Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 1 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial sebelum
dan sesudah menggunakan model pembelajaran TPS dan untuk menganalisis
efektivitas model pembelajaran TPS dalam meningkatkan keterampilan sosial
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi
Experimen Design dengan pretest-posttest control group design. Kemudian
dilakukan analisis statistik deskriptif melalui statiscal package social science
(SPSS) versi 23 dan Microsoft excel untuk mengetahui hasil perhitungan nilai
statistik deskripstif pretest-posttest, uji hipotesis dan uji independent sampel t-test.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV B (kelas ekperimen) 17 siswa dengan
populasi keseluruhan sebanyak 32 siswa dengan menggunakan 2 kelas sebagai
sampel yaitu kelas kontrol (IV A) sebanyak 17 siswa dan kelas ekperimen (IV B)
sebanyak 15 siswa. Keterampilan sosial siswa kelas eksperimen sebelum (pretest)
mendapatkan nilai rata-rata 36.29. Sedangkan keterampilan sosial siswa setelah
(posttest) mendapatkan nilai rata-rata 42,64 , dan berdasarkan hasil uji
independent sampel t-test pada nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan
eksperimen, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed adalah 0.02 < 0.05
maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa model
pembelajaran Think pair share tidak efektif digunakan dalam meningkatkan
keterampilan sosial siswa
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dari pembahasan penelitian terkait efektivitas model
pembeljaran Think pair share untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa
kelas IV pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Bone, maka dapat disimpulkan :
1. Keterampilan sosial siswa kelas IV B (kelas eksperimen) setelah (posttest)
menggunakan model pembelajaran Think pair share Memiliki raat-rata
42.64. sedangkan pada kelas IV A (kelas kontrol) setelah (posttest)
menggunakan model pembelajaran Think pair share memiliki nilai rata-
rata 40.77.
2. Berdasarkan hasil uji independent sampel test kemampuan komunikasi
siswa diperoleh probabilitas sig(2-sided) adalah 0.02 > 0.05. Dengan
demikian hipotesisi H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan
data tersebut maka model pembelajaran Think pair share efektif digunakan
untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPAS
di MIN 1 Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Think pair
share dalam proses belajar mengajar dalam meningkatakan kemampuan
komunikasi siswa.
2. Bagi peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai motivasi
dan jika ingin menggunakannya perlu memperhatikan alokasi waktu,
fasilitas pendukung dan karakteristik siswa yang ada pada sekolah.
Ketersediaan
STAR20250309309/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

309/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top