Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Pembentukan KarakterSiswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas III MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini berjudul Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share terhadap Pembentukan KarakterSiswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas
III MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
terhadap pembentukan karakter siswa pada pelajaran SKI Kelas III MI Nurul
Imam Cilellang Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah penelitian pra-
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui kuesioner terhadap 15 siswa kelas III, dengan analisis menggunakan uji
normalitas dan korelasi melalui perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, model Think Pair Shareberpengaruh
dalam membentuk karakter siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga
dalam aspek sosial dan emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu
meningkatkan keterampilan sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral
dan religius yang penting dalam pendidikan di tingkat MI.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan di dalam penelitian ini, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa model Think Pair Share berpengaruh dalam membentuk karakter
siswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga dalam aspek sosial dan
emosional. Pembelajaran yang kolaboratif ini mampu meningkatkan keterampilan
sosial siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai moral dan religius yang penting dalam
pendidikan di tingkat MI.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan untuk mencoba berbagai model mengajar dalam
pembelajaran SKI, termasuk menerapkan model Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
2. Bagi kepala sekolah sebagai informasi dalam pembina personil guru dalam
memberikan sumbangan yang positif untuk perbaikan proses pembelajaran.
3. Penelitian ini hanya meneliti hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
dan pembelajaran konvensional. Untuk itu, disarankan pada peneliti selanjutnya
untuk meneliti aspek-aspek lainnya.
Bagi peneliti yang lain diharapkan mengadakan penelitian lanjutan, untuk dapat
dicobakan dengan meteri-materi lain yang dirasakan cocok untuk diajarkan
dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).
Ketersediaan
STAR20250323323/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

323/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top