Analisis Produk Investasi Emas untuk Meningkatkan Minat Nasabah (Studi pada Pegadaian CP. Watampone)
Irma Yanti Hapsari/612062019016 - Personal Name
Skirpsi ini membahas tentang produk investasi emas untuk meningkatkan
minat nasabah di Pegadaian CP.Watampone. Investasi emas adalah tindakan
mengalokasikan dana atau melakukan pembelian emas dengan tujuan mencapai
keuntungan finansial di masa mendatang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
Analisis Produk Investasi Emas untuk Meningkatkan Minat Nasabah pada Pegadaian
CP.Watampone. 2) Apa Kendala dan Solusi Produk Investasi Emas pada Pegadaian
CP.Watampone.
Tujuan penelitian ini adalah:1) 1) Untuk mengetahui bagaimana analisis
produk Investasi Emas untuk meningkatkan minat nasabah pada Pegadaian
CP.Watampone. 2) Untuk mengetahui apa Kendala dan Solusi produk Investasi Emas
pada Pegadaian CP.Watampone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi,wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data
yang diigunakan Analisis Deskriptif yaitu Data Reduction (Reduksi data), Data
Display (Penyajian Data) , dan Conclusion Drawing/Verfication (Verifikasi Data).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat melakukan investasi emas
sudah banyak diminati oleh nasabah di Pegadaian CP.Watampone. Dianggap investasi
sangat menuntungkan, mudah, cepat dilakukan, dan tidak berbelit-belit. Pihak
Pegadaian menarik minat nasabah dengan melakukan kanvassing dan literasi dimana
pihak dari Pegadaian turun secara lansung untuk mengenalkan produknya baik itu
tabungan emas ataupun cicil emas yang akan dijelaskan secara detail kepada nasabah.
Hal ini karena berinvestasi emas sangat mudah dan minim resiko, bahkan nilai emas
yang cenderung naik dan stabil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka penulis dapat menyimpulkan
bahwa:
1) Berinvestasi emas di Cabang Pegadaian Watampone adalah hal yang
sangat menguntungkan, mudah, cepat dilakukan dan tidak berbelit
belit. Investasi emas bersifat likuid dan bisa dicairkan dimana saja
salah satunya di Pegadaian CP. Watampone. Potensi kerugian emas
sangat minim dikarenakan nilai emas yang satbil dan tahan terhadap
inflasi. Hal ini akan secara tidak langsung akan meningkatkan minat
nasabah Pegadaian CP. Watampone.
2) Kendala produk investasi emas pegadaian adalah masih ada beberapa
orang atau Masyarakat yang masih kurang memahami apa itu produk
investasi emas. Maka dari itu perlu usaha yang optimal dalam edukasi
memperkenalkan produk investasi yang ada di Pegadaian CP.
Watampone. Solusi yang di lakukan oleh pihak Pegadaian CP.
Watampone akan melakukan literasi ataupun kanvassing kepada
nasabah, dimana pihak pegadaian akan menjelaskan secara langsung
agar nasabah dapat mengetahui dan memahami tentang produk
investasi emas.
B. Saran
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, peneliti akan mengajukan
beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat memberikan keuntungan
bagi semua pihak, terutama untuk pihak Cabang Pegadaian Watampone.
1) Diperlukan upaya lebih intensif dalam memberikan perhatian
kepada nasabah untuk mendorong mereka agar melakukan
investasi emas di Pegadaian Cabang Watampone. Hal ini dapat
dilakukan melalui interaksi aktif di media sosial atau pendekatan
langsung kepada nasabah. Hal ini dikarenakan sebagian nasabah
yang berinvestasi dalam bentuk tabungan emas cenderung hanya
membuka rekening, namun kemudian tidak melakukan
penambahan atau top up untuk jangka waktu yang lama. Oleh
karena itu, diperlukan langkah-langkah tambahan untuk
memotivasi nasabah agar tetap tertarik dan konsisten dalam produk
investasi.
2) Diperlukan penyampaian informasi yang terperinci kepada
nasabah tentang signifikansi berinvestasi dalam emas. Hal ini
bertujuan agar nasabah memahami betapa pentingnya
mengalokasikan dana ke dalam investasi emas sebagai bentuk
perlindungan terhadap aset yang dimilikinya as seperti tabungan
emas.
minat nasabah di Pegadaian CP.Watampone. Investasi emas adalah tindakan
mengalokasikan dana atau melakukan pembelian emas dengan tujuan mencapai
keuntungan finansial di masa mendatang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
Analisis Produk Investasi Emas untuk Meningkatkan Minat Nasabah pada Pegadaian
CP.Watampone. 2) Apa Kendala dan Solusi Produk Investasi Emas pada Pegadaian
CP.Watampone.
Tujuan penelitian ini adalah:1) 1) Untuk mengetahui bagaimana analisis
produk Investasi Emas untuk meningkatkan minat nasabah pada Pegadaian
CP.Watampone. 2) Untuk mengetahui apa Kendala dan Solusi produk Investasi Emas
pada Pegadaian CP.Watampone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi,wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data
yang diigunakan Analisis Deskriptif yaitu Data Reduction (Reduksi data), Data
Display (Penyajian Data) , dan Conclusion Drawing/Verfication (Verifikasi Data).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat melakukan investasi emas
sudah banyak diminati oleh nasabah di Pegadaian CP.Watampone. Dianggap investasi
sangat menuntungkan, mudah, cepat dilakukan, dan tidak berbelit-belit. Pihak
Pegadaian menarik minat nasabah dengan melakukan kanvassing dan literasi dimana
pihak dari Pegadaian turun secara lansung untuk mengenalkan produknya baik itu
tabungan emas ataupun cicil emas yang akan dijelaskan secara detail kepada nasabah.
Hal ini karena berinvestasi emas sangat mudah dan minim resiko, bahkan nilai emas
yang cenderung naik dan stabil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka penulis dapat menyimpulkan
bahwa:
1) Berinvestasi emas di Cabang Pegadaian Watampone adalah hal yang
sangat menguntungkan, mudah, cepat dilakukan dan tidak berbelit
belit. Investasi emas bersifat likuid dan bisa dicairkan dimana saja
salah satunya di Pegadaian CP. Watampone. Potensi kerugian emas
sangat minim dikarenakan nilai emas yang satbil dan tahan terhadap
inflasi. Hal ini akan secara tidak langsung akan meningkatkan minat
nasabah Pegadaian CP. Watampone.
2) Kendala produk investasi emas pegadaian adalah masih ada beberapa
orang atau Masyarakat yang masih kurang memahami apa itu produk
investasi emas. Maka dari itu perlu usaha yang optimal dalam edukasi
memperkenalkan produk investasi yang ada di Pegadaian CP.
Watampone. Solusi yang di lakukan oleh pihak Pegadaian CP.
Watampone akan melakukan literasi ataupun kanvassing kepada
nasabah, dimana pihak pegadaian akan menjelaskan secara langsung
agar nasabah dapat mengetahui dan memahami tentang produk
investasi emas.
B. Saran
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, peneliti akan mengajukan
beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat memberikan keuntungan
bagi semua pihak, terutama untuk pihak Cabang Pegadaian Watampone.
1) Diperlukan upaya lebih intensif dalam memberikan perhatian
kepada nasabah untuk mendorong mereka agar melakukan
investasi emas di Pegadaian Cabang Watampone. Hal ini dapat
dilakukan melalui interaksi aktif di media sosial atau pendekatan
langsung kepada nasabah. Hal ini dikarenakan sebagian nasabah
yang berinvestasi dalam bentuk tabungan emas cenderung hanya
membuka rekening, namun kemudian tidak melakukan
penambahan atau top up untuk jangka waktu yang lama. Oleh
karena itu, diperlukan langkah-langkah tambahan untuk
memotivasi nasabah agar tetap tertarik dan konsisten dalam produk
investasi.
2) Diperlukan penyampaian informasi yang terperinci kepada
nasabah tentang signifikansi berinvestasi dalam emas. Hal ini
bertujuan agar nasabah memahami betapa pentingnya
mengalokasikan dana ke dalam investasi emas sebagai bentuk
perlindungan terhadap aset yang dimilikinya as seperti tabungan
emas.
Ketersediaan
| SFEBI20230249 | 249/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
249/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
