Efektivitas Model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone
Meldayanti/862322021009 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Inside Outside
Circle (IOC) menggunakan pendekatan pedagogik dalam peningkatan hasil
belajar siswa MI Nurul Imam Cilellang. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
terkait hasil belajar Siswa cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran karna
pada saat proses pembelajaran guru hanya memberikan catatan materi di buku
paket dan setelah itu siswa menyalin di buku tulisnya masing-masing.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One group pretest-
postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar test
peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi
mengubah bentuk energi listrik dengan menggunakan lembar penilaian sesuai
dengan kisi-kisi instrumen. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui Statiscal Package Sosial Science (SPSS) versi
27 untuk mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest – postest,
uji- normalitas, uji hipotesis dan uji efektivitas. Penelitian ini dilakukan di kelas
IV MI Nurul Imam Cilellang, dengan sampel kelas IV sebanyak 14 siswa.
Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa model Inside Outside
Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil uji
sampel t-test pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikan)
2-tailed 0,01 ˂ 0,05 maka HΟ ditolak dan H1 diterima, karena nilai signifikan
yang diperoleh adalah 0,01
Kata Kunci: Model In
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
model Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten
Bone hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata Pretest mencapai 28,
sehingga hasil tersebut tergolong minim. Sedangkan, nilai rata-rata
Postest mencapai 85,07 dikatakan meningkat. Untuk melihat Efektivitas
model Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten
Bone hal ini dapat dilihat dari Uji N-Gain Score menggunakan SPSS
Versi 27 pada skor pretest dan postest hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA materi mengubah bentuk energi listrik, dapat diketahui
nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 79,77 yang artinya bahwa dalam
penelitian terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA
kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone dapat dikatakan
efektif.
B. Saran
Adapun saran-saran penulis adalah sebagai berikut:
1. Bagi Guru
Guru diharapkan dapat menerapkan model Inside Outside
Circle (IOC) dalam kegiatan pembelajaran dengan
menyesuaikannya terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam
guna meningkatan hasil belajar siswa.
53
2. Bagi siswa
Sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dalam belajar dan materi
yang telah dipelajari disekolah sebaiknyan dipelajari kembali
dirumah sehingga tidak mudah dilupa dan dapat juga
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
3. Bagi jurusan
Penelitian ini sebaiknya dapat digunakan sebagai bahan
informasi dan dapat menjadi bahan bagi perkembangan ilmu
pengetahuan terutama dalam pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam
terhadap hasil belajar siswa.
4. Bagi fakultas
Penelitian ini sebaiknya dapat digunakan sebagai literature
atau bahan referensi khususnya bagi Mahasiswa/Mahasiswi yang
membutuhkan dan semua pihak pada umumnya.
5. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat menjadi salah satu
sumber informasi bagi pembaca dan peneliti lain, dan diharapkan
penelitian ini dapat dikembangkan kembali baik penelitian yang
menggunakan model yang sama dan aspek perkembangan yang
berbeda.
6. Bagi peneliti sendiri
Sebagai syarat dalam menyelesaikan perkuliahan dan sebagai
persyaratan untuk mendapatkan gelar S.Pd.
Circle (IOC) menggunakan pendekatan pedagogik dalam peningkatan hasil
belajar siswa MI Nurul Imam Cilellang. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
terkait hasil belajar Siswa cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran karna
pada saat proses pembelajaran guru hanya memberikan catatan materi di buku
paket dan setelah itu siswa menyalin di buku tulisnya masing-masing.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One group pretest-
postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar test
peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi
mengubah bentuk energi listrik dengan menggunakan lembar penilaian sesuai
dengan kisi-kisi instrumen. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui Statiscal Package Sosial Science (SPSS) versi
27 untuk mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest – postest,
uji- normalitas, uji hipotesis dan uji efektivitas. Penelitian ini dilakukan di kelas
IV MI Nurul Imam Cilellang, dengan sampel kelas IV sebanyak 14 siswa.
Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa model Inside Outside
Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil uji
sampel t-test pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikan)
2-tailed 0,01 ˂ 0,05 maka HΟ ditolak dan H1 diterima, karena nilai signifikan
yang diperoleh adalah 0,01
Kata Kunci: Model In
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
model Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten
Bone hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata Pretest mencapai 28,
sehingga hasil tersebut tergolong minim. Sedangkan, nilai rata-rata
Postest mencapai 85,07 dikatakan meningkat. Untuk melihat Efektivitas
model Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten
Bone hal ini dapat dilihat dari Uji N-Gain Score menggunakan SPSS
Versi 27 pada skor pretest dan postest hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA materi mengubah bentuk energi listrik, dapat diketahui
nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 79,77 yang artinya bahwa dalam
penelitian terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA
kelas IV MI Nurul Imam Cilellang Kabupaten Bone dapat dikatakan
efektif.
B. Saran
Adapun saran-saran penulis adalah sebagai berikut:
1. Bagi Guru
Guru diharapkan dapat menerapkan model Inside Outside
Circle (IOC) dalam kegiatan pembelajaran dengan
menyesuaikannya terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam
guna meningkatan hasil belajar siswa.
53
2. Bagi siswa
Sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dalam belajar dan materi
yang telah dipelajari disekolah sebaiknyan dipelajari kembali
dirumah sehingga tidak mudah dilupa dan dapat juga
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
3. Bagi jurusan
Penelitian ini sebaiknya dapat digunakan sebagai bahan
informasi dan dapat menjadi bahan bagi perkembangan ilmu
pengetahuan terutama dalam pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam
terhadap hasil belajar siswa.
4. Bagi fakultas
Penelitian ini sebaiknya dapat digunakan sebagai literature
atau bahan referensi khususnya bagi Mahasiswa/Mahasiswi yang
membutuhkan dan semua pihak pada umumnya.
5. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat menjadi salah satu
sumber informasi bagi pembaca dan peneliti lain, dan diharapkan
penelitian ini dapat dikembangkan kembali baik penelitian yang
menggunakan model yang sama dan aspek perkembangan yang
berbeda.
6. Bagi peneliti sendiri
Sebagai syarat dalam menyelesaikan perkuliahan dan sebagai
persyaratan untuk mendapatkan gelar S.Pd.
Ketersediaan
| STAR20250233 | 233/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
