirasakan oleh individu maka keputusan menabung di bank syariah juga
akan semakin tinggi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa religiusitas dan motivasi secara parsial berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, sedangkan
lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank
syariah. Hasil penelitian ini mengandung implikasi bahwa: Pertama, adanya
temuan bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di bank syariah menegaskan pentingnya peran nilai-nilai
keagamaan dalam mempengaruhi perilaku keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa
bank syariah dapat lebih menggali potensi pasar dengan memperkuat aspek-aspek
yang berkaitan dengan kepercayaan dan keyakinan agama. Kedua, meskipun
lingkungan sosial tidak terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan
menabung di bank syariah, hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain seperti
kenyamanan layanan, keunggulan produk, dan kepercayaan terhadap institusi
perbankan syariah mungkin lebih dominan dalam memengaruhi pilihan nasabah.
Oleh karena itu, strategi pemasaran dan edukasi yang menekankan pada manfaat
dan keunggulan produk serta layanan syariah perlu terus diperkuat. Terakhir,
temuan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di bank syariah menggarisbawahi pentingnya upaya untuk
meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap prinsip-prinsip
ekonomi syariah. Dalam konteks ini, pendekatan edukasi dan peningkatan literasi
keuangan syariah menjadi kunci untuk memperluas penetrasi pasar dan
memperkokoh posisi bank syariah dalam industri perbankan. Dengan
memperhatikan implikasi ini, pihak-pihak terkait dapat mengarahkan upaya
mereka untuk memperkuat fundamental-fundamental yang memengaruhi
keputusan menabung di bank syariah, sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas
dan penerimaan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan syariah.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi Perbankan Syariah agar senantiasa mempertahankan nilai-nilai syariah
yang dijalankan karena hal ini terbukti menjadi faktor penting terkait
keputusan individu untuk menabung di bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh.
Ketersediaan
| SFEBI20240061 | 61/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
61/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
