Pengaruh Persepsi Produk Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian Produk Tabungan Emas (Studi Pada Nasabah PT. Pegadaian Watampone)
Hasnawati/612062020069 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi produk dan tingkat harga
terhadap keputusan pada pembelian produk tabungan emas di PT. Pegadaian
Watampone.Tujuan dari penelitian ini agar pembaca mengetahui seberapa besar
pengaruh persepsi produk serta tingkat harga terhadap keputusan nasabah ketika
hendak melakukan pembelian tabungan emas. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah
melakukan penelitian yaitu tidak terdapat pengaruh persepsi produk terhadap
keputusan pada pembelian tabungan emas dengan perolehan analisis data sebesar
0,063 > 0,05. Sedangkan pada tingkat haga memiliki pengaruh yang sangat signifikan
terhadap keputusan pada pembelian produk tabungan emas di pegadaian Watampone
dengan perolehan analisis data sebesar 0,000 < 0, 05. Jika dilihat dari seberapa kuat
pengaruh yang diberikan maka diperoleh data 0,349 atau 34,9% dan sisanya yakni
65,1% dipengaruhi faktor lain.
A. Kesimpulan
Berdasakan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan
bahwa:
1. Persepsi produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pada
pembelian produk tabungan emas di PT.Pegadaian Watampone. Dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,063 > 0,05 dan diperoleh juga nilai t hitung <
t tabel sebesar 1,880 < 1,985. Dalam artian persepsi produk tidak berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas.
2. Tingkat harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pada
pembelian produk tabungan emas di PT.Pegadaian Watampone. Dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh juga nilai t hitung >
t tabel sebesar 6,325 > 1,985. . Dalam artian bahwa tingkat harga berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas.
3. Persepsi produk dan tingkat harga berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pada pembelian produk tabungan emas di P.T Pegadaian
Watampone. Dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
juga nilai F hitung > F tabel sebesar 26,759 > 3,098. Dalam artian bahwa Persepsi
produk dan tingkat harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap
keputusan pada pembelian produk tabungan emas.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian masih banyak kekurangan maupun
kesalahan yang telah dilakukan oleh peneliti untuk itu saran yang bisa di berikan:
1. Bagi PT.Pegadaian Watampone, dari hasil meneliti di kantor Pegadaian
Watampone membuktikan bahwa variabel persepsi produk tidak berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas tetapi variabel tingkat
harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pada pembelian tabungan
emas. Untuk itu pihak pegadaian perlu meningkatkan literasi tabungan emas
pada nasabah dan lebih memperhatikan tingkat harga emas. Sehingga bisa
meningkatkan keputusan pembelian pada produk tabungan emas dan
menambah laba bagi PT. Pegadaian Watampone.
2. Bagi peneliti berikutnya, lebih mengamati variabel-variabel lain yang bisa
mempengaruhi kepurtusan seseorang untuk membeli produk tabungan emas
karena selain dari varibel ini tentunya ada faktor lain yang bisa saja membuat
seseorang membeli tabungan emas di PT.Pegadaian.
terhadap keputusan pada pembelian produk tabungan emas di PT. Pegadaian
Watampone.Tujuan dari penelitian ini agar pembaca mengetahui seberapa besar
pengaruh persepsi produk serta tingkat harga terhadap keputusan nasabah ketika
hendak melakukan pembelian tabungan emas. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah
melakukan penelitian yaitu tidak terdapat pengaruh persepsi produk terhadap
keputusan pada pembelian tabungan emas dengan perolehan analisis data sebesar
0,063 > 0,05. Sedangkan pada tingkat haga memiliki pengaruh yang sangat signifikan
terhadap keputusan pada pembelian produk tabungan emas di pegadaian Watampone
dengan perolehan analisis data sebesar 0,000 < 0, 05. Jika dilihat dari seberapa kuat
pengaruh yang diberikan maka diperoleh data 0,349 atau 34,9% dan sisanya yakni
65,1% dipengaruhi faktor lain.
A. Kesimpulan
Berdasakan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan
bahwa:
1. Persepsi produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pada
pembelian produk tabungan emas di PT.Pegadaian Watampone. Dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,063 > 0,05 dan diperoleh juga nilai t hitung <
t tabel sebesar 1,880 < 1,985. Dalam artian persepsi produk tidak berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas.
2. Tingkat harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pada
pembelian produk tabungan emas di PT.Pegadaian Watampone. Dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh juga nilai t hitung >
t tabel sebesar 6,325 > 1,985. . Dalam artian bahwa tingkat harga berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas.
3. Persepsi produk dan tingkat harga berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pada pembelian produk tabungan emas di P.T Pegadaian
Watampone. Dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
juga nilai F hitung > F tabel sebesar 26,759 > 3,098. Dalam artian bahwa Persepsi
produk dan tingkat harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap
keputusan pada pembelian produk tabungan emas.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian masih banyak kekurangan maupun
kesalahan yang telah dilakukan oleh peneliti untuk itu saran yang bisa di berikan:
1. Bagi PT.Pegadaian Watampone, dari hasil meneliti di kantor Pegadaian
Watampone membuktikan bahwa variabel persepsi produk tidak berpengaruh
terhadap keputusan pada pembelian tabungan emas tetapi variabel tingkat
harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pada pembelian tabungan
emas. Untuk itu pihak pegadaian perlu meningkatkan literasi tabungan emas
pada nasabah dan lebih memperhatikan tingkat harga emas. Sehingga bisa
meningkatkan keputusan pembelian pada produk tabungan emas dan
menambah laba bagi PT. Pegadaian Watampone.
2. Bagi peneliti berikutnya, lebih mengamati variabel-variabel lain yang bisa
mempengaruhi kepurtusan seseorang untuk membeli produk tabungan emas
karena selain dari varibel ini tentunya ada faktor lain yang bisa saja membuat
seseorang membeli tabungan emas di PT.Pegadaian.
Ketersediaan
| SFEBI20240010 | 10/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
10/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
