Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas dalam Upaya Menarik Minat Nasabah (Studi Pada Pegadaian Syariah Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana strategi pemasaran produk
tabungan emas dalam upaya menarik minat nasabah (studi pada pegadaian syariah
bone)”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang
diperlukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran produk tabungan
emas yang diterapkan Pegadaian Syariah Bone yaitu menggunakan promosi
penjualan (advertising) melalui media sosial, dan promosi penjualan pribadi
(personal selling) yaitu melakukan promosi kepada lingkungan terdekat (keluarga
dan teman). Namun penerapan strategi tersebut kurang optimal, sehingga kurang
mampu menarik minat nasabah terhadap produk tabungan emas. Minat nasabah pada
produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Bone bervariasi, tergantung pada
preferensi dan kebutuhan nasabah. Beberapa nasabah yang berminat karena tabungan
emas sebagai investasi yang stabil, aman, liquid, tahan inflasi, biaya yang terjangkau,
tidak terpengaruh oleh suku bunga. Namun sebagian besar nasabah menyatakan tidak
berminat disebabkan oleh situasi keuangan individu dan nilai estetika. Strategi
pemasaran produk tabungan emas yang dilakukan Pegadaian Syariah Bone untuk
menarik minat nasabah yaitu menggunakan strategi promosi, cross selling dan up
selling. Dengan strategi tersebut mampu meningkatkan minat nasabah terhadap
produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang telah dilakukan pada
Pegadaian Syariah Bone, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Strategi pemasaran produk tabungan emas yang diterapkan Pegadaian Syariah
Bone yaitu menggunakan promosi penjualan (advertising) melalui media
sosial, dan promosi penjualan pribadi (personal selling) yaitu melakukan
promosi kepada lingkungan terdekat (keluarga dan teman). Namun penerapan
strategi tersebut kurang optimal, sehingga kurang mampu menarik minat
nasabah terhadap produk tabungan emas.
2. Minat nasabah pada produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Bone
bervariasi, tergantung pada preferensi dan kebutuhan nasabah. Beberapa
nasabah yang berminat karena tabungan emas sebagai investasi yang stabil,
aman, liquid, tahan inflasi, biaya yang terjangkau, tidak terpengaruh oleh suku
bunga. Namun sebagian besar nasabah menyatakan tidak berminat disebabkan
oleh situasi keuangan individu dan nilai estetika.
3. Strategi pemasaran produk tabungan emas yang dilakukan Pegadaian Syariah
Bone untuk menarik minat nasabah yaitu menggunakan strategi promosi, cross
selling dan up selling. Dengan strategi tersebut mampu meningkatkan minat
nasabah terhadap produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Bone.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan, maka adapun saran-saran
yang diberikan sehubungan dengan hasil kesimpulan ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Pegadaian Syariah Bone
Sebaiknya Pegadaian Syariah Bone lebih mengembangkan inovasi
pada strategi pemasarannya, baik dalam promosi maupun sosialisasi. Dengan
melakukan promosi yang lebih efektif dan efisien, Pegadaian dapat menarik
lebih banyak nasabah yang berminat dengan tabungan emas, sehingga
Pegadaian Syariah Bone mampu mencapai target yang diinginkan.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya yang akan mengambil topik yang sama,
diharapkan bisa menambah variabel penelitian ataupun mengganti variabel
penelitian yang telah ada menjadi variabel yang berbeda.
C. Implikasi
Dengan adanya penelitian ini dapat dikemukakan implikasi yang akan
berdampak baik terhadap Pegadaian Syariah Bone karena dengan strategi
pemasaran yang efektif dapat meningkatkan jumlah nasabah yang tertarik pada
investasi emas. Selain itu, dapat menciptakan kesadaran yang lebih baik terhadap
keuntungan tabungan emas, memperkuat citra merek Pegadaian, dan mendorong
partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola keuangan mereka melalui investasi
emas.
Ketersediaan
SFEBI2024000606/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

06/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top