Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone
Devi Triana/862322021027 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk; Mengetahui hasil penerapan model
pembelajaran kooperatif NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode QuasiExperimental Design dengan Pretest Posttest Controll Group Design. Pendekatan
penelitian yang digunakan yaitu pendekatan pedagogik. Jumlah sampel 28 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui
aplikasi Microsoft Excel dan Statistical Package Social Science (SPSS) versi 27.
Adapun hasil penelitian, sebelum dan setelah diterapkannya model
pembelajaran kooperatif NHT pada kelas IV SD Negeri 13 Biru mengalami
peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen
mencapai 89,43 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 66,21 dengan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran IPAS di kelas IV yaitu
75. Berdasarkan uji independent sample t-test nilai signifikansi two-tailed yaitu
0,000 yang berarti lebih kecil dari
pembelajaran kooperatif NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode QuasiExperimental Design dengan Pretest Posttest Controll Group Design. Pendekatan
penelitian yang digunakan yaitu pendekatan pedagogik. Jumlah sampel 28 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui
aplikasi Microsoft Excel dan Statistical Package Social Science (SPSS) versi 27.
Adapun hasil penelitian, sebelum dan setelah diterapkannya model
pembelajaran kooperatif NHT pada kelas IV SD Negeri 13 Biru mengalami
peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen
mencapai 89,43 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 66,21 dengan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran IPAS di kelas IV yaitu
75. Berdasarkan uji independent sample t-test nilai signifikansi two-tailed yaitu
0,000 yang berarti lebih kecil dari
Ketersediaan
| STAR20250103 | 103/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
103/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
