Efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran IPA di MIN 1 Bone
Fatima Azzahra/862322021004 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran peer
teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran
IPA di MIN 1 Bone.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif
dengan metode yang dipilih peneliti adalah penelitian Pre-Experimental dengan
bentuk desainone-group pretestpostest design.Populasi dalam penelitian ini adalah
34 siswa dengan jumlah sampel 17 siswa. Hasil data yang diperoleh selama
penelitian menunjukkan bahwa model peer teaching dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas V mata Pelajaran IPA di MIN 1 Bone.
Berdasarkan dari hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre-test dan post-test
dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,001< 0,05 maka H0 ditolak dan
H1 diterima, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,001. yang berarti
terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model peer teaching efektif dalam peningkatan pemahaman konsep
siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas model peer
teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran
IPA di MIN 1 Bone, maka dapat disimpulkan :
1. Pemahaman konsep siswa sebelum penerapan peer teaching dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
28,3529 ; 11,27456 ; 0%.
2. Pemahaman konsep siswa setelah penerapan peer teaching dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
86,42; 3,841; 100%.
3. Efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas V MIN 1 Bone. hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil uji Paired sample t-Test pemahaman konsep siswa
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu <
0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan
hasil perhitungan N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata siswa
eksperimen yang mendapatkan perlakuan model peer teaching adalah
sebesar 80 termasuk dalam kategori efektif. Sehingga pembelajaran IPA
dengan penerapan model pembelajaran peer teaching efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1) Bagi guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran peer
teaching dalam proses belajar mengajar dalam meningkatkan pemahaman
konsep siswa.
2) Hendaknya guru memperkenalkan model pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensial.
3) Bagi peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai motivasi
dalam mengajar agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih
bervariasi dan melahirkan dasar tulisan yang lebih baik dan lengkap untuk
pengembangan penelitian selanjutnya.
teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran
IPA di MIN 1 Bone.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif
dengan metode yang dipilih peneliti adalah penelitian Pre-Experimental dengan
bentuk desainone-group pretestpostest design.Populasi dalam penelitian ini adalah
34 siswa dengan jumlah sampel 17 siswa. Hasil data yang diperoleh selama
penelitian menunjukkan bahwa model peer teaching dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas V mata Pelajaran IPA di MIN 1 Bone.
Berdasarkan dari hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre-test dan post-test
dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,001< 0,05 maka H0 ditolak dan
H1 diterima, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,001. yang berarti
terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model peer teaching efektif dalam peningkatan pemahaman konsep
siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas model peer
teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V mata pelajaran
IPA di MIN 1 Bone, maka dapat disimpulkan :
1. Pemahaman konsep siswa sebelum penerapan peer teaching dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
28,3529 ; 11,27456 ; 0%.
2. Pemahaman konsep siswa setelah penerapan peer teaching dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
86,42; 3,841; 100%.
3. Efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas V MIN 1 Bone. hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil uji Paired sample t-Test pemahaman konsep siswa
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu <
0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan
hasil perhitungan N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata siswa
eksperimen yang mendapatkan perlakuan model peer teaching adalah
sebesar 80 termasuk dalam kategori efektif. Sehingga pembelajaran IPA
dengan penerapan model pembelajaran peer teaching efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1) Bagi guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran peer
teaching dalam proses belajar mengajar dalam meningkatkan pemahaman
konsep siswa.
2) Hendaknya guru memperkenalkan model pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensial.
3) Bagi peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai motivasi
dalam mengajar agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih
bervariasi dan melahirkan dasar tulisan yang lebih baik dan lengkap untuk
pengembangan penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20250311 | 311/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
311/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
