Efektivitas Metode Pembelajaran Show and Tell Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape
Salwa Arfah/862322021008 - Personal Name
Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membawa dampak yang
signifikan pada kemampuan komunikasi kita, meningkatnya penggunaan media
sosial menyebabkan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi
dengan layar gadgetnya daripada berkomunikasi secara langsung. Ketergantungan
pada teknologi juga dapat mengurangi kemampuan public speaking siswa, serta
dalam memahami bahasa non-verbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Efektivitas Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Public Speaking Siswa
Kelas V MI Babul Ilmi Lemoape. Populasi dalam penelitian ini adalah 104 siswa
dengan menggunakan kelas V sebagai sampel yang berjumlah 25 orang. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (quantitative research) dengan
desain pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design, dan
menggunakan pendekatan pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79%
metode show and tell efektif dalam meningkatkan kemampuan public speaking
siswa. Hal ini terlihat setelah penerapan metode show and tell terjadi peningkatan
pada beberapa aspek kemampuan public speaking siswa. Pertama dari segi
kepercayaan diri siswa meningkat. Kedua, keterampilan dalam public speaking
siswa mengalami perkembangan yang baik dari segi ketepatan vokal, pengaturan
intonasi, ekspresi wajah, kalancaran berbicara, serta penguasaan materi dengan
baik. Penelitian ini diharapkan memberi informasi bagi guru terkait dengan judul
tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi
bagi pembaca dan peneliti lainnya.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan terhadap hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penelitian ini dilakukan selama 6 kali pertemuan. Pertemuan pertama
menjelaskan terkait materi public speaking dan diberikan pretest, pertemuan
kedua siswa diberikan materi dan juga melakukan praktik terkait langkah-
langkah pelaksanaan metode show and tell. Kemudian pertemuan ketiga
sampai dengan pertemuan ke lima diberikan perlakuan dengan menggunakan
metode show and tell sebagai penunjang aktivitas belajar mengajar siswa
kelas V, dan pada pertemuan terakhir digunakan untuk mengumpulkan data
posttest menggunakan metode show and tell.
2. Penggunaan metode show and tell dapat meningkatkan kemampuan public
speaking siswa kelas V MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone. Hal ini
terbukti dari hasil nilai rata-rata posttest mencapai 99, sedangkan nilai rata-
rata pretest mencapai 30 dengan kriteria ketuntasan minimal pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas kelas V MI Babul Ilmi Lemoape
Kabupaten Bone mencapai 70 KKM. dengan demikian H0 ditolak dan H1
diterima. Sehingga ada perubahan setelah penggunaan metode show and tell
dalam meningkatkan kemampuan kemampuan public speaking siswa kelas V
MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone.
B. Saran
Berikut merupakan saran yang dapat diberikan penulis yaitu:
1. Bagi guru
Sebagai bahan masukan dan informasi bagi guru terkait dengan judul
tersebut, dengan lebih mengembangkan metode pembelajaran menggunakan
metode show and tell, karena dalam penelitian ini penggunaan metode
tersebut terbukti lebih efektif meningkatkan keterampilan public speaking
siswa.
2. Bagi siswa
Sebaiknya lebih meningkatkan keterampilan dalam berbicara baik dari segi
teknik penyampaian maupun pemilihan kosa kata yang baik, sehingga akan
menjadi terbiasa dalam penggunaan keterampilan dalam berbicara yang baik.
3. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi
bagi pembaca dan peneliti lainnya, dan diharapkan penelitian ini dapat
dikembangkan kembali baik penelitian yang menggunakan metode yang
sama dalam aspek perkembangan yang berbeda.
4. Bagi peneliti sendiri
Sebagai syarat dalam menyelesaikan perkualiahan dan sebagai persyaratan
untuk mendapatkan gelar S.Pd.
signifikan pada kemampuan komunikasi kita, meningkatnya penggunaan media
sosial menyebabkan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi
dengan layar gadgetnya daripada berkomunikasi secara langsung. Ketergantungan
pada teknologi juga dapat mengurangi kemampuan public speaking siswa, serta
dalam memahami bahasa non-verbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Efektivitas Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Public Speaking Siswa
Kelas V MI Babul Ilmi Lemoape. Populasi dalam penelitian ini adalah 104 siswa
dengan menggunakan kelas V sebagai sampel yang berjumlah 25 orang. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (quantitative research) dengan
desain pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design, dan
menggunakan pendekatan pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79%
metode show and tell efektif dalam meningkatkan kemampuan public speaking
siswa. Hal ini terlihat setelah penerapan metode show and tell terjadi peningkatan
pada beberapa aspek kemampuan public speaking siswa. Pertama dari segi
kepercayaan diri siswa meningkat. Kedua, keterampilan dalam public speaking
siswa mengalami perkembangan yang baik dari segi ketepatan vokal, pengaturan
intonasi, ekspresi wajah, kalancaran berbicara, serta penguasaan materi dengan
baik. Penelitian ini diharapkan memberi informasi bagi guru terkait dengan judul
tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi
bagi pembaca dan peneliti lainnya.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan terhadap hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penelitian ini dilakukan selama 6 kali pertemuan. Pertemuan pertama
menjelaskan terkait materi public speaking dan diberikan pretest, pertemuan
kedua siswa diberikan materi dan juga melakukan praktik terkait langkah-
langkah pelaksanaan metode show and tell. Kemudian pertemuan ketiga
sampai dengan pertemuan ke lima diberikan perlakuan dengan menggunakan
metode show and tell sebagai penunjang aktivitas belajar mengajar siswa
kelas V, dan pada pertemuan terakhir digunakan untuk mengumpulkan data
posttest menggunakan metode show and tell.
2. Penggunaan metode show and tell dapat meningkatkan kemampuan public
speaking siswa kelas V MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone. Hal ini
terbukti dari hasil nilai rata-rata posttest mencapai 99, sedangkan nilai rata-
rata pretest mencapai 30 dengan kriteria ketuntasan minimal pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas kelas V MI Babul Ilmi Lemoape
Kabupaten Bone mencapai 70 KKM. dengan demikian H0 ditolak dan H1
diterima. Sehingga ada perubahan setelah penggunaan metode show and tell
dalam meningkatkan kemampuan kemampuan public speaking siswa kelas V
MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone.
B. Saran
Berikut merupakan saran yang dapat diberikan penulis yaitu:
1. Bagi guru
Sebagai bahan masukan dan informasi bagi guru terkait dengan judul
tersebut, dengan lebih mengembangkan metode pembelajaran menggunakan
metode show and tell, karena dalam penelitian ini penggunaan metode
tersebut terbukti lebih efektif meningkatkan keterampilan public speaking
siswa.
2. Bagi siswa
Sebaiknya lebih meningkatkan keterampilan dalam berbicara baik dari segi
teknik penyampaian maupun pemilihan kosa kata yang baik, sehingga akan
menjadi terbiasa dalam penggunaan keterampilan dalam berbicara yang baik.
3. Bagi peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi
bagi pembaca dan peneliti lainnya, dan diharapkan penelitian ini dapat
dikembangkan kembali baik penelitian yang menggunakan metode yang
sama dalam aspek perkembangan yang berbeda.
4. Bagi peneliti sendiri
Sebagai syarat dalam menyelesaikan perkualiahan dan sebagai persyaratan
untuk mendapatkan gelar S.Pd.
Ketersediaan
| STAR20250207 | 207/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
207/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
