Efektivitas Metode Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III Madrasah Ibitidaiyah (MI) Darul Hikmah Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode
permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III
MI Darul Hikmah Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy
Eksperimental Design menggunakan Posttest Only Control Group Design.
Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok,
yaitu kelas eksperimen (Kelas III B) yang menggunakan metode permainan
bisik berantai dan kelas kontrol (Kelas III A) yang menggunakan
pembelajaran kovensional, masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif, dan uji hipotesis (Independent Sample T-
test) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa metode permainan bisik berantai efektif terhadap keterampilan
menyimak cerita pendek siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi
uji Independent Sample T-test sebesar 0,001 (sig < 0,05), sehingga H0
ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
metode permainan bisik berantai efektif terhadap keterampilan menyimak
siswa kelas III MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan data hasil penelitian, analisis data serta pembahasan dapat
disimpulkan metode pembelajaran permainan bisik berantai efektif terhadap
keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas III MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone. Sesuai dengan hasil perhitungan uji-t dengan nilai sig (2-tailed)
< 0,05.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Materi menyimak cerita pendek membutuhkan perhatian dan
konsentrasi siswa dalam memahami dan menyimak unsur-unsur intrinsik
cerita pendek agar siswa mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan baik
dan benar.
2. Bagi guru
a. Guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
dalam materi menyimak agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh.
b. Bagi guru di sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru
sebagai bahan pertimbangan alternatif metode pembelajaran materi
menyimak cerita pendek yang tepat untuk mengoptimalkan kemampuan
menyimak siswa sehingga mutu pendidikan pada bahasa Indonesia
meningkat.
C. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang metode permainan bisik
60
berantai ini dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI).
Ketersediaan
STAR20250189189/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

189/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top