Efektivitas Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Tunggal Siswa Kelas II MIN 8 Bone
Nur Hikma/862322021020 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran
Langsung (Direct Intruction) Terhadap kemampuan Menulis Kalimat
Tunggal Siswa Kelas II MIN 8 Bone. Metode yang digunakan adalah
eksperimen dengan desain Pretest-posttest kontrol group. Sampel
penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen (20 siswa) dan
kelas kontrol (20 siswa), yang dipilih secara acak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar
38,05 dan meningkat menjadi 71,25 pada posttest, dengan skor maksimum
mencapai 100 dan skor minimum 50. Uji hipotesis menggunakan Pairet
Sampel T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 ttabel =
2.093yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan model
pembelajaran langsung (Direct Intruction) berpengaruh terhadap kemampuan
menulis kalimat tunggal. Penggunaan model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) efektif terhadap kemampuan menulis kalimat tunggal siswa kelas II
MIN 8 Bone yang berdasarkan nilai rata- rata N-gain Score sebesar 72,2381.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka disarankan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membuat kalimat tunggal
siswa membutuhkan kosa kata dengan mengetahui banyak kosa kata siswa
dapat membuat kalimat tunggal dengan baik dan benar.
2. Bagi Guru
1) Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam
pembelajaran.
2) Bagi guru di sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai
bahan pertimbangan alternatif model pembelajaran dalam materi pembelajaran
bahasa Indonesia untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam meneliskan
kalimat tunggal siswa sehingga mutu pembelajaran bahasa Indonesia
meningkat.
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI).
Langsung (Direct Intruction) Terhadap kemampuan Menulis Kalimat
Tunggal Siswa Kelas II MIN 8 Bone. Metode yang digunakan adalah
eksperimen dengan desain Pretest-posttest kontrol group. Sampel
penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen (20 siswa) dan
kelas kontrol (20 siswa), yang dipilih secara acak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar
38,05 dan meningkat menjadi 71,25 pada posttest, dengan skor maksimum
mencapai 100 dan skor minimum 50. Uji hipotesis menggunakan Pairet
Sampel T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 ttabel =
2.093yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan model
pembelajaran langsung (Direct Intruction) berpengaruh terhadap kemampuan
menulis kalimat tunggal. Penggunaan model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) efektif terhadap kemampuan menulis kalimat tunggal siswa kelas II
MIN 8 Bone yang berdasarkan nilai rata- rata N-gain Score sebesar 72,2381.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka disarankan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membuat kalimat tunggal
siswa membutuhkan kosa kata dengan mengetahui banyak kosa kata siswa
dapat membuat kalimat tunggal dengan baik dan benar.
2. Bagi Guru
1) Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam
pembelajaran.
2) Bagi guru di sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai
bahan pertimbangan alternatif model pembelajaran dalam materi pembelajaran
bahasa Indonesia untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam meneliskan
kalimat tunggal siswa sehingga mutu pembelajaran bahasa Indonesia
meningkat.
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang model pembelajaran langsung (Direct
Intruction) dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI).
Ketersediaan
| STAR20250228 | 228/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
228/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
