Pengaruh Literasi Akad Salam Terhadap Minat Beli Via E-Commerce (Studi Pada Generasi Z Kabupaten Bone)
Titiek Mutmainnah/612062020077 - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
Literasi Akad Salam terhadap Minat Beli Via E-commerce Studi Generasi Z
Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100
responden dan teknik pengumpulan data yang menggunakan skala likert.
Kuesioner dibagikan kepada responden secara online dan offline di lima kecamatan
yaitu Cina, Tellu Siattinge, Tenete Riattang, Tenete Riattang Timur, dan Tenete
Riattang Barat. Observasi, kuesioner, dan dokumentasi adalah beberapa metode yang
digunakan. Hipotesis ini dijawab dengan menggunakan teknik analisis regresi linier
sederhana. Hasil penelitian analisis data menunjukkan bahwa tingkat literasi akad
salam terhadap minat beli mempunyai koefisien regresi positif sebesar 0,632 yang
menunjukkan bahwa minat beli meningkat dengan adanya literasi akad salam. Nilai
signifikansi dibandingkan dengan tingkat kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa 0,00
lebih kecil dari 0,05. Hipotesis (H1) yang digunakan dalam penelitian ini diterima,
dan hipotesis nol (H0) ditolak. literasi akad salam memiliki dampak yang signifikan
terhadap keinginan untuk membeli barang via e-commerce pada pengujian
determinasi menunjukkan bahwa variabel X memberikan pengaruh sebesar 63,3%
terhadap minat beli, dan faktor-faktor tambahan sebesar 36,7,% dapat dipengaruhi
oleh faktor-faktor yang tidak dibahas atau disebutkan dalam penelitian ini.
A. Simpulan
Berdasakan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya, maka penulis berkesimpulan:
1. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefisien regresi adalah
0,632 dan nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa
H1 diterima, yang menunjukkan bahwa tingkat literasi akad salam secara parsial
berpengaruh terhadap minat beli.
2. Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebesar
0,633 menunjukkan bahwa bariabel literasi akad salam berpengaruh sebesar
63,3% terhadap minat beli dan 36,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga
pengaruh literasi akad salam cukup berpengaruh untuk meningkatkan minat beli
khususnya via-ecommerce .
B. Saran
Berdasarkan dari hasil kesimpulan di atas, tentang literasi akad salam
dan minat beli via e-commerce. maka disarankan sebagai berikut:
1. Peneliti diharapkan dapat memperbaiki model penelitian mereka dengan
menginkorporasikan teori-teori pendukung, memperluas variasi variabel
bebas yang digunakan, serta melakukan penelitian tambahan untuk
mendapatkan hasil yang lebih akurat. Penelitian berikutnya juga
diharapkan mampu meningkatkan jumlah responden agar lebih beragam,
serta menjaga keseimbangan jumlah responden di setiap kategori.
2. Diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk memiliki
literasi terkait akad salam dan literasi keuangan.
3. Diharapkan bahwa pemerintah memberikan inisiatif dan sarana untuk
meningkatkan literasi syariah.
4. Bank syariah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat
umum tentang penggunaan akad salam dalam transaksi e-commerce
melalui media elektronik dan media massa.
5. Penelitian ini menunjukkan bahwa literasi akad salam memengaruhi
minat beli dalam e-commerce. membuka ruang kepada LKS untuk
memaksimalkan penggunaan akad salam.
Literasi Akad Salam terhadap Minat Beli Via E-commerce Studi Generasi Z
Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100
responden dan teknik pengumpulan data yang menggunakan skala likert.
Kuesioner dibagikan kepada responden secara online dan offline di lima kecamatan
yaitu Cina, Tellu Siattinge, Tenete Riattang, Tenete Riattang Timur, dan Tenete
Riattang Barat. Observasi, kuesioner, dan dokumentasi adalah beberapa metode yang
digunakan. Hipotesis ini dijawab dengan menggunakan teknik analisis regresi linier
sederhana. Hasil penelitian analisis data menunjukkan bahwa tingkat literasi akad
salam terhadap minat beli mempunyai koefisien regresi positif sebesar 0,632 yang
menunjukkan bahwa minat beli meningkat dengan adanya literasi akad salam. Nilai
signifikansi dibandingkan dengan tingkat kesalahan 0,05 menunjukkan bahwa 0,00
lebih kecil dari 0,05. Hipotesis (H1) yang digunakan dalam penelitian ini diterima,
dan hipotesis nol (H0) ditolak. literasi akad salam memiliki dampak yang signifikan
terhadap keinginan untuk membeli barang via e-commerce pada pengujian
determinasi menunjukkan bahwa variabel X memberikan pengaruh sebesar 63,3%
terhadap minat beli, dan faktor-faktor tambahan sebesar 36,7,% dapat dipengaruhi
oleh faktor-faktor yang tidak dibahas atau disebutkan dalam penelitian ini.
A. Simpulan
Berdasakan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya, maka penulis berkesimpulan:
1. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefisien regresi adalah
0,632 dan nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa
H1 diterima, yang menunjukkan bahwa tingkat literasi akad salam secara parsial
berpengaruh terhadap minat beli.
2. Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebesar
0,633 menunjukkan bahwa bariabel literasi akad salam berpengaruh sebesar
63,3% terhadap minat beli dan 36,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga
pengaruh literasi akad salam cukup berpengaruh untuk meningkatkan minat beli
khususnya via-ecommerce .
B. Saran
Berdasarkan dari hasil kesimpulan di atas, tentang literasi akad salam
dan minat beli via e-commerce. maka disarankan sebagai berikut:
1. Peneliti diharapkan dapat memperbaiki model penelitian mereka dengan
menginkorporasikan teori-teori pendukung, memperluas variasi variabel
bebas yang digunakan, serta melakukan penelitian tambahan untuk
mendapatkan hasil yang lebih akurat. Penelitian berikutnya juga
diharapkan mampu meningkatkan jumlah responden agar lebih beragam,
serta menjaga keseimbangan jumlah responden di setiap kategori.
2. Diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk memiliki
literasi terkait akad salam dan literasi keuangan.
3. Diharapkan bahwa pemerintah memberikan inisiatif dan sarana untuk
meningkatkan literasi syariah.
4. Bank syariah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat
umum tentang penggunaan akad salam dalam transaksi e-commerce
melalui media elektronik dan media massa.
5. Penelitian ini menunjukkan bahwa literasi akad salam memengaruhi
minat beli dalam e-commerce. membuka ruang kepada LKS untuk
memaksimalkan penggunaan akad salam.
Ketersediaan
| SFEBI20240040 | 40/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
40/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
