Efektivitas Model Game Based Learning Berbantuan Congklak Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas III di SD Negeri 18 Bajoe Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model game
based learning berbantuan permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan
menghitung perkalian dan pembagian siswa kelas III di SD Negeri 18 Bajoe.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain one-group pretest-posttest design. dalam penelitian ini yang menjadi
sampel adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 18 Bajoe berjumlah 22 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan
menghitung perkalian dan pembagian berbentuk pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
inferensial melalui program Statiscal Package Sosial Science (SPSS) Versi 27.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah diterapkannya model game
based learning berbantuan permainan congklak pada siswa kelas III di SD Negeri
18 Bajoe yaitu dengan nilai rata-rata perkalian 70,45 sedangkan pembagian
dengan nilai rata-rata 55,91. dan setelah diterapkannya model game based
learning berbantuan permainan congklak yaitu dengan nilai rata-rata perkalian
sebesar 76,36 sedangkan pembagian dengan nilai rata-rata sebesar 72,73.
Berdasarkan uji N-Gain skor perkalian diperoleh nilai efektivitas sebesar 78 >
0,40 yang berarti efektif sedangkan uji N-Gain skor pembagian diperoleh nilai
efektivitas sebesar 62 > 0,40 yang berarti cukup efektif. Berdasarkan hasil uji
paired sampel t-test perkalian diperoleh nilai signifikansi 0.003 < 0,05 maka dapat
dikatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dan uji paired sampel t-test
pembagian diperoleh nilai signifikansi 0.002 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa
Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga perkalian dan pembagian efektif dalam
meningkatkan kemampuan menghitung siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian yang telah dilakukan
oleh penulis terkait efektivitas model game based learning dan meningkatkan
kemampuan menghitung perkalian dan pembagian siswa kelas III di SD Negeri 18
Bajoe, maka dapat disimpulkan:
1) Kemampuan menghitung perkalian siswa sebelum (pre-test) penggunaan
model game based learning berbantuan permainan congklak memiliki rata￾rata 70,45, standar deviasi19,143, dan persentase ketuntasan 59% sedangkan
kemampuan menghitung pembagian siswa sebelum (pre-test) penggunaan
model game based learning berbantuan permainan congklak memiliki rata￾rata 55,91, standar deviasi 27,544, dan persentase ketuntasan 36%.
2) Kemampuan menghitung perkalian siswa setelah (post-test) penggunaan
model game based learning berbantuan permainan congklak memiliki rata￾rata 76,36, standar deviasi 17,874, dan persentase ketuntasan 72%
sedangkan kemampuan menghitung pembagian siswa setelah (post-test)
penggunaan model game based learning berbantuan permainan congklak
memiliki rata-rata 72,73, standar deviasi 22,716 dan persentase ketuntasan
63%.
3) Efektivitas model game based learning berbantuan permainan congklak
dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian
siswa kelas III di SD Negeri 18 Bajoe. Hal ini dapat dilihat dari uji t-tes
menggunakan SPSS versi 27 pada skor pre-test dan post-test perkalian,
dapat diketahui nilai signifikan 2-tailed adalah 0.003 < 0,05 dengan
demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan skor pre-test dan post-test
pembagian dapat diketahui nilai signifikan 2-tailed adalah 0.002
Ketersediaan
STAR20250158158/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

158/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top