Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Bone
Alfian/862082020154 - Personal Name
Skripsi ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Bone. Penelitian ini membahas
tentang apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang gunakan
yaitu penelitian kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan
analisis menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 15
siswa dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yang diperoleh dari hasil
pengambilan sampel menggunakan rumus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan
kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut menunjukkan nilai
positif, dengan kata lain terdapat hubungan yang siginifikan antara model
pembelajaran Problem Based Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kemudian hasil uji determinasi model Summaryb diperoleh nilai R square sebesar
0,977. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning
memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 97,7%.
Sedangkan perhitungan hipotesis antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi
0,000 < 0,05, dengan kata lain model pembelajaran Problem Based Learning
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII MTs Negeri 3
Bone di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
memiliki pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis data yang dibuktikan
dengan menggunakan perhitungan rumus korelasi product moment
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut
menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan dan
pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs
Negeri 3 Bone
2. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Bone dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan uji
determinasi Model Summaryb diketahui nilai R square sebesar 0,977. Hal
ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana
variabel independen (Problem Based Learning) memiliki pengaruh
terhadap variabel dependen (kemampuan berpikir kritis siswa) sebesar
97,7%.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Sejarah Kebudayaan Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
agar kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs
Negeri 3 Bone agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem
Based Learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran
dan media yang baik sehingga siswa lebih berminat dan bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Bone. Penelitian ini membahas
tentang apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang gunakan
yaitu penelitian kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan
analisis menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 15
siswa dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yang diperoleh dari hasil
pengambilan sampel menggunakan rumus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan
kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut menunjukkan nilai
positif, dengan kata lain terdapat hubungan yang siginifikan antara model
pembelajaran Problem Based Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kemudian hasil uji determinasi model Summaryb diperoleh nilai R square sebesar
0,977. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning
memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 97,7%.
Sedangkan perhitungan hipotesis antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi
0,000 < 0,05, dengan kata lain model pembelajaran Problem Based Learning
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII MTs Negeri 3
Bone di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
memiliki pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis data yang dibuktikan
dengan menggunakan perhitungan rumus korelasi product moment
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut
menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan dan
pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran Problem Based
Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs
Negeri 3 Bone
2. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Bone dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan uji
determinasi Model Summaryb diketahui nilai R square sebesar 0,977. Hal
ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana
variabel independen (Problem Based Learning) memiliki pengaruh
terhadap variabel dependen (kemampuan berpikir kritis siswa) sebesar
97,7%.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Sejarah Kebudayaan Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
agar kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs
Negeri 3 Bone agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem
Based Learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran
dan media yang baik sehingga siswa lebih berminat dan bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR2025280 | 280/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
280/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skriipsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
