Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Pembentukan KarakterSiswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas III MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone
Muh.Asri Senawing/862322021040 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share terhadap Pembentukan KarakterSiswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas
III MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
terhadap pembentukan karakter siswa pada pelajaran SKI Kelas III MI Nurul
Imam Cilellang Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah penelitian pra-
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui kuesioner terhadap 15 siswa kelas III, dengan analisis menggunakan uji
normalitas dan korelasi melalui perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, model Think Pair Shareberpengaruh
dalam membentuk karakter siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga
dalam aspek sosial dan emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu
meningkatkan keterampilan sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral
dan religius yang penting dalam pendidikan di tingkat MI.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan di dalam penelitian ini, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa model Think Pair Share berpengaruh dalam membentuk karakter
siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga dalam aspek sosial dan
emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu meningkatkan keterampilan
sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral dan religius yang penting dalam
pendidikan di tingkat MI.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan untuk mencoba berbagai model mengajar dalam
pembelajaran SKI, termasuk menerapkan model Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
2. Bagi kepala sekolah sebagai informasi dalam pembina personil guru dalam
memberikan sumbangan yang positif untuk perbaikan proses pembelajaran.
3. Penelitian ini hanya meneliti hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
dan pembelajaran konvensional. Untuk itu, disarankan pada peneliti selanjutnya
untuk meneliti aspek-aspek lainnya.
Bagi peneliti yang lain diharapkan mengadakan penelitian lanjutan, untuk dapat
dicobakan dengan meteri-materi lain yang dirasakan cocok untuk diajarkan
dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).
Pair Share terhadap Pembentukan KarakterSiswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas
III MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
terhadap pembentukan karakter siswa pada pelajaran SKI Kelas III MI Nurul
Imam Cilellang Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah penelitian pra-
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui kuesioner terhadap 15 siswa kelas III, dengan analisis menggunakan uji
normalitas dan korelasi melalui perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, model Think Pair Shareberpengaruh
dalam membentuk karakter siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga
dalam aspek sosial dan emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu
meningkatkan keterampilan sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral
dan religius yang penting dalam pendidikan di tingkat MI.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan di dalam penelitian ini, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa model Think Pair Share berpengaruh dalam membentuk karakter
siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga dalam aspek sosial dan
emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu meningkatkan keterampilan
sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral dan religius yang penting dalam
pendidikan di tingkat MI.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan untuk mencoba berbagai model mengajar dalam
pembelajaran SKI, termasuk menerapkan model Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
2. Bagi kepala sekolah sebagai informasi dalam pembina personil guru dalam
memberikan sumbangan yang positif untuk perbaikan proses pembelajaran.
3. Penelitian ini hanya meneliti hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
dan pembelajaran konvensional. Untuk itu, disarankan pada peneliti selanjutnya
untuk meneliti aspek-aspek lainnya.
Bagi peneliti yang lain diharapkan mengadakan penelitian lanjutan, untuk dapat
dicobakan dengan meteri-materi lain yang dirasakan cocok untuk diajarkan
dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).
Ketersediaan
| STAR20250323 | 323/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
323/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
