Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaraan Kas pada Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Tsanawiyah (MTS) Yapit Taretta
Aulia Ramadani/622022020016 - Personal Name
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui program wajib belajar
9 tahun, pengelolaan dan pengendalian internal yang efektif terhadap penggunaan dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi sangat krusial. Pendanaan yang memadai
dan dikelola dengan baik sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Penelitian
ini berfokus pada evaluasi sistem informasi akuntansi yang digunakan dalam
pengelolaan dana BOS. Efektivitas sistem informasi akuntansi yang baik diharapkan
dapat mencegah penyalahgunaan, meningkatkan efesiensi pengeolaan, meningkatkan
efesiensi pengelolaan dan mendukung operasional sekolah secara optimal. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif yang didukung dengan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi
penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di Madrasah Tsanawiyah Yapit Taretta
telah berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil analisis penulis dapat dikatakan
efektif mengacu pada komponen pengendalian internal yang digunakan untuk
menentukan keefektivan pengendalian internal, terdapat empat komponen yang
terpenuhi yaitu pada lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, informasi dan
komunikasi, serta pemantauan. Sedangkan satu komponen yang belum terpenuhi yaitu
pada aktivitas pengendalian. Ketidaksesuaian aktivitas pengendalian terdapat pada
belum adanya pemisahan tugas yang menangani pencatatan, pengeluaran kas, sampai
dengan pembuatan laporan dana BOS di mana hal tersebut hanya dilakukan oleh
Bendahara.
A. Kesimpulan
Berdasarkan temuan dan pembahasan yang diuraikan, kesimpulan penelitian
adalah sebagai berikut:
1. Pelaksanaan Kerangka Data Pembukuan penerimaan kas aset BOS di
MTs Yapit Taretta telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari
penjelasan bahwa penerimaan uang dari cadangan BOS sesuai dengan
pedoman khusus BOS yang tertuang dalam Pengumuman Ketua Umum
Diklat Islam Nomor 6065 Tahun 2021 tentang Petunjuk Khusus Dewan
Penunjang Fungsional dan Pembantu Fungsional Sekolah. Madrasah
Tahun Anggaran 2023.
2. Pelaksanaan Kerangka Data Pembukuan pembayaran tunai aset BOS di
MTs Yapit Taretta telah berjalan dengan baik. Penjelasan penyaluran
dana BOS tunai tersebut sesuai dengan petunjuk teknis BOS dalam
Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6065 Tahun 2021 tentang
Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan dan
Bantuan Operasional Sekolah Madrasah Tahun Anggaran 2023. Tahun
menunjukkan hal ini.
3. Di MTs Yapit Taretta, Sistem Informasi Akuntansi penerimaan dan
pengeluaran kas BOS telah berjalan dengan baik. Komponen
pengendalian internal yang digunakan untuk mengetahui efektivitas
pengendalian internal dapat dikatakan efektif berdasarkan temuan analisis
penulis. Lingkungan pengendalian, penilaian risiko, informasi dan
komunikasi, dan pemantauan merupakan empat elemen yang dipenuhi.
Sedangkan aktivitas pengendalian merupakan salah satu komponen yang
belum terpenuhi. Ketika pencatatan, pencairan kas, dan bahkan
pembuatan laporan dana BOS hanya ditangani oleh Bendahara, maka
terdapat ketidaksesuaian antara aktivitas pengendalian.
B. Saran
Berdasarkan dari kesimpulan yang telah diuraikan sebelumnya maka
penelitian mengajukan saran sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
Peran seluruh pihak sekolah, termasuk tim BOS sekolah, Komite
Madrasah, dan Dewan Guru, tidak lepas dari peran seluruh pihak
sekolah dalam menerima dan menyalurkan dana BOS. Oleh karena itu,
manajemen sekolah harus menjalin komunikasi yang terbuka dan efektif
untuk memastikan penggunaan dana BOS dan penyusunan laporan
pertanggungjawaban sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan di
masa depan. serta menyempurnakan sistem pengendalian internal yang
baru diterapkan. sehingga organisasi sekolah, pegawai, dan guru akan
lebih cenderung menaati peraturan dalam pekerjaannya sehari-hari.
Selain itu, rotasi jabatan harus dilakukan secara berkala, khususnya
berdasarkan masa jabatan Kepala Madrasah, untuk menjaga
independensi manajemen sekolah dan mencegah terjadinya kecurangan.
2. Bagi Sekolah
Hal ini bertujuan agar kedepannya dapat dilakukan penelusuran secara
menyeluruh dengan fokus pada Sistem Informasi Akuntansi
pengumpulan dan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
pada dua sekolah yang berada dalam satu kota/kabupaten dan
menggunakan teknik alternatif.
9 tahun, pengelolaan dan pengendalian internal yang efektif terhadap penggunaan dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi sangat krusial. Pendanaan yang memadai
dan dikelola dengan baik sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Penelitian
ini berfokus pada evaluasi sistem informasi akuntansi yang digunakan dalam
pengelolaan dana BOS. Efektivitas sistem informasi akuntansi yang baik diharapkan
dapat mencegah penyalahgunaan, meningkatkan efesiensi pengeolaan, meningkatkan
efesiensi pengelolaan dan mendukung operasional sekolah secara optimal. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif yang didukung dengan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi
penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di Madrasah Tsanawiyah Yapit Taretta
telah berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil analisis penulis dapat dikatakan
efektif mengacu pada komponen pengendalian internal yang digunakan untuk
menentukan keefektivan pengendalian internal, terdapat empat komponen yang
terpenuhi yaitu pada lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, informasi dan
komunikasi, serta pemantauan. Sedangkan satu komponen yang belum terpenuhi yaitu
pada aktivitas pengendalian. Ketidaksesuaian aktivitas pengendalian terdapat pada
belum adanya pemisahan tugas yang menangani pencatatan, pengeluaran kas, sampai
dengan pembuatan laporan dana BOS di mana hal tersebut hanya dilakukan oleh
Bendahara.
A. Kesimpulan
Berdasarkan temuan dan pembahasan yang diuraikan, kesimpulan penelitian
adalah sebagai berikut:
1. Pelaksanaan Kerangka Data Pembukuan penerimaan kas aset BOS di
MTs Yapit Taretta telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari
penjelasan bahwa penerimaan uang dari cadangan BOS sesuai dengan
pedoman khusus BOS yang tertuang dalam Pengumuman Ketua Umum
Diklat Islam Nomor 6065 Tahun 2021 tentang Petunjuk Khusus Dewan
Penunjang Fungsional dan Pembantu Fungsional Sekolah. Madrasah
Tahun Anggaran 2023.
2. Pelaksanaan Kerangka Data Pembukuan pembayaran tunai aset BOS di
MTs Yapit Taretta telah berjalan dengan baik. Penjelasan penyaluran
dana BOS tunai tersebut sesuai dengan petunjuk teknis BOS dalam
Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6065 Tahun 2021 tentang
Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan dan
Bantuan Operasional Sekolah Madrasah Tahun Anggaran 2023. Tahun
menunjukkan hal ini.
3. Di MTs Yapit Taretta, Sistem Informasi Akuntansi penerimaan dan
pengeluaran kas BOS telah berjalan dengan baik. Komponen
pengendalian internal yang digunakan untuk mengetahui efektivitas
pengendalian internal dapat dikatakan efektif berdasarkan temuan analisis
penulis. Lingkungan pengendalian, penilaian risiko, informasi dan
komunikasi, dan pemantauan merupakan empat elemen yang dipenuhi.
Sedangkan aktivitas pengendalian merupakan salah satu komponen yang
belum terpenuhi. Ketika pencatatan, pencairan kas, dan bahkan
pembuatan laporan dana BOS hanya ditangani oleh Bendahara, maka
terdapat ketidaksesuaian antara aktivitas pengendalian.
B. Saran
Berdasarkan dari kesimpulan yang telah diuraikan sebelumnya maka
penelitian mengajukan saran sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
Peran seluruh pihak sekolah, termasuk tim BOS sekolah, Komite
Madrasah, dan Dewan Guru, tidak lepas dari peran seluruh pihak
sekolah dalam menerima dan menyalurkan dana BOS. Oleh karena itu,
manajemen sekolah harus menjalin komunikasi yang terbuka dan efektif
untuk memastikan penggunaan dana BOS dan penyusunan laporan
pertanggungjawaban sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan di
masa depan. serta menyempurnakan sistem pengendalian internal yang
baru diterapkan. sehingga organisasi sekolah, pegawai, dan guru akan
lebih cenderung menaati peraturan dalam pekerjaannya sehari-hari.
Selain itu, rotasi jabatan harus dilakukan secara berkala, khususnya
berdasarkan masa jabatan Kepala Madrasah, untuk menjaga
independensi manajemen sekolah dan mencegah terjadinya kecurangan.
2. Bagi Sekolah
Hal ini bertujuan agar kedepannya dapat dilakukan penelusuran secara
menyeluruh dengan fokus pada Sistem Informasi Akuntansi
pengumpulan dan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
pada dua sekolah yang berada dalam satu kota/kabupaten dan
menggunakan teknik alternatif.
Ketersediaan
| SFEBI20240058 | 58/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
58/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
