Pengaruh Unique Value Proposition (UVP) Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Retensi Pelanggan (Studi Pada Pelanggan St Hijab Jalan Mt Haryono Kab. Bone)
Nirwana/602022020057 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Unique Value Proposition dan
kualitas pelayanan Islami terhadap retensi pelanggan pada Toko St Hijab
Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan
sampel sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data menggunakan angket
berupa skala likert yang dibagikan kepada responden secara daring. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi linear
berganda, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi (R²). Sebelum uji statistik
dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen penelitian berupa uji
reliabilitas, uji validitas, dan uji asumsi klasik berupa uji normalitas. Pengelolaan
data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 20. Berdasarkan hasil uji
regresi liner berganda diketahui nilai constant sebesar 1,141, sedangkan nilai
koefisien regresi Unique Value Proposition sebesar 0,596 dan kualitas pelayanan
islami sebesar 0,782, sehingga persamaan regresinya dapat ditulis: Y=1,141+
0,596X1+0,782X2. Hasil penelitian menunjukkan variabel Unique Value
Proposition (UVP) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
retensi pelanggan (T hitung 4,377 > T tabel 1,985). Variabel kualitas pelayanan islami
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan
(T hitung 5,224 > T tabel 1,985). Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Unique Value Proposition dan kualitas pelayanan Islami terhadap
Retensi pelanggan dengan nilai F hitung 67,974 > F tabel 3,09. Besarnya R Square (R²)
adalah 0,575 atau 57,5% dan selebihnya 42,5% dijelaskan oleh faktor lain secara
implisit yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait Pengaruh Unique Value
Proposition dan kualitas pelayanan Islami Terhadap retensi pelanggan pada toko
ST Hijab, menghasilkan beberapa kesimpulan yang didasarkan dari analisis.
Kesimpulan-kesimpulantersebut antara lain:
1. Variabel Unique Value Proposition secara parsial memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari
hasil uji hipotesis uji t, nilai t hitung sebesar 4, 377 t tabel sebesar 1,985 dan nilai
signifikansi 0,000. Sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (Sig. <
0,05) dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel ) maka dapat
disimpulkan bahwa
kualitas pelayanan Islami terhadap retensi pelanggan pada Toko St Hijab
Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan
sampel sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data menggunakan angket
berupa skala likert yang dibagikan kepada responden secara daring. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi linear
berganda, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi (R²). Sebelum uji statistik
dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen penelitian berupa uji
reliabilitas, uji validitas, dan uji asumsi klasik berupa uji normalitas. Pengelolaan
data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 20. Berdasarkan hasil uji
regresi liner berganda diketahui nilai constant sebesar 1,141, sedangkan nilai
koefisien regresi Unique Value Proposition sebesar 0,596 dan kualitas pelayanan
islami sebesar 0,782, sehingga persamaan regresinya dapat ditulis: Y=1,141+
0,596X1+0,782X2. Hasil penelitian menunjukkan variabel Unique Value
Proposition (UVP) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
retensi pelanggan (T hitung 4,377 > T tabel 1,985). Variabel kualitas pelayanan islami
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan
(T hitung 5,224 > T tabel 1,985). Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Unique Value Proposition dan kualitas pelayanan Islami terhadap
Retensi pelanggan dengan nilai F hitung 67,974 > F tabel 3,09. Besarnya R Square (R²)
adalah 0,575 atau 57,5% dan selebihnya 42,5% dijelaskan oleh faktor lain secara
implisit yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait Pengaruh Unique Value
Proposition dan kualitas pelayanan Islami Terhadap retensi pelanggan pada toko
ST Hijab, menghasilkan beberapa kesimpulan yang didasarkan dari analisis.
Kesimpulan-kesimpulantersebut antara lain:
1. Variabel Unique Value Proposition secara parsial memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari
hasil uji hipotesis uji t, nilai t hitung sebesar 4, 377 t tabel sebesar 1,985 dan nilai
signifikansi 0,000. Sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (Sig. <
0,05) dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel ) maka dapat
disimpulkan bahwa
Ketersediaan
| SFEBI20240037 | 37/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
37/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
