Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
Setiawati/862322021001 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pemahaman konsep
siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum penggunaan
media papan waktu pada pembelajaran Matematika, 2) Mendeskripsikan
pemahaman konsep siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
setelah penggunaan media papan waktu pada pembelajaran Matematika, dan
3) Mendeskipsikan apakah penggunaan media papan waktu efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan desain pre-experimental design dengan jenis one-group pretest
posttest yang dilakukan di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dengan
jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Kemudian pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa tes yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui
aplikasi Microsoft Excel dan statisctical packagesocial science (SPSS) versi
26. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah diterapkannya media
papan waktu di kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone, dapat
dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk pretest 47,30, sedangkan nilai ratarata untuk posttest 75,76,. Berdasarkan hasil uji paired sample test
pemahaman konsep siswa diperoleh bahawa nilai sig.2 (tailed) 0,001 yang
berarti lebih < dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Sehingga pembelajaran Matematika dengan penggunaan media
papan waktu efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
A. kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan terkait efektivitas penggunaan
media papan waktu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran Matematika kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone,
maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum (pretest) menggunakan media
papan waktu memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase
ketuntasan secara berurutan sebesar 47,30; 16,138; 19%.
2. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone setelah (posttest) menggunakan media
papan waktu, memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase
ketuntasan secara berurutan sebesar 75,76; 15,536; 76%.
3. Penggunaan media papan waktu efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil
uji Paired Sample Test pemahaman konsep siswa diperoleh sig.2 (tailed)
0,001 yang berarti lebih < dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan
H1 diterima sehingga media papan waktu efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh terdapat beberapa
saran terkait kemampuan pemahaman konsep siswa, diantaranya sebagai
berikut:
1. Bagi Kepala Sekolah
Kepala sekolah diharapkan dapat mendukung penggunaan media
pembelajaran dan implementasi media papan waktu dalam meningkatkan
pemahaman konsep khususnya siswa kelas III.
2. Bagi Guru
Guru disarankan untuk lebih aktif dalam menggunakan menggunakan
media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa
sekolah dasar, seperti memanfaatkan media papan waktu dalam proses
pembelajaran
3. Bagi Siswa
Siswa diharapkan dapat lebih aktif dan antusias dalam mengikuti
pembelajaran, khususnya saat menggunakan media pembelajaran seperti
media papan waktu, dan terus tingkatkan pemahaman konsep dalam
pembelajaran Matematika.
siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum penggunaan
media papan waktu pada pembelajaran Matematika, 2) Mendeskripsikan
pemahaman konsep siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
setelah penggunaan media papan waktu pada pembelajaran Matematika, dan
3) Mendeskipsikan apakah penggunaan media papan waktu efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD Inpres 6/86 Biru
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan desain pre-experimental design dengan jenis one-group pretest
posttest yang dilakukan di SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone dengan
jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Kemudian pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa tes yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui
aplikasi Microsoft Excel dan statisctical packagesocial science (SPSS) versi
26. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah diterapkannya media
papan waktu di kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone, dapat
dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk pretest 47,30, sedangkan nilai ratarata untuk posttest 75,76,. Berdasarkan hasil uji paired sample test
pemahaman konsep siswa diperoleh bahawa nilai sig.2 (tailed) 0,001 yang
berarti lebih < dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Sehingga pembelajaran Matematika dengan penggunaan media
papan waktu efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
A. kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan terkait efektivitas penggunaan
media papan waktu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran Matematika kelas III SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone,
maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum (pretest) menggunakan media
papan waktu memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase
ketuntasan secara berurutan sebesar 47,30; 16,138; 19%.
2. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone setelah (posttest) menggunakan media
papan waktu, memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase
ketuntasan secara berurutan sebesar 75,76; 15,536; 76%.
3. Penggunaan media papan waktu efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika kelas III SD
Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil
uji Paired Sample Test pemahaman konsep siswa diperoleh sig.2 (tailed)
0,001 yang berarti lebih < dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan
H1 diterima sehingga media papan waktu efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh terdapat beberapa
saran terkait kemampuan pemahaman konsep siswa, diantaranya sebagai
berikut:
1. Bagi Kepala Sekolah
Kepala sekolah diharapkan dapat mendukung penggunaan media
pembelajaran dan implementasi media papan waktu dalam meningkatkan
pemahaman konsep khususnya siswa kelas III.
2. Bagi Guru
Guru disarankan untuk lebih aktif dalam menggunakan menggunakan
media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa
sekolah dasar, seperti memanfaatkan media papan waktu dalam proses
pembelajaran
3. Bagi Siswa
Siswa diharapkan dapat lebih aktif dan antusias dalam mengikuti
pembelajaran, khususnya saat menggunakan media pembelajaran seperti
media papan waktu, dan terus tingkatkan pemahaman konsep dalam
pembelajaran Matematika.
Ketersediaan
| STAR20250104 | 104/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
104/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
