Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V MI Darul Hikmah Kabupaten Bone
Aldriani Syamsyiardriani MH/862322021013 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw terhadap kemampuan menyelesaikan
soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experimental design), khususnya posttest only
control group design. Subjek penelitian terdiri dari 52 siswa yang dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (kelas V A) yang
menggunakan model pembelajaran jiqsaw dan kelas kontrol (kelas V B)
yang menggunakan pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah
26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis berupa
soal essay. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan uji hipotesis
(independent sampel t-test) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw berpengaruh terhadap
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul
Hikmah Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan data hasil penelitian, analisis data, serta pembahasan dapat
disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw
terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini sesuai
dengan hasil perhitungan uji-t yang memperoleh nilai sig (2-tailed) < 0,05
yakni 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain
model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw berpengaruh terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
dilakukan,
maka
peneliti
mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Bagi kepala sekolah
Kepada pihak sekolah agar lebih memotivasi guru kelas untuk
menerapkan pengguanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiqsaw dalam
proses pembelajaran.
2. Bagi guru
Diharapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiqsaw dapat
dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik
khususnya pada mata pelajaran Matematika yang dapat disesuaikan dengan
materi yang akan diajarkan.
3. Bagi siswa
Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran, karena dengan siswa ikut serta dalam aktifitas belajar akan
membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diberikan guru sehingga
dapat membantu meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa.
4. Penelitian lebih lanjut
Mengingat bahwa penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif dengan desain posttest only control group design, serta subjek
penelitian 52 pada dua kelas eksperimen maupun kelas kontrol, peneliti lain
yang akan melaksanakan penelitian dengan permasalahan yang relatif sama
diharapkan dapat melanjutkan penelitian untuk mendapat temuan yang lebih
signifikan.
pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw terhadap kemampuan menyelesaikan
soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experimental design), khususnya posttest only
control group design. Subjek penelitian terdiri dari 52 siswa yang dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (kelas V A) yang
menggunakan model pembelajaran jiqsaw dan kelas kontrol (kelas V B)
yang menggunakan pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah
26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis berupa
soal essay. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan uji hipotesis
(independent sampel t-test) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw berpengaruh terhadap
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul
Hikmah Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan data hasil penelitian, analisis data, serta pembahasan dapat
disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw
terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini sesuai
dengan hasil perhitungan uji-t yang memperoleh nilai sig (2-tailed) < 0,05
yakni 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain
model pembelajaran kooperatif tipe jiqsaw berpengaruh terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
dilakukan,
maka
peneliti
mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Bagi kepala sekolah
Kepada pihak sekolah agar lebih memotivasi guru kelas untuk
menerapkan pengguanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiqsaw dalam
proses pembelajaran.
2. Bagi guru
Diharapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiqsaw dapat
dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik
khususnya pada mata pelajaran Matematika yang dapat disesuaikan dengan
materi yang akan diajarkan.
3. Bagi siswa
Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran, karena dengan siswa ikut serta dalam aktifitas belajar akan
membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diberikan guru sehingga
dapat membantu meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa.
4. Penelitian lebih lanjut
Mengingat bahwa penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif dengan desain posttest only control group design, serta subjek
penelitian 52 pada dua kelas eksperimen maupun kelas kontrol, peneliti lain
yang akan melaksanakan penelitian dengan permasalahan yang relatif sama
diharapkan dapat melanjutkan penelitian untuk mendapat temuan yang lebih
signifikan.
Ketersediaan
| STAR20250362 | 362/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
362/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
