Impelementasi Metode Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI SMA Negeri 13 Bone Kabupaten Bone.
Silfayuni/02.16.1014 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Metode Pemberian Reward
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI SMA Negeri
13 Bone Kabupaten Bone”. Ada tiga sub yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
bentuk pelaksanaan metode pemberian reward pada pembelajaran PAI, minat
belajar siswa pada pembelajaran PAI, dan konstribusi metode pemberian reward
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 13
Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Adapun pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan padagogik dan pendekatan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; pelaksanaan metode
pemberian reward dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
PAI di SMA Negeri 13 Bone telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dengan adanya beberapa bentuk pelaksanaannya, yaitu kata-kata pujian, isyarat
pujian, pemberian waktu khusus, hadiah berupa benda, dan penghargaan dalam
bentuk pemberian nilai tambah dan pemberian tugas khusus kepada siswa.
Kedua; minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone
melalui pelaksanaan metode pemberian reward, bisa dikatakan mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dibutikan karena siswa telah mengenal dan
senang/menyukai mata pelajaran PAI. Siswa SMA Negeri 13 Bone juga penuh
perhatian dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari mereka yang fokus dan
berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu penunjang besarnya
minat belajar siswa juga dipengaruhi oleh bahan pelajaran dan sikap guru yang
menarik. Ketiga; penerapan metode pemberian reward telah berkonstribusi
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13
Bone. Apresiasi dari guru dengan memberikan reward kepada siswa
menimbulkan dan meningkatkan minat belajar dan rasa percaya diri pada siswa
untuk lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tentang
implementasi metode pemeberian reward dalam meningkatkan minat belajar
siswa pada pembelajaran PAI SMA Negeri 13 Bone Kabupaten Bone, maka
penulis dapat menyimpulkan:
1. Pelaksanaan metode pemberian reward dalam meningkatkan minat belajar
siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone telah berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya beberapa bentuk
pelaksanaannya, yaitu kata-kata pujian, isyarat pujian, pemberian waktu
khusus, hadiah berupa benda, dan penghargaan dalam bentuk pemberian
nilai tambah dan pemberian tugas khusus kepada siswa.
2. Minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone
melalui pelaksanaan metode pemberian reward, bisa dikatakan mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dibutikan karena siswa telah mengenal dan
senang/menyukai mata pelajaran PAI. Siswa SMA Negeri 13 Bone juga
penuh perhatian dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari mereka yang
fokus dan berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu
penunjang besarnya minat belajar siswa juga dipengaruhi oleh bahan
pelajaran dan sikap guru yang menarik.
3. Penerapan metode pemberian reward telah berkonstribusi meningkatkan
minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone.
Apresiasi dari guru dengan memberikan reward kepada siswa
menimbulkan dan meningkatkan minat belajar dan rasa percaya diri pada
siswa untuk lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneliti yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. K epada guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 13 Bone, hendaknya
tetap menerapkan bentuk-bentuk pelaksanaan metode pemberian reward
agar semakin banyak lagi siswa yang berminat dalam belajar terkhusus
pada pembelajaran PAI.
2. S etelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontsribusi
di dalam dunia pendidikan formal, informal., maupun nonformal.
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI SMA Negeri
13 Bone Kabupaten Bone”. Ada tiga sub yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
bentuk pelaksanaan metode pemberian reward pada pembelajaran PAI, minat
belajar siswa pada pembelajaran PAI, dan konstribusi metode pemberian reward
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 13
Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Adapun pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan padagogik dan pendekatan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; pelaksanaan metode
pemberian reward dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
PAI di SMA Negeri 13 Bone telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dengan adanya beberapa bentuk pelaksanaannya, yaitu kata-kata pujian, isyarat
pujian, pemberian waktu khusus, hadiah berupa benda, dan penghargaan dalam
bentuk pemberian nilai tambah dan pemberian tugas khusus kepada siswa.
Kedua; minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone
melalui pelaksanaan metode pemberian reward, bisa dikatakan mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dibutikan karena siswa telah mengenal dan
senang/menyukai mata pelajaran PAI. Siswa SMA Negeri 13 Bone juga penuh
perhatian dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari mereka yang fokus dan
berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu penunjang besarnya
minat belajar siswa juga dipengaruhi oleh bahan pelajaran dan sikap guru yang
menarik. Ketiga; penerapan metode pemberian reward telah berkonstribusi
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13
Bone. Apresiasi dari guru dengan memberikan reward kepada siswa
menimbulkan dan meningkatkan minat belajar dan rasa percaya diri pada siswa
untuk lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tentang
implementasi metode pemeberian reward dalam meningkatkan minat belajar
siswa pada pembelajaran PAI SMA Negeri 13 Bone Kabupaten Bone, maka
penulis dapat menyimpulkan:
1. Pelaksanaan metode pemberian reward dalam meningkatkan minat belajar
siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone telah berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya beberapa bentuk
pelaksanaannya, yaitu kata-kata pujian, isyarat pujian, pemberian waktu
khusus, hadiah berupa benda, dan penghargaan dalam bentuk pemberian
nilai tambah dan pemberian tugas khusus kepada siswa.
2. Minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone
melalui pelaksanaan metode pemberian reward, bisa dikatakan mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dibutikan karena siswa telah mengenal dan
senang/menyukai mata pelajaran PAI. Siswa SMA Negeri 13 Bone juga
penuh perhatian dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari mereka yang
fokus dan berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu
penunjang besarnya minat belajar siswa juga dipengaruhi oleh bahan
pelajaran dan sikap guru yang menarik.
3. Penerapan metode pemberian reward telah berkonstribusi meningkatkan
minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Bone.
Apresiasi dari guru dengan memberikan reward kepada siswa
menimbulkan dan meningkatkan minat belajar dan rasa percaya diri pada
siswa untuk lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneliti yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. K epada guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 13 Bone, hendaknya
tetap menerapkan bentuk-bentuk pelaksanaan metode pemberian reward
agar semakin banyak lagi siswa yang berminat dalam belajar terkhusus
pada pembelajaran PAI.
2. S etelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontsribusi
di dalam dunia pendidikan formal, informal., maupun nonformal.
Ketersediaan
| STAR20200342 | 342/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
342/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skrpsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
