Analisis Perbandingan Segmentasi Pasar Pelanggan Ritel Tradisional Dan Modern Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Pelanggan di Kelurahan Manurungge)
smiranti Putri/602022020045 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis segmen pasar pelanggan ritel
tradisional dan modern dalam perspektif ekonomi syariah. Dalam beberapa
tahun terakhir, perkembangan ritel modern telah mengubah lanskap pasar di
sektor perdagangan. Namun, ritel tradisional tetap menjadi pilihan utama bagi
sebagian besar masyarakat, terutama yang beragama Islam yang menerapkan
prinsip-prinsip ekonomi syariah. Oleh karena itu, penting untuk memahami
perilaku dan preferensi pelanggan dalam konteks ini. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis segmen pelanggan dari ritel
tradisional dan modern yang mengutamakan prinsip ekonomi syariah. Data
primer dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pelanggan yang
berbelanja di kedua jenis toko. Data sekunder juga digunakan untuk
mendukung analisis. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-
faktor yang memengaruhi pilihan pelanggan, seperti kualitas produk, harga,
lokasi, layanan, dan kesesuaian dengan prinsip ekonomi syariah. Hasil analisis
akan mengidentifikasi pelanggan segmen yang paling berpotensi ke ritel
tradisional dan ritel modern dalam konteks ekonomi syariah. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi
pelanggan dalam konteks ekonomi syariah serta memberikan saran kepada
pemilik toko dan membahas tentang strategi pemasaran yang tepat untuk
melayani pelanggan pada segmen yang ditentukan. Diharapkan pula bahwa
hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangan bagi perkembangan ekonomi
syariah dan pengembangan sektor ritel yang berbasis prinsip-prinsip syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian dan analisis diatas, didapat hasil kesimpulan sebagai
berikut:
1. Perbandingan segmentasi pasar antara pelanggan ritel tradisional dan modern
mengungkap perbedaan dalam preferensi konsumen, pola belanja, dan motivasi
pembelian. Pelanggan ritel tradisional cenderung menekankan nilai-nilai
kebersamaan, kepercayaan, dan hubungan personal dalam transaksi, sementara
pelanggan retail modern lebih menonjolkan kemudahan, kenyamanan, dan
variasi produk.
2. Penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah pada pelanggan ritel tradisional dan
modern tercermin dalam pola pembelian, preferensi produk, dan metode
pembayaran yang dipilih. Meskipun demikian, para pelanggan ritel tradisional
maupun modern menghadapi hambatan dalam mengimplementasikan prinsip-
prinsip syariah tersebut. Contohnya dalam hal kesadaran dan edukasi. Dimana,
kurangnya kesadaran dan edukasi mengenai pentingnya ekonomi syariah di
kalangan para pelanggan baik itu dari ritel tradisional maupun modern dapat
menghambat penerapan prinsip-prinsip syariah. Selain itu, pemilik ritel
tradisional dan modern menghadapi tantangan dalam memberikan edukasi yang
efektif kepada pelanggan mereka mengenai manfaat dan pentingnya prinsip-
prinsip ekonomi syariah, terutama bagi mereka yang belum familiar dengan
konsep ini.
Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam
memahami segmentasi pasar pelanggan ritel tradisional dan modern dalam
perspektif ekonomi syariah, serta memberikan dasar bagi pengembangan strategi
pemasaran yang sesuai dengan nilai-nilai dan preferensi konsumen.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengemukakan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Ritel tradisiomal sebaiknya meningkatkan aspek kenyamanan dan kemudahan
bagi pelanggan sehingga pada nantinya akan menarik dan memperkuat daya
saing kedepannya.
2. Kurangnya kesadaran pelanggan akan pentingnya prinsip-prinsip syariah dan
minimnya fasilitasi edukasi dari pihak pemilik menjadi hambatan dari
penelitian ini. Olehnya itu, rekomendasi terbaik yang dapat peneliti berikan
yaitu sebaiknya pihak ritel tradisonal maupun ritel modern memberikan
kesadaran dan edukasi kepada para pelanggannya dengan memfasilitasi mereka
berupa pemajangan sebuah banner atau sejenisnya terkait dengan hal yang
menjadi ketidaktahuan dari pelanggan selama ini. Contohnya, memajang
banner atau sejenisnya terkait dengan donasi atas penegmbalian kelebihan uang
yang akan di donasikan oleh pelanggan melalui ritel tradisional atau modern
tersebut.
Dengan menyusun skripsi berdasarkan salah satu atau beberapa saran di atas,
penelitian akan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang
dinamika pasar dalam perspektif ekonomi syariah, serta memberikan kontribusi
yang berarti bagi pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
tradisional dan modern dalam perspektif ekonomi syariah. Dalam beberapa
tahun terakhir, perkembangan ritel modern telah mengubah lanskap pasar di
sektor perdagangan. Namun, ritel tradisional tetap menjadi pilihan utama bagi
sebagian besar masyarakat, terutama yang beragama Islam yang menerapkan
prinsip-prinsip ekonomi syariah. Oleh karena itu, penting untuk memahami
perilaku dan preferensi pelanggan dalam konteks ini. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis segmen pelanggan dari ritel
tradisional dan modern yang mengutamakan prinsip ekonomi syariah. Data
primer dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pelanggan yang
berbelanja di kedua jenis toko. Data sekunder juga digunakan untuk
mendukung analisis. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-
faktor yang memengaruhi pilihan pelanggan, seperti kualitas produk, harga,
lokasi, layanan, dan kesesuaian dengan prinsip ekonomi syariah. Hasil analisis
akan mengidentifikasi pelanggan segmen yang paling berpotensi ke ritel
tradisional dan ritel modern dalam konteks ekonomi syariah. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi
pelanggan dalam konteks ekonomi syariah serta memberikan saran kepada
pemilik toko dan membahas tentang strategi pemasaran yang tepat untuk
melayani pelanggan pada segmen yang ditentukan. Diharapkan pula bahwa
hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangan bagi perkembangan ekonomi
syariah dan pengembangan sektor ritel yang berbasis prinsip-prinsip syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian dan analisis diatas, didapat hasil kesimpulan sebagai
berikut:
1. Perbandingan segmentasi pasar antara pelanggan ritel tradisional dan modern
mengungkap perbedaan dalam preferensi konsumen, pola belanja, dan motivasi
pembelian. Pelanggan ritel tradisional cenderung menekankan nilai-nilai
kebersamaan, kepercayaan, dan hubungan personal dalam transaksi, sementara
pelanggan retail modern lebih menonjolkan kemudahan, kenyamanan, dan
variasi produk.
2. Penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah pada pelanggan ritel tradisional dan
modern tercermin dalam pola pembelian, preferensi produk, dan metode
pembayaran yang dipilih. Meskipun demikian, para pelanggan ritel tradisional
maupun modern menghadapi hambatan dalam mengimplementasikan prinsip-
prinsip syariah tersebut. Contohnya dalam hal kesadaran dan edukasi. Dimana,
kurangnya kesadaran dan edukasi mengenai pentingnya ekonomi syariah di
kalangan para pelanggan baik itu dari ritel tradisional maupun modern dapat
menghambat penerapan prinsip-prinsip syariah. Selain itu, pemilik ritel
tradisional dan modern menghadapi tantangan dalam memberikan edukasi yang
efektif kepada pelanggan mereka mengenai manfaat dan pentingnya prinsip-
prinsip ekonomi syariah, terutama bagi mereka yang belum familiar dengan
konsep ini.
Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam
memahami segmentasi pasar pelanggan ritel tradisional dan modern dalam
perspektif ekonomi syariah, serta memberikan dasar bagi pengembangan strategi
pemasaran yang sesuai dengan nilai-nilai dan preferensi konsumen.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengemukakan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Ritel tradisiomal sebaiknya meningkatkan aspek kenyamanan dan kemudahan
bagi pelanggan sehingga pada nantinya akan menarik dan memperkuat daya
saing kedepannya.
2. Kurangnya kesadaran pelanggan akan pentingnya prinsip-prinsip syariah dan
minimnya fasilitasi edukasi dari pihak pemilik menjadi hambatan dari
penelitian ini. Olehnya itu, rekomendasi terbaik yang dapat peneliti berikan
yaitu sebaiknya pihak ritel tradisonal maupun ritel modern memberikan
kesadaran dan edukasi kepada para pelanggannya dengan memfasilitasi mereka
berupa pemajangan sebuah banner atau sejenisnya terkait dengan hal yang
menjadi ketidaktahuan dari pelanggan selama ini. Contohnya, memajang
banner atau sejenisnya terkait dengan donasi atas penegmbalian kelebihan uang
yang akan di donasikan oleh pelanggan melalui ritel tradisional atau modern
tersebut.
Dengan menyusun skripsi berdasarkan salah satu atau beberapa saran di atas,
penelitian akan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang
dinamika pasar dalam perspektif ekonomi syariah, serta memberikan kontribusi
yang berarti bagi pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Ketersediaan
| SFEBI20240031 | 31/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
31/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
