Pengaruh Financial Attitude, Gaya Hidup Islami Dan Financial Behavior Terhadap Personal Financial Management Pada Generasi Z (Studi Pada Komunitas Army Bone)
Riska/602022020039 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial attitude, gaya
hidup islami, dan financial behavior terhadap personal financial management generasi
Z khususnya pada komunitas ARMY Bone. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu financial attitude, gaya hidup islami, dan financial behavior sebagai variabel
independen, dan personal financial management variabel dependen. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data
primer dengan penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden komunitas ARMY
Bone. Teknik pengambilan sampel menggunakan software SPSS versi 25. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa (1) Financial attitude berpengaruh positif
dan signifikan terhadap personal financial management. (2) Gaya hidup islami
berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management. (3)
Financial behavior tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal
financial management. (4) Besarnya nilai koefisien determinas menjukkan variabel
financial attitude, gaya hidup islami, dan financial behavior memiliki pengaruh sebesar
62,9% sedangkan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
digunakan dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh financial attitude, gaya
hidup Islami, dan financial behavior terhadap personal financial management
gen Z (studi pada komunitas ARMY Bone ) dengan 100 responden maka
kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut:
1. Variabel financial attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap
personal financial management gen z pada komunitas ARMY Bone.
Berdasarkan hasil uji parsial t hitung sebesar 6,041 > t tabel 1,984 dan memiliki nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga variabel financial attitude mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management
karena nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05
serta nilai t hitung > t tabel.
2. Variabel gaya hidup Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap
personal financial management gen Z pada komunitas ARMY Bone.
Berdasarkan hasil uji parsial variabel gaya hidup Islami sebesar t hitung 3,224 >
t tabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa gaya
hidup Islami mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadao personal
financial management karena nilai signifikan yang diperoleh dari pengujian ini
lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 serta nilai t hitung > t tabel .
3. Variabel financial behavior tidak berpengaruh terhadap personal financial
management gen Z pada komunitas ARMY Bone . Berdasarkan hasil uji parsial
financial behavior memiliki nilai thitung 0,289 < ttabel 1,984 dan nilai
signifikan 0,773 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa financial behavior tidak
berpengaruh signifikan terhadap variabel personal financial management
karena nilai signifikan yang diperoleh dari pengujian ini lebih besar dari 0,05
dan nilai t hitung < t tabel.
4. Variabel financial attitude, gaya hidup Islami, dan financial behavior
berpengaruh secara simultan terhadap personal financial management gen Z
pada komunitas ARMY Bone Dengan hasil uji simultan nilai F hitung 57,037 >
F tabel 2,70 dengan nilai signifikan < 0,005. dengan nilai signifikan 0,000 <
0,005. Hal ini menunjukkan bahwa variabel financial attitude, gaya hidup
Islami, dan financial behavior berpengaruh secara simultan terhadap variabel
personal financial management. Besaran nilai R 2 0,629 atau 62,9%. Besarnya
nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa variabel independen
(financial attitude, gaya hidup Islami, dan financial behavior) terhadap variabel
dependen (personal financial management) sebesar 6,29% sedangkan sisanya
37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian
ini.
B. Implikasi
1. Pendidikan dan pengembangan sikap keuangan
Institusi pendidikan dan masyarakat dapat mengembangakan
program edukasi yang mendukung pembentukan sikap keuangan positif di
kalangan Generasi Z khususnya penggemar BTS. Hal ini dapat dilakukan
melalui penyuluhan atau seminar keuangan dan program yang mencakup
aspek pembelajaran perilaku keuangan.
2. Integrasi nilai-nilai Islam ke dalam manajemen keuangan
Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan gaya hidup Islami
terhadap pengelolaan keuagan individu, komunitas dan organisasi
keagamaan berperan penting dalam mengajarkan prinsip-prinsip keuangan
yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini mencakup pendidikan zakat,
wakaf, dan bazar barang bekas K-Pop yang bertujuan untuk mengurangi
konsumsi yang berlebihan dan dapat membantu Gen Z khususnya
penggemar BTS mengelola keuangannya lebih terorganisir dan sesuai
dengan nilai-nilai agama
3. Meningkatkan kesadaran akan perilaku konsumtif
Meskipun penelitian ini menunjukkan bahwa financial behavior
tidak memiliki pengaruh yang signifikan, penting untuk meningkatkan
kesadaran akan perilaku konsumtif dikalangan penggemar BTS.
Kampanye edukasi tentang cara mengatur pengeluaran untuk produk BTS
bisa sangat bermanfaat.
C. Saran
1. Bagi penggemar K-Pop (penggemar BTS)
Bagi penggemar BTS yang tertarik dengan merchandise atau
kegiatan terkait BTS sebagiknya tetap menjaga keseimbangan antara
mengidolakan dan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Sebelum
membeli merchandise, pertimbangkan apakah barang tersebut sesuai
dengan kebutuhan, kegunaan dan situasi keuangan saat ini. Hal ini penting
untuk dapat memenuhi kebutuha masa depan tanpa mengorbankan
stabilitas keuangan pribadi
2. Bagi peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih rinci dalam
menentukan responden dalam pengelolaan keuangan pribadi agar data
penelitian yang didapatkan lebih akurat hasilnya dan menyempurnakan
kekurangan dari hasil penelitian ini. Dan peneliti selanjutnya diharapkan
menggunkan variabel lain yang berperan dalam personal financial
management penggemar K-Pop khususnya penggemar BTS agar dapat
memperoleh hasil yang lebih dalam.
hidup islami, dan financial behavior terhadap personal financial management generasi
Z khususnya pada komunitas ARMY Bone. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu financial attitude, gaya hidup islami, dan financial behavior sebagai variabel
independen, dan personal financial management variabel dependen. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data
primer dengan penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden komunitas ARMY
Bone. Teknik pengambilan sampel menggunakan software SPSS versi 25. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa (1) Financial attitude berpengaruh positif
dan signifikan terhadap personal financial management. (2) Gaya hidup islami
berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management. (3)
Financial behavior tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal
financial management. (4) Besarnya nilai koefisien determinas menjukkan variabel
financial attitude, gaya hidup islami, dan financial behavior memiliki pengaruh sebesar
62,9% sedangkan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
digunakan dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh financial attitude, gaya
hidup Islami, dan financial behavior terhadap personal financial management
gen Z (studi pada komunitas ARMY Bone ) dengan 100 responden maka
kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut:
1. Variabel financial attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap
personal financial management gen z pada komunitas ARMY Bone.
Berdasarkan hasil uji parsial t hitung sebesar 6,041 > t tabel 1,984 dan memiliki nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga variabel financial attitude mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management
karena nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05
serta nilai t hitung > t tabel.
2. Variabel gaya hidup Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap
personal financial management gen Z pada komunitas ARMY Bone.
Berdasarkan hasil uji parsial variabel gaya hidup Islami sebesar t hitung 3,224 >
t tabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa gaya
hidup Islami mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadao personal
financial management karena nilai signifikan yang diperoleh dari pengujian ini
lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 serta nilai t hitung > t tabel .
3. Variabel financial behavior tidak berpengaruh terhadap personal financial
management gen Z pada komunitas ARMY Bone . Berdasarkan hasil uji parsial
financial behavior memiliki nilai thitung 0,289 < ttabel 1,984 dan nilai
signifikan 0,773 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa financial behavior tidak
berpengaruh signifikan terhadap variabel personal financial management
karena nilai signifikan yang diperoleh dari pengujian ini lebih besar dari 0,05
dan nilai t hitung < t tabel.
4. Variabel financial attitude, gaya hidup Islami, dan financial behavior
berpengaruh secara simultan terhadap personal financial management gen Z
pada komunitas ARMY Bone Dengan hasil uji simultan nilai F hitung 57,037 >
F tabel 2,70 dengan nilai signifikan < 0,005. dengan nilai signifikan 0,000 <
0,005. Hal ini menunjukkan bahwa variabel financial attitude, gaya hidup
Islami, dan financial behavior berpengaruh secara simultan terhadap variabel
personal financial management. Besaran nilai R 2 0,629 atau 62,9%. Besarnya
nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa variabel independen
(financial attitude, gaya hidup Islami, dan financial behavior) terhadap variabel
dependen (personal financial management) sebesar 6,29% sedangkan sisanya
37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian
ini.
B. Implikasi
1. Pendidikan dan pengembangan sikap keuangan
Institusi pendidikan dan masyarakat dapat mengembangakan
program edukasi yang mendukung pembentukan sikap keuangan positif di
kalangan Generasi Z khususnya penggemar BTS. Hal ini dapat dilakukan
melalui penyuluhan atau seminar keuangan dan program yang mencakup
aspek pembelajaran perilaku keuangan.
2. Integrasi nilai-nilai Islam ke dalam manajemen keuangan
Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan gaya hidup Islami
terhadap pengelolaan keuagan individu, komunitas dan organisasi
keagamaan berperan penting dalam mengajarkan prinsip-prinsip keuangan
yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini mencakup pendidikan zakat,
wakaf, dan bazar barang bekas K-Pop yang bertujuan untuk mengurangi
konsumsi yang berlebihan dan dapat membantu Gen Z khususnya
penggemar BTS mengelola keuangannya lebih terorganisir dan sesuai
dengan nilai-nilai agama
3. Meningkatkan kesadaran akan perilaku konsumtif
Meskipun penelitian ini menunjukkan bahwa financial behavior
tidak memiliki pengaruh yang signifikan, penting untuk meningkatkan
kesadaran akan perilaku konsumtif dikalangan penggemar BTS.
Kampanye edukasi tentang cara mengatur pengeluaran untuk produk BTS
bisa sangat bermanfaat.
C. Saran
1. Bagi penggemar K-Pop (penggemar BTS)
Bagi penggemar BTS yang tertarik dengan merchandise atau
kegiatan terkait BTS sebagiknya tetap menjaga keseimbangan antara
mengidolakan dan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Sebelum
membeli merchandise, pertimbangkan apakah barang tersebut sesuai
dengan kebutuhan, kegunaan dan situasi keuangan saat ini. Hal ini penting
untuk dapat memenuhi kebutuha masa depan tanpa mengorbankan
stabilitas keuangan pribadi
2. Bagi peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih rinci dalam
menentukan responden dalam pengelolaan keuangan pribadi agar data
penelitian yang didapatkan lebih akurat hasilnya dan menyempurnakan
kekurangan dari hasil penelitian ini. Dan peneliti selanjutnya diharapkan
menggunkan variabel lain yang berperan dalam personal financial
management penggemar K-Pop khususnya penggemar BTS agar dapat
memperoleh hasil yang lebih dalam.
Ketersediaan
| SFEBI20240034 | 34/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
34/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
