Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Transformasi Energi Listrik di Kelas IV SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
Melda Sari/862322021063 - Personal Name
Penelitian ini membahas Pengaruh Metode Demonstasi Terhadap
Pemahaman Siswa Pada Materi Transformasi Energi Listik di kelas IV SD Inpres
6/86 Biru Kabupaten Bone, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman
siswa pada materi transformasi energi listrik sebelum dan setelah menggunakan
metode demonstrasi, serta pengaruhnya terhadap pemahaman siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian pre-
experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design dengan
pendekatan pedagogik. Jumlah populasi di kelas IV yaitu 25 siswa, adapun teknik
pengambilan sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel sejuh yang
mana sampel sama dengan populasi yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes (pretest-posttest) dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan, teknik analisis deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Hasil
penelitian berdasarkan IBM SPSS statistic 27, pemahaman siswa pada materi
transformasi energi listrik sebelum menerapkan metode demonstrasi dengan nilai
rata-rata mencapai 46,25, sedangkan setelah menerapkan metode demonstrasi
dengan nilai rata-rata mencapai 80,42, jadi, pemahaman siswa pada materi
transformasi energi listrik mengalami peningkatan. Hasil uji t bahwa diperoleh nilai
(pretest-posttest) sebesar 0,000 yang dimana
Pemahaman Siswa Pada Materi Transformasi Energi Listik di kelas IV SD Inpres
6/86 Biru Kabupaten Bone, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman
siswa pada materi transformasi energi listrik sebelum dan setelah menggunakan
metode demonstrasi, serta pengaruhnya terhadap pemahaman siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian pre-
experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design dengan
pendekatan pedagogik. Jumlah populasi di kelas IV yaitu 25 siswa, adapun teknik
pengambilan sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel sejuh yang
mana sampel sama dengan populasi yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes (pretest-posttest) dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan, teknik analisis deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Hasil
penelitian berdasarkan IBM SPSS statistic 27, pemahaman siswa pada materi
transformasi energi listrik sebelum menerapkan metode demonstrasi dengan nilai
rata-rata mencapai 46,25, sedangkan setelah menerapkan metode demonstrasi
dengan nilai rata-rata mencapai 80,42, jadi, pemahaman siswa pada materi
transformasi energi listrik mengalami peningkatan. Hasil uji t bahwa diperoleh nilai
(pretest-posttest) sebesar 0,000 yang dimana
Ketersediaan
| STAR20250268 | 268/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
268/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
