Sapaan Penjual dalam Menarik Minat Para Pembeli Ditinjau dari Aspek Marketing Syariah (Studi pada Pasar Sentral Palakka Kabupaten Bone)

No image available for this title
Skripsi ini berjudul "Sapaan Penjual dalam Menarik Minat Beli Para Pembeli
Ditinjau dari Aspek Marketing Syariah (Studi pada Pasar Sentral Palakka, Kabupaten
Bone)". Penelitian ini berfokus pada model sapaan yang digunakan oleh para penjual
di Pasar Sentral Palakka dalam upaya menarik minat beli dari pembeli, dengan
meninjau dari aspek marketing syariah atau pemasaran yang sesuai dengan prinsip-
prinsip Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai
model sapaan yang digunakan penjual kepada pembeli serta mengevaluasi
kesesuaiannya dengan kaidah etika bisnis dalam Islam. Dengan menganalisis
kegiatan komunikasi pemasaran di pasar tradisional dari perspektif syariah, penelitian
ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam penerapan konsep pemasaran
yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer
yang diperoleh langsung dari subjek penelitian yaitu para penjual dan pembeli di
Pasar Sentral Palakka, serta data sekunder dari literatur terkait. Teknik pengumpulan
data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan secara
sistematis, faktual, dan akurat mengenai fenomena sapaan penjual dalam menarik
minat beli para pembeli di Pasar Sentral Palakka ditinjau dari aspek marketing
syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penjual menggunakan model
sapaan terbuka, tertutup, kedaerahan, dan diam. Mayoritas penjual cenderung
menggunakan sapaan terbuka untuk menggali kebutuhan pembeli guna menyesuaikan
penawaran produk serta menciptakan suasana akrab. Secara umum, model sapaan
yang diterapkan telah mencerminkan nilai-nilai inti pemasaran syariah seperti
kejujuran, keterbukaan, kesetaraan, dan etika pelayanan yang baik. Namun, aspek
keadilan dalam frekuensi menyapa semua pembeli masih perlu ditingkatkan.
Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang implementasi konsep pemasaran
syariah di pasar tradisional melalui analisis komunikasi pemasaran berbentuk sapaan
penjual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat
disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Model sapaan yang digunakan para penjual di Pasar Sentral Palakka dalam
rangka menarik minat pembeli cukup beragam, meliputi sapaan terbuka,
tertutup, kedaerahan, dan diam. Mayoritas menggunakan sapaan terbuka
karena lebih fleksibel dalam menggali informasi kebutuhan pembeli guna
menyesuaikan penawaran produk. Sapaan terbuka juga menciptakan suasana
interaksi yang lebih akrab.
2. Secara umum, pola sapaan dan interaksi antara penjual dan pembeli di Pasar
Sentral Palakka telah mencerminkan implementasi nilai-nilai inti dalam
konsep marketing syariah, seperti kejujuran, keterbukaan informasi,
kesetaraan, dan kualitas pelayanan yang baik. Namun, penerapan asas
keadilan dalam hal frekuensi sapaan ke semua pembeli masih perlu
ditingkatkan.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, berikut ini adalah saran yang diberikan:
1. Untuk meningkatkan efektivitas sapaan dalam menumbuhkan minat beli
pembeli, para penjual di Pasar Sentral Palakka perlu lebih sering dan
konsisten menerapkan model sapaan terbuka yang ramah dan bersifat
menggali informasi kebutuhan pembeli.
2. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melaksanakan penelitian
kuantitatif dengan jumlah responden yang lebih besar guna menguji secara
statistik pengaruh variabel sapaan penjual terhadap minat beli pembeli di
pasar tradisional.
3. Para pedagang di Pasar Sentral Palakka perlu meningkatkan kualitas dan
konsistensi implementasi nilai-nilai pemasaran syariah dalam praktik bisnis
sehari-hari, khususnya terkait frekuensi sapaan dan layanan kepada seluruh
pembeli agar lebih merata dan berkeadilan.
C. Implikasi
Hasil penelitian ini memiliki beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Model sapaan para penjual berimplikasi terhadap strategi pemasaran yang
efektif untuk meningkatkan minat dan loyalitas pembeli di pasar tradisional.
2. Hasil penelitian ini berimplikasi pada perumusan kebijakan dan program
peningkatan kualitas pemasaran syariah para pedagang di pasar tradisional,
terutama terkait sapaan dan layanan kepada pembeli.
Ketersediaan
SFEBI2024001717/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

17/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top