Penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 2 Wtampone

No image available for this title
Skripsi ini membahas penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam
mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Watampone.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penggunaan platform Merdeka
Mengajar, (2) kompetensi pedagogik guru, dan (3) penggunaan platform merdeka
mengajar dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan manajemen dan sosiologis.
Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi,
sementara analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan
simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Platform Merdeka
Mengajar sangat bermanfaat, khususnya fitur asesmen siswa, perangkat ajar, dan
pelatihan mandiri. Fitur-fitur ini mendukung guru dalam memahami kondisi,
kemampuan, dan kebutuhan peserta didik. Platform Merdeka Mengajar terbukti
membantu guru dalam menyusun perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang
lebih terstruktur, kontekstual, dan sesuai dengan kurikulum, serta memberi
kesempatan kepada guru untuk belajar dan mengembangkan kemampuan
belajaranya dengan cara yang fleksibel dan dapat di lakukan kapan saja melalui
fitur pelatihn mandiri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Penggunaan platform merdeka mengajar memberikan banyak manfaat
bagi guru di SMP Negeri 2 Watampone khususnya pada fitur asesmen
siswa, dapat membantu guru dalam memahami kondisi, kemampuan, dan
kebutuhan peserta didik secara lebih mendalam, sehingga pembelajaran
dapat dirancang secara lebih personal, adil, dan menyeluruh. Pada fitur
perangkat ajar membantu guru dalam menyusun perencanaan dan
evaluasi pembelajaran yang lebih terstruktur, kontekstual, dan sesuai
dengan kurikulum. Sementara itu, Pelatihan Mandiri memberi
kesempatan kepada guru untuk belajar dan mengembangkan kemapuan
mengajarnya dengan cara yang fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja.
Ketiga fitur ini saling mendukung dan membantu guru dalam
menciptakan pembelajaran yang lebih mudah dipahami, sesuai dengan
kebutuhan siswa, dan membuat siswa merasa diperhatikan.
2. Kompetensi guru di SMP Negeri 2 Watampone yang pertama dalam hal
pemahaman terhadap peserta didik mereka lakukan dengan cara
mengamati langsung peserta didik pada saat proses pembelajaran. Kedua,
pada perancangan dan pelaksanaan pembelajaran guru mengacu pada
capaian pembelajaran yang telah ditetapkan kurikulum. Ketiga, dalam
pengelolaan kelas guru menetapkan aturan yang jelas untuk menciptakan
suasana belajar yang positif. Keempat, pada penilaian dan evaluasi
pembelajaran guru menerapkan berbagai jenis penilaian sesua mata
pelajaran masing-masing.
3. Penggunaan platform merdeka mengajar dalam mengembangkan
kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Watampone sangat
membantu khususnya pada fitur asesmen siswa dapat membantu guru
dalam memahami kebutuhan peserta didik dan memudahkan menyusun
penilaian yang lebih adil dan menyeluruh, selanjutnya pada fitur
perangkat ajar membantu guru dalam menyusun rencana dan evaluasi
pembelajaran, serta pada fitur pelatihan mandiri memberikan materi yang
bermanfaat bagi guru dalam menghadapi tantangan seperti pada
pengelolaan kelas, menyusun rencana pembelajaran, dan melakukan
evaluasi.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada penelitian
yang penulis lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat memberikan bahan masukan yakni:
Diharapkan agar guru di SMP Negeri 2 Watampone terus memanfaatkan
Platform Merdeka Mengajar secara optimal dalam upaya mengembangkan
kompetensi pedagogik mereka.Sekolah juga diharapkan memberikan
dukungan yang berkelanjutan, baik melalui fasilitasi komunitas belajar
maupun pendampingan teknis, agar guru dapat lebih percaya diri dan
terbimbing dalam memanfaatkan platform ini.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, penulis
berharap dapat memperbaiki individu penulis dalam mengabdi dan berkarya.
Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian
lebih mengenai penggunaan platform merdeka mengajar dalam
mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Watampone
Ketersediaan
STAR2025341341/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

341/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top