Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda Padat Kelas IV SD Inpres 12/79 Bulu Tempe Kab. Bone
Nurazizah/862322021016 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas penerapan
model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman siswa kelas IV SD
Inpres 12/79 Bulu Tempe Kabupaten Bone terhadap materi perubahan wujud benda
padat
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain penelitian one group pre-test pos-tes. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SD Inpres 12/79 Bulu Tempe
Kabupaten Bone 33 orang siswa dan menjadi sampel yaitu semua dari populasi
dengan menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrument penelitian menggunakan
Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan Teknik analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji
normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, model pembelajaran berbasis proyek
efektif untuk meningkatkan pemahaman perubahan wujud benda padat pada siswa
kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis
uji uji-t dengan menggunakan rumus diperoleh uji-t yaitu thitung (7,8) ˃ ttabel (1,7)
dengan
model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman siswa kelas IV SD
Inpres 12/79 Bulu Tempe Kabupaten Bone terhadap materi perubahan wujud benda
padat
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain penelitian one group pre-test pos-tes. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SD Inpres 12/79 Bulu Tempe
Kabupaten Bone 33 orang siswa dan menjadi sampel yaitu semua dari populasi
dengan menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrument penelitian menggunakan
Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan Teknik analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji
normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, model pembelajaran berbasis proyek
efektif untuk meningkatkan pemahaman perubahan wujud benda padat pada siswa
kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis
uji uji-t dengan menggunakan rumus diperoleh uji-t yaitu thitung (7,8) ˃ ttabel (1,7)
dengan
Ketersediaan
| STAR20250316 | 316/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
316/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
