Analisis Kompetensi Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MTsN 2 Bulukumba.

No image available for this title
Tesis ini membahas tentang Analisis Kompetensi peserta Didik dalam
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MTsN 2 Bulukumba. Tujuan penelitian
ini yaitu pertama untuk mengetahui tingkat kompetensi peserta didik di MTsN 2
Bulukumba. Kedua untuk mengetahui perwujudan profil pelajar pancasila di
MTsN 2 Bulukumba. Ketiga untuk mengkaji kompetensi peserta didik dalam
mewujudkan pelajar yang berprofil pancasila.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang menggunakan
pendekatan Pendidikan Agama Islam dan pendekatan Sosiologi dengan
pengolahan data diawali dengan deks- review, observasi dan wawancara, data dan
sumber data dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik dan siswa MTsN 2
Bulukumba dengan analisis menggunakan metode induktif dan deduktif.
Adapun hasil temuan riset ini menunjukkan bahwa: Pertama, tingkat
kompentesi peserta didik yaitu memiliki karakter 4 C yang merupakan salah satu
indikator penerapan kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar
pancasial di MTsN 2 Bulukumba. Kedua, Kompetensi peserta didik untuk
mewujudkan profil pancasila melalui usaha pendidik dalam memberikan
pemahaman dan pelatihan kepada peserta didik terhadap nilai-nilai pancasila yang
memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan profil pelajar pancasila
dengan mencerminkan nilai-nilai pancasila bercirikan sebagai peserta didik yang
memiliki toleransi, semangat gotong royong, dan semangat kebangsaan. Ketiga
hasil penelitian ini menemukan bahwa melalui analisis kompetensi peserta didik
dalam mewujudkan profil Pancasila, maka dilaksanakan penguatan ruang
kolaborasi antar stekholder agar dapat semakin memperkuat identitas nasional dan
karakter bangsa dan untuk mewujudkan kompentensi peserta didik maka dapat
dilaksanakan beberapa poin berikut: a) Meningkatkan kompentesi peserta didik
melaui kegiatan P5PPRA, b) Memberikan pemahaman nilai moral , c)
Mengajarkan Nilai-nilai pancasila dalam Aktivitasnya, d) dan Melakukan
Pemberdayaan Karakter. Dengan demikian ciri khas pelajar yang berprofil
pancasila tanpak dalam diri peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam tesis yaitu sebagai berikut:
1. Kompetensi peserta didik untuk mewujudkan profil pancasila melalui usaha
pendidik dalam memberikan pemahaman dan pelatihan kepada peserta didik
terhadap nilai-nilai pancasila yang memiliki peran krusial dalam membentuk
karakter dan profil pelajar pancasila. Dengan demikian, sikap peserta didik
mampu untuk mencerminkan nilai-nilai pancasila dengan bercirikan peserta
didik yang memiliki toleransi, semangat gotong royong, dan semangat
kebangsaan. Peserta didik yang memiliki pemahaman yang mendalam
cenderung menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila, yang pada
gilirannya mempengaruhi implementasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Melalui analisis kompetensi peserta didik dalam mewujudkan profil Pancasila,
maka dilaksanakan penguatan ruang kelaborasi antar stekholder agar dapat
semakin memperkuat identitas nasional dan karakter bangsa. Dan untuk
mewujudkan kompentensi peserta didik maka dapat dilaksanakan beberapa
poin berikut: a) Meningkatkan kompentesi peserta didik melaui kegiatan P5,
b) Memberikan pemahaman nilai moral , c) Mengajarkan Nilai-nilai pancasila
dalam Aktivitasnya, d) dan Melakukan Pemberdayaan Karakter. Dengan
demikian ciri khas pelajar yang berprofil pancasila tanpa dalam diri peserta
didik.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka implikasinya sebagai berikut:
1. Mengoptimalisasikan program Profil Pelajar Pancasila melalui penguatan
pendekatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif peserta didik,
2. Peningkatan peran pendidik dalam mendukung pemahaman dan
implementasi nilai-nilai Pancasila, serta perluasan kolaborasi dengan
keluarga dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang
mendukung.
Ketersediaan
86108202202627/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

27/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Tesis PAI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top