Pendekatan Psikologi Komunikasi Dalam Mengikuti Bandwagon Effect di Sosial Media Sebagai Gaya Hidup bagi Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Rabiatul Hadawiah/702332019071 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Analisis Pendekatan Psikologi
Komunikasi dalam Mengikuti Bandwagon Effect di sosial media sebagai gaya
hidup (studi mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam). Adapun pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendekatan psikologi
Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam mengikuti
Bandwagon Effect di media sosial.
Jenis penelitian yang dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan pendekatan psikologi melalui
Informan yang dipilih adalah Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
IAIN Bone yang mengalami Bandwagon Effect. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis secara kualitatif deskriptif yang didukung oleh data primer dan
sekunder. Sedangkan teori yang digunakan ialah teori Stimulus Organis Response
(SOR).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikologi komunikasi
mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran islam yaitu :meniru gaya atau efek
ikut-ikutan mahasiswa di media sosial atau bisa dikatakan selalu terupdate dalam
media sosial dalam mengikuti trend di media sosial tersebut perilaku orang lain
dimana mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang
mengalami efek ikut-ikutan. Di dalam konten media sosial tersebut kita melihat
terlebih dahulu bahwa trend tersebut adalah trend yang bernilai positif atau
bermanfaat bagi seseorang kemudian media social telah menjadi dominan dalam
mengikuti trend. Adapun hasil dari gaya hidup bahwa hidup sesorang dalam
mengikuti trend dalam perkembangan teknologi saat ini media sosial sangat
membawah pengaruh terhadap perkembangan para remaja dalam mengikuti trend
dan salah satu cara yang terbaik dalam mengikuti trend adalah kita melihat gaya
yang memimpin kepribadian gaya hidup dalam mengikuti trend dengan cara
beraksi terhadap segala macam tangka laku yang berbeda beda.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peniliti
paparkan disimpulkan sebagai berikut:
1. Pendekatan psikologi komunikasi mahasiswa Prodi Komunikasi dan
Penyiaran Islan IAIN Bone dalam mengikuti Bandwagong Effect
mereka menggunakan media sosial saat ini untuk melihat trend di
media sosial. Mahasiswa yang mengalami Bandwagong Effect atau
efek ikut-ikutan selalu mengikuti trend yang dilakukan dengan tujuan
ingin dikatakan eksis dan mahasiswa yang mengikuti trend tentunya
melihat terlebih dahulu bahwa trend tersebut mempunyai manfaat dan
mengikuti kalangan remaja saat ini.
2. Gaya hidup mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islan IAIN
Bone dalam mengikuti Bandwagong Effect dalam menggunakan
media sosial untuk mengikuti trend khususnya masalah fashiow show
atau trend ootd perkuliahan.
B. Saran
Setelah memperlihatkan beberapa kesimpulan, maka dapat
dikemukakan saran penilitian sebagai berikut
1. Kepada mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran islam IAIN
Bone, diharapkan dapat mengatur waktunya dalam menggunakan
media sosial.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peneliti
selanjutnya dan memperdalam kajian dalam penelitian ini.
Komunikasi dalam Mengikuti Bandwagon Effect di sosial media sebagai gaya
hidup (studi mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam). Adapun pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendekatan psikologi
Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam mengikuti
Bandwagon Effect di media sosial.
Jenis penelitian yang dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan pendekatan psikologi melalui
Informan yang dipilih adalah Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
IAIN Bone yang mengalami Bandwagon Effect. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis secara kualitatif deskriptif yang didukung oleh data primer dan
sekunder. Sedangkan teori yang digunakan ialah teori Stimulus Organis Response
(SOR).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikologi komunikasi
mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran islam yaitu :meniru gaya atau efek
ikut-ikutan mahasiswa di media sosial atau bisa dikatakan selalu terupdate dalam
media sosial dalam mengikuti trend di media sosial tersebut perilaku orang lain
dimana mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang
mengalami efek ikut-ikutan. Di dalam konten media sosial tersebut kita melihat
terlebih dahulu bahwa trend tersebut adalah trend yang bernilai positif atau
bermanfaat bagi seseorang kemudian media social telah menjadi dominan dalam
mengikuti trend. Adapun hasil dari gaya hidup bahwa hidup sesorang dalam
mengikuti trend dalam perkembangan teknologi saat ini media sosial sangat
membawah pengaruh terhadap perkembangan para remaja dalam mengikuti trend
dan salah satu cara yang terbaik dalam mengikuti trend adalah kita melihat gaya
yang memimpin kepribadian gaya hidup dalam mengikuti trend dengan cara
beraksi terhadap segala macam tangka laku yang berbeda beda.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peniliti
paparkan disimpulkan sebagai berikut:
1. Pendekatan psikologi komunikasi mahasiswa Prodi Komunikasi dan
Penyiaran Islan IAIN Bone dalam mengikuti Bandwagong Effect
mereka menggunakan media sosial saat ini untuk melihat trend di
media sosial. Mahasiswa yang mengalami Bandwagong Effect atau
efek ikut-ikutan selalu mengikuti trend yang dilakukan dengan tujuan
ingin dikatakan eksis dan mahasiswa yang mengikuti trend tentunya
melihat terlebih dahulu bahwa trend tersebut mempunyai manfaat dan
mengikuti kalangan remaja saat ini.
2. Gaya hidup mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islan IAIN
Bone dalam mengikuti Bandwagong Effect dalam menggunakan
media sosial untuk mengikuti trend khususnya masalah fashiow show
atau trend ootd perkuliahan.
B. Saran
Setelah memperlihatkan beberapa kesimpulan, maka dapat
dikemukakan saran penilitian sebagai berikut
1. Kepada mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran islam IAIN
Bone, diharapkan dapat mengatur waktunya dalam menggunakan
media sosial.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peneliti
selanjutnya dan memperdalam kajian dalam penelitian ini.
Ketersediaan
| SFUD20240002 | 02/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
02/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
